Manfaat menggunakan Blog Planner / Agenda ngeblog - Mengelola Blog

Manfaat menggunakan Blog Planner / Agenda ngeblog

Mengelolablog.com - Jika kamu adalah seorang blogger, tentu pernah merasakan kejenuhan saat ngeblog, entah karena kehabisan ide, atau dikejar deadline artikel yang terlalu padat sehingga akhirnya menyerah dan memilih vakum untuk sementara.

Atau disaat kamu mulai merasa bahwa ngeblog sudah tidak bisa menghasilkan manfaat apa-apa. Hal tersebut menurut saya pribadi sangatlah  manusiawi dan wajar dan bisa dialami oleh siapa saja termasuk saya.

Ketika kita memasuki dunia ngeblog, kita tidak hanya dihadapi dengan bagaimana cara  menulis  artikel yang baik saja, namun beragam aktivitas harus dilakukan demi kemajuan blog  dimana sebagian besar aktivitas - aktivitas tersebut tentunya juga wajib menjadi perhatian bagi seorang blogger.

Beberapa aktivitas selain membuat artikel dan  perlu dilakukan oleh seorang blogger  untuk mengembangkan blog diantaranya adalah memodifikasi desain blog  SEO friendly (jika dibutuhkan), mencari ide artikel selanjutnya,  mengoptimalkan SEO blog serta artikelnya, menshare artikel ke sosial media, mempelajari dan menerapkan analisa blog, dan lain-lain.

Namun, sebuah kegiatan yang tidak terencana, baik itu ngeblog atau aktivitas lainnya, mayoritas tidak memiliki satu tujuan dan kejelasan arah, sehingga hasilnya sering tidak sesuai dengan harapan diawal waktu ketika memulai aktivitas tersebut.

Adapun aktivitas tersebut bisa dijalankan adalah semata karena menggugurkan kewajiban, atau hanya sebagai pelarian dan membuang waktu akibat jenuh akan rutinitas harian yang itu-itu saja. Tentu sebagai seorang blogger kamu tidak ingin mengalami kondisi seperti tersebut diatas.

Untuk membantu dalam mempermudah aktivitas ngeblog menjadi konsisten, terukur dan terarah, dan tentunya sebagai seorang blogger yang serius dengan aktivitas ngeblog, maka kamu membutuhkan sebuah Blog planner atau sebuah agenda perencanaan ngeblog.

Kali ini,  saya akan menginformasikan , besarnya manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan blog planner secara konsisten, simak artikel berikut ini !

Manfaat menggunakan Blog Planner-Agenda ngeblog


Efisiensi waktu ngeblog


1. Menggunakan blog planner bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi dan menyingkirkan hal-hal yang membuang waktu.

Berhadapan dengan laptop ataupun Personal Komputer  dengan akses internet yang lancar, seringkali membuat kita lupa akan tujuan utama ngeblog. Media sosial, dan link berita terhangat acapakali mengubah niat dan tindakan kita.

Waktu menjadi terbuang karena aktivitas yang awalnya untuk menggali ide, mencari referensi artikel, berubah menjadi komentar di status teman, membaca berita yang tidak terlalu berhubungan dengan artikel yang akan di buat.

Fokus terhadap  aktivitas ngeblog dan mengidentifikasi serta menyingkirkan hal-hal yang membuang waktu, sangat membantu kamu untuk menggapai keberhasilan ngeblog yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

2. Kamu bisa menemukan waktu luang yang tepat dalam aktivitas ngeblog

Menuliskan setiap aktivitas ngeblog yang dibutuhkan ke dalam blog planner, dapat membantu kamu untuk menemukan waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk aktivitas lain dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengetahui pola dan pemetaan waktu harian, tentu aktivitas ngeblog bukan lagi menjadi sebuah beban, tapi akan menjadi sebuah hobi yang bisa menghasilkan.

3. Membantu kamu untuk menghemat waktu dalam mengingat ide-ide yang muncul untuk pengembangan blog.

Sering kali ide ngeblog bisa muncul kapan saja dan dimana saja, baik itu untuk modifikasi template SEO friendly, menemukan ide artikel untuk postingan selanjutnya, menemukan warna-warna bagus untuk desain blog dan ide-ide lain yang sangat sayang untuk di lewati begitu saja.

Mencatatkan setiap ide yang muncul kedalam blog planner, akan semakin membuat ngeblog kamu menjadi mudah dikala kehabisan ide dan tentu saja sangat menghemat waktu kamu tanpa perlu lagi mencari ide yang akan dibutuhkan untuk mengembangkan blog.


Menghemat penggunaan tenaga


1. Bisa Memberikan kesempatan pada diri kamu untuk melakukan sesuatu yang kamu anggap penting.

Penggunaan jadwal ngeblog dengan blog planner, dapat membantu kamu untuk memilah dan memilih kegiatan-kegiatan dalam kehidupan kamu, baik itu untuk ngeblog  ataupun kegiatan harian yang bisa kamu lakukan.

Penjadwalan waktu yang sesuai untuk setiap aktivitas harian akan menghemat tenaga kamu, mempercepat apa yang akan kamu lakukan dan menghindari kebingungan disaat akan melakukan aktivitas selanjutnya.

2. Aktivitas ngeblog menjadi jelas, kapan harus membuat artikel, kapan harus mencari ide, kapan harus membuat artikel, dll.

Kejelasan waktu terhadap aktivitas yang akan dilakukan menjadi kunci untuk menuju sebuah kesuksesan. Pola yang teratur dalam setiap aktivitas ngeblog, selain akan menambah kualitas mutu artikel, juga dapat memberikan kemudahan untuk mengerjakan aktivitas selanjutnya tanpa terganggu oleh aktivitas yang tidak diharapkan.

3. Memudahkan untuk mencatat dan mengingat apa yang akan kamu lakukan di kemudian hari untuk perkembangan blog yang lebih baik lagi.

Untuk mengembangkan dan memajukan kualitas blog kamu, maka di butuhkan perencanaan dan evaluasi yang tepat. Menuliskan perencanaan ke dalam blog planner bisa memudahkan kita dalam mengingat dan mengontrol apa yang akan kita lakukan selanjutnya, mengkoreksi kesalahan-kesalahan di periode sebelumnya dan memperbaiki di periode berikutnya.


Meningkatkan keahlian dan kompetensi diri


1. Membentuk sikap disiplin secara tidak langsung.

Salah satu faktor yang bisa membuat seseorang menjadi sukses dalam suatu bidang ilmu, adalah disiplin. Menggunakan blog planner dan melaksanakan perencanaan yang sudah dibuat secara konsisten, secara tidak langsung akan membentuk sikap disiplin bagi diri kamu sendiri.

2. Membantu kamu untuk mengarahkan secara jelas tujuan dan hasil yang ingin dicapai dalam aktivitas ngeblog.

Apa tujuan kamu ngeblog?  Pertanyaan ini biasanya muncul pada awal ngeblog ataupun saat pergantian tahun.  Menggunakan blog planner akan membantu kamu menetapkan tujuan ngeblog yang ingin kamu raih dimasa yang akan datang.

Selain itu, kamu juga dapat menjabarkan apa langkah-langkah kongkrit yang bisa dilakukan untuk menggapai tujuan tersebut. Dengan mencatatkannya kedalam blog planner, tentu kamu tidak akan kesulitan untuk mengingat-ingat langkah yang harus dilakukan diwaktu yang akan datang.

3. Membantu kamu merekam hasil evaluasi blog serta menemukan cara-cara yang diperlukan untuk mengembangkan blog.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa sejarah menentukan masa depan. Begitupun dengan rekam jejak aktivitas ngeblog , akan menentukan keberhasilan ngeblog dimasa yang akan datang.

Catatan dan rekaman aktivitas ngeblog akan membantu kamu untuk menemukan mana langkah terbaik yang bisa untuk dilakukan,  sehingga tingkat keberhasilan ngeblog menjadi semakin besar.

Selain itu , catatan evaluasi  bisa membantu kamu untuk menemukan langkah-langkah yang tepat guna mengembangkan blog.

4. Membantu kamu untuk mempertahankan pola ngeblog secara konsisten

Semua rangkaian aktivitas yang teratur akan membentuk sebuah pola yang bisa dilakukan secara berulang-ulang. Ketika aktivitas ngeblog berjalan, lambat laun kamu akan menemukan pola-pola yang biasa digunakan untuk melakukan aktivitas ngeblog tersebut, seperti bagaimana pola artikel yang baik dan perlu disajikan dalam blog, pola yang tepat untuk membuat artikel, pola yang perlu dilakukan ketika artikel baru terbit.

Dengan mencatatkannya ke dalam blog planner setiap pola aktivitas ngeblog yang terjadi, maka kamu akan lebih mudah untuk mempertahankan pola-pola ngeblog yang bisa membawa kamu pada kesuksesan.


Kesimpulan


Banyak orang bijak, orang-orang sukses, maupun pengusaha yang berhasil, memiliki buku agenda kegiatan yang mencatat berbagai hal sesuai dengan kebutuhannya. Tentu seorang blogger dengan Blog Plannernya, juga bisa digunakan untuk mencatat beberapa hal penting lainnya agar tidak terlupa.

Blog Planner ini bisa menjadi panduan perencanaan / strategi, sebagai catatan ngeblog seseorang,  sebagai sarana motivasi diri untuk menjadikan blognya lebih baik dimasa depan, bahkan sebagai media peningkatan efektifitas ngeblog maupun kegiatan sehari-hari.

Karena manfaat yang cukup besar bisa dirasakan dengan menggunakan blog planner, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai mempersiapkan rencana ngeblog untuk tahun depan dengan menggunakan blog planner. Kegiatan ngeblog kamu akan menjadi terukur, terencana dan terjadwal.

Download file Blog Planner 2016 gratis di artikel ini. Demikianlah artikel Manfaat menggunakan Blog Planner / Agenda ngeblog. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.