Cara membuat blog gratis di blogspot - Mengelola Blog

Cara membuat blog gratis di blogspot

Artikel ini di update 4 Feb 2016 - 4T. Mengelolablog.com - Ingin ngeblog tapi ga tau cara buat blog ? Gampang tau cara buatnya, gratis lagi. Lagian, di era sekarang ini, rasanya hampir setiap orang mempunyai blog yang aktif ataupun tidak, baik itu mikro blog seperti twitter ataupun seperti blog pada wordpress dan blogger.

Seperti sudah kita ketahui bahwa, sebagian besar informasi yang kita dapatkan di internet berasal dari blog. Blog cukup banyak berkontribusi terhadap pengetahuan yang kita perlukan, sedikit share pengalaman saja bahwa beberapa kesulitan yang saya hadapi dalam pekerjaan di dunia nyata, bisa saya selesaikan berkat adanya informasi-informasi yang di share di internet melalui blog.

Ada blog yang bercerita tentang kesehatan, komputer, fotografi, tutorial, jual beli online, bahkan sampai resep masakan dan cara memasaknya.

Jika kamu tertarik untuk menuliskan pengalaman dan berbagi pengalaman tersebut dengan orang banyak di internet, sebaiknya kamu segera mulai untuk membuat blog.

Bagi teman-teman yang sudah mengetahui blog itu seperti apa, namun masih belum mengerti cara membuat blog, kali ini saya akan menginformasikan bagaimana cara buat blog gratis di blogger aka Blogspot. Yuk simak informasinya di bawah ini.

cara membuat blog gratis di blogspot



Persiapan yang harus dilakukan sebelum membuat blog

1. Tentukan dulu apa tujuan kamu membuat blog.
Sebelum kamu mulai membuat blog, sebaiknya kamu menentukan dengan jelas apa tujuan utama  kamu membuat blog tersebut. Apakah hanya sebagai tempat untuk menulis uneg-uneg dan curhatan saja ? atau ingin menulis catatan kegiatan sekolah kamu saja ? atau kamu ingin memperoleh penghasilan dari ngeblog ?

Tujuan yang jelas bisa mempermudah langkah kamu dalam membuat blog dan mengelolanya nanti, sehingga aktifitas ngeblog  yang kamu lakukan di masa yang akan datang , bisa menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan bermanfaat.  Jadi sebelum kamu mulai untuk membuat blog, pastikan kamu sudah memiliki tujuan dari ngeblog itu sendiri.

Baca juga : Potensi Blog Untuk Generasi Muda


2. Cari dan pilih topik blog yang akan kamu buat
Langkah kedua sebelum membuat blog adalah menentukan tema dan topik blog.  Setiap tema yang akan kamu angkat dalam blog kamu saat ini,  sangat mempengaruhi  kelangsungan dan aktifitas ngeblog kamu nantinya.

Banyak tema dan topik blog yang bisa kamu jadikan referensi untuk membangun dan membuat blog. Seperti blog bertemakan blogging yang berisi artikel tentang cara-cara ngeblog, masak-memasak bagi yang hobi memasak, catatan harian sekolah, liburan dan  jalan-jalan, informasi gadget, berita dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika tema blog kamu lebih spesifik. Artinya tema blog kamu nanti memiliki fokus pada satu tema saja.

Perlu diperhatikan juga, sebaiknya tema yang kamu pilih ini benar-benar kamu inginkan dan kuasai, baik bedasarkan pengalaman kamu atau berdasarkan literatur yang memang bisa dipercaya kebenarannya.  Setelah kamu mendapatkan tema dan topik blog yang akan kamu buat, langkah selanjutnya  sebelum membuat blog adalah

2.1. Tentukan Judul Blog dan alamat URL Blog
Judul blog dan alamat url blog perlu kamu pilih terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat blog. Judul blog dan alamat URL blog yang ringkas baik dan menarik, akan mempengaruhi kekuatan blog kamu nantinya di mesin pencari.  Judul mempunyai peranan yang tidak kalah pentingnya, jadi buatlah judul blog yang menarik dan mudah diingat.

2.2. Tentukan kategori Artikel yang akan kamu buat
Kategori artikel / label sangat berkaitan erat dengan materi artikel yang akan kamu sajikan. Kategori atau label ini sangat memudahkan pengunjung untuk melakukan navigasi dan pencarian di blog kamu sesuai dengan apa yang mereka cari.

Selain itu, pemilihan kategori / label artikel terlebih dahulu sebelum membuat blog, akan membuat kamu menjadi mudah dalam menentukan ide dan artikel yang akan kamu buat nantinya.

3. Rencanakan dan tentukan Desain / layout tampilan blog
Sebelum membuat blog ada baiknya kamu mulai membayangkan dan menentukan seperti apa bentuk desain blog yang akan kamu buat ?  Sebagai referensi untuk membantu kamu dalam memilih desain blog, kamu bisa mengunjungi btemplates.com (situs layanan penyedia template blog gratis). Disitu kamu dapat melihat-lihat bentuk dan desain blog yang mungkin  akan kamu gunakan.

Desain atau template blog, pada dasarnya dapat dirubah setiap saat kamu mau. Namun untuk melakukan perubahan desain pada template blog, membutuhkan waktu dan pengetahuan yang cukup supaya hasilnya benar-benar sesuai keinginan.

Saran saya, jika kamu adalah pemula, kamu dapat menggunakan template dasar bawaan blog atau mencoba yang gratisan dulu. Hal yang paling penting dan utama adalah fokus untuk mempersiapkan artikel - artikel yang akan kamu terbitkan.



Cara membuat blog gratis di Blogspot aka Blogger.com.


Oleh karena blogspot/blogger.com berada dibawah naungan Google, maka cara membuat blog di blogspot akan lebih mudah jika kamu sudah memiliki akun email di Gmail ( Google Mail ).

Sebagai informasi saja, bahwa akun Google saat ini sudah bisa mengakses ke berbagai aplikasi layanan yang disediakan oleh Google seperti Google plus, you tube, Google Mail, dll termasuk juga Blogspot.  Untuk cara membuat blog di blogspot, ikuti langkah-langkah membuat blog dibawah ini.


#1. Kunjungi situs www.blogger.com

Langkah awal cara membuat blog di blogspot adalah kamu wajib mengunjungi situs  www.blogger.com , Jika kamu sudah memiliki akun di layanan google lainnya seperti Google mail, Google plus, youtube, orkut . dll, kamu dapat menggunakan username dan password tersebut untuk login di Blogspot.


#2. Login kedalam situs blogger.com tersebut.

Setelah kamu berhasil login di blogspot, kamu akan dibawa kedalam beranda blogspot seperti pada gambar dibawah ini.

Cara membuat blog di blogspot-halaman dashboard

Setelah berada di halaman ini, silahkan kamu pilih " Blog Baru " yang terletak disisi kiri laman. setelah kamu mengklik tulisan tersebut, maka akan tampil pop up seperti gambar di bawah berikut.

Cara membuat blog di blogspot -pop up


#3. Isikan nama blog, judul blog dan alamat url blog kamu

Pada kolom Judul . Isikanlah judul blog yang sudah kamu tentukan seperti pada poin 2.1 diatas. Kemudian dilanjutkan dengan mengisi kolom berikutnya yaitu alamat. Alamat ini adalah alamat URL blog kamu nantinya (jangan diisi dengan alamat rumah yaa). Sesuaikan alamat URL blog dengan tema blog yang sudah kamu tentukan sebelumnya, lalu cek ketersediaan nama tersebut.

Lihat sisi paling kanan kolom alamat, jika bergambar centang dengan latar  biru, artinya nama blog tersebut masih tersedia dan bisa kamu gunakan sebagai alamat URL blog kamu.

Jika nama alamat blog tidak tersedia (mungkin nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain), kamu dapat menambahkan angka, titik atau tanda baca min (-) pada nama tersebut.  Untuk nama alamat URL blog kamu nanti  hasilnya akan menjadi nama-blog-kamu.blogspot.com.

Baca juga : cara memilih nama dan judul blog


#4. Pilih desain template blog yang akan kamu gunakan

Pada kolom Template , pilihlah salah satu template yang tersedia (silahkan pilih satu yang kamu suka , tidak perlu khawatir template tidak cocok,  karena kamu dapat merubahnya kapan saja sewaktu-waktu kamu mau). Setelah semua kolom terisi dan template sudah kamu pilih, silahkan untuk mengklik tombol orange bertuliskan "Buat Blog".

Baca juga : Apa itu template blog ?


#5. Lihat blog baru kamu

Setelah tombol orange "Buat Blog" kamu klik, maka saya ucapkan Selamat, kamu sudah mempunyai sebuah blog di blogspot.  Untuk melihat tampilan blog kamu, silahkan klik tombol "Lihat Blog" pada sisi paling kanan.

Cara membuat blog di blogspot

Jika pada saat pemilihan template kamu memilih template dengan tema sederhana, maka tampilan blog perdana kamu akan seperti gambar di bawah ini.

cara membuat blog gratis di blogspot


Nah, sekarang kamu sudah bisa membuat blog baru di blogspot, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan artikel sebanyak-banyaknya supaya kamu bisa memulai posting artikel dan aktifitas blogging lainnya.

Untuk detail pembuatan artikel serta pengaturan lain secara lengkap yang juga disertai petunjuk bergambar, kamu dapat mendownload Ebook gratis panduan lengkap membuat blog di blogspot yang sudah saya sediakan pada kategori/label download gratis di blog ini, untuk keterangan lebih lengkap cara mendapatkan ebook tersebut,  kamu dapat langsung membacanya di link berikut ini. Demikianlah artikel cara buat blog gratis di blogger ini saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

9 comments:

  1. "must say that overall I am really impressed with this blog. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning
    "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for stopping by and put your nicely comment, this blog is a sharing media for me and any readers who want to know about blogging in Blogspot . See u again again for your next visit, hopefully this blog useful for you.

      Delete
  2. Terimakasih blognya dah jadi ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Evi, terima kasih juga sudah berkunjung dan berkomentar diblog ini.

      Delete
  3. Mas... Kalau mengelola blog yang bertema lagu/music gimana ya caranya biar kelihatan bagus...?
    Soalnya saya punya blog seperti itu di
    http://koleksilagukesukaan.blogspot.com .
    Tapi blognya masih amburadul, belum paham benar cara mengelolanya.
    Mohon bantuannya & trims sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas baru bisa saya balas, sedang dalam perjalanan luar kota soalnya. Oiya ,saya tadi sudah lihat blognya mas tinjak, dan ini cuma saran saya, bisa mas gunakan atau tidak tergantung mas saja.

      1. Navigasi menu dan kategori musik/ labeling yang akan di sajikan sebaiknya menurut abjad (misalnya A-D, kemudian E-H sampai X-Z). Menurut saya ini akan memudahkan pengguna untuk mencari lagu atau artis kesukaan mereka, sehingga mereka lebih betah untuk cari-cari lagi.

      2. Desain template menurut saya lebih baik 2 kolom saja. kiri halaman posting, kanan halaman sidebar ( atau bisa juga sebaliknya). Tujuannya supaya blog terlihat simple dan tidak terkesan berantakan, kalau blognya rapi dan enak di baca, kan betah juga yang mau cari-cari lirik lagu.

      3. Masih di template, Tampilan blog bisa mempengaruhi betah atau tidaknya pengunjung di blog mas. kalau saya akses pake handpone, blog mas sudah pakai desain mobile friendly bawaan blogspot, namun saya perhatikan penggunaan gambar belum responsive, tentu akan mengurangi kesan profesional dalam mengelola template blognya sehingga bisa jadi yang tadinya mau download akhirnya batal dan cari blog lain yang lebih dipercaya berdasarkan tampilannya.

      Solusinya menurut saya :

      1. Sebaiknya desain ulang templatenya ( bisa lakukan sendiri atau instal dari template gratis yang banyak tersedia di internet), sebisa mungkin yang mobile friendly carinya, supaya yang akses lewat hp bisa gampang baca blog nya mas tinjak sambil gitaran (bermain gitar).

      2. Labelingnya pencarian lagu bisa diurut berdasarkan huruf nama depan artis, atau bisa juga huruf depan judul lagu.

      Rasanya itu saja pendapat dan saran saya yang bisa saya gambarkan. Sedangkan yang lainnya menurut saya masih normatif. Mohon maaf kalau penilaiannya subyektif dan tidak berkenan. semoga semakin sukses dengan blognya mas.

      Delete
  4. Artikel yang sangat jelas dan terperinci...

    ReplyDelete
  5. Sip artikel nya gan.. Salam kenal..

    ReplyDelete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.