Tips merencanakan aktivitas ngeblog tahun depan - Mengelola Blog

Tips merencanakan aktivitas ngeblog tahun depan

Mengelolablog.com - Membuat rencana aktivitas ngeblog tahun depan? perlu yah?  YA! jika tujuan aktivitas ngeblog kamu ingin berkembang dan mencapai keberhasilan sesuai dengan harapan !

Berbicara tentang perencanaan, tentu tak luput dari tujuan atau sering juga diartikan sebagai target. Untuk mencapai target tentu kamu memerlukan cara dan juga langkah supaya target bisa tercapai di akhir waktu yang sudah ditentukan.

Perlu dipahami bahwa, ngeblog merupakan aktivitas marathon dengan akhir berdasarkan keputusan kamu sendiri.

Dengan kamu memutuskan dan membuat perencanaan untuk aktivitas ngeblog, hal ini akan membawa kamu pada persiapan-persiapan yang dibutuhkan untuk waktu satu tahun kedepan.

Disitu kamu akan berimajinasi dan membayangkan, aktivitas apa yang akan kamu kerjakan untuk blog kamu ? menelusuri apa jalan yang akan kamu lalui untuk menggapai cita-cita dan tujuan kamu ngeblog.

Keberhasilan dalam menggapai target dan cita-cita ngeblog, umumya diawali dengan matangnya perencanaan, strategis dan sesuai dengan kemampuan pemilik blog tersebut.


Tips membuat rencana ngeblog tahun depan

Perencanaan yang dilakukan setengah-setengah dan terlalu berlebihan, akan mengaburkan harapan serta pencapaian target saat proses tersebut sudah berjalan.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tips, bagaimana membuat dan  merencanakan keberhasilan aktivitas ngeblog berdasarkan pengalaman yang pernah saya rasakan selama ngeblog, jadi siapkan ballpoint dan kertas secukupnya, karena kita akan banyak mengurai rancana tersebut diatas kertas !


Langkah #1. Evaluasi aktivitas ngeblog ditahun sebelumnya


Untuk membuat perencanaan yang sesuai dengan waktu dan kemampuan, langkah paling penting untuk dilakukan pertama kali adalah  mengevaluasi kegiatan ngeblog diwaktu sebelumnya.

Untuk membantu kamu dalam melakukan evaluasi tersebut, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan dengan mudah (siapkan kertas dan ballpoint, lalu simak artikel berikut ini)

a. Catat keberhasilan-keberhasilan ngeblog.

Kamu bisa mencatat hal apa saja tentang keberhasilan yang sudah kamu raih seperti :
  • berhasil membuat 50 artikel selama satu tahun, 
  • berhasil menjadi publisher adsense, 
  • mendapatkan 100 pembaca melalui email 
  • konsisten dalam menerbitkan 1 artikel 1 minggu selama 6 bulan.
Catat semua hal-hal yang pernah kamu rasakan bahwa hal itu adalah sebuah keberhasilan.

Dari seluruh catatan keberhasilan tersebut, ambil 3 saja keberhasilan yang paling mendekati proses mengolah artikel terlebih dahulu, dilanjutkan dengan keberhasilan yang paling berkesan dan membuat kamu bangga.

Dari 3 catatan keberhasilan tersebut, silahkan kamu  tuliskan, bagaimana kerberhasilan itu bisa terjadi dan apa saja yang sudah kamu lakukan untuk mencapai keberhasilan tersebut (lebih spesifik penjelasannya akan lebih baik).

b. Catat kegagalan pada aktivitas ngeblog

Selain keberhasilan, tentu juga ada beberapa kegagalan usaha saat aktivitas ngeblog itu berlangsung ditahun sebelumnya, seperti, tidak berhasil melalui tantangan 1 hari 1 artikel dalam 1 bulan, hanya menerbitkan 1 artikel dalam 1 bulan saja, atau  kegagalan ketika mendesain template blog yang mobile friendly, sehingga kamu masih tetap menggunakan template lama.

Setelah itu, lakukan dengan cara yang sama,  seperti kamu melakukannya pada catatan keberhasilan tadi.  Simpan untuk sementara catatan tersebut.

Langkah #2. Pahami aktivitas harian,mingguan atau bulanan dalam kehidupan kamu.


Setiap blogger dengan beragam aktivitas dan profesi yang beda, tentu juga memiliki perbedaan kesempatan dan waktu luang, sebagai contoh blogger yang masih bersekolah akan berbeda waktu luangnya dengan blogger yang sudah masuk dalam dunia kerja.

Memetakan waktu pada aktivitas harian, mingguan , maupun bulanan, akan membantu kamu dalam menentukan kapan kamu bisa ngeblog secara konsisten.

Poin pokok disini adalah menentukan waktu luang terbaik yang bisa kamu pastikan untuk bisa konsisten menjalankan dan mengelola blog.

Pemetaan waktu ini akan sangat berguna untuk menentukan beberapa jadwal ngeblog seperti contoh dibawah ini:
  1. Dapat menentukan berapa jumlah artikel yang sanggup kamu terbitkan dalam satu minggu.
  2. Dapat menentukan jadwal yang tepat untuk menerbitkan artikel secara konsisten (dibantu dengan autopublish). Autopublish adalah fitur untuk menerbitkan artikel secara otomatis pada artikel yang sudah kita buat sesuai dengan ketentuan jadwal kita. Biasanya pada masing-masing platform blog tersedia fitur ini saat membuat artikel.
  3. Dapat menentukan kegiatan harian ngeblog yang akan kamu lakukan seperti, menggali ide artikel, modifikasi SEO on page, membuat draft artikel, melakukan evaluasi blog mingguan, blogwalking, dll.
Sebisa mungkin, catat waktu-waktu luang kamu tersebut kedalam catatan kertas tadi, semakin detail waktu yang bisa kamu dapat, maka akan semakin baik proses perencanaan ngeblog yang bisa kamu susun.

Langkah #3. Siapkan Blog Planner / Agenda ngeblog


Langkah pertama kali yang perlu kamu lakukan sesaat setelah mempersiapkan Blog planner adalah menentukan Target dan Tujuan ngeblog terlebih dahulu. Bagaimana cara menentukan tujuan dan target ngeblog tahun berikutnya ?
  1. Keluarkan kembali catatan keberhasilan dan kegagalan ngeblog kamu ditahun sebelumnya
  2. Lihat pada catatan keberhasilan ngeblog. Ambil satu atau dua saja keberhasilan yang berkaitan dengan proses pembuatan artikel, kemudian catat pada halaman Target Blog dalam Blog planner kamu (ingat, catat poin pentingnya saja, kejadian bagaimana keberhasilan itu terjadi tidak perlu dimasukkan dalam catatan target).
  3. Lakukan hal yang sama pada catatan kegagalan. ambil satu atau dua saja.
  4. Setidaknya sekarang  kamu sudah memiliki 2-4 target ngeblog untuk satu tahun. Catatan keberhasilan digunakan untuk meningkatkan langkah keberhasilan aktivitas tersebut, catatan kegagalan digunakan untuk perbaikan langkah pada proses ngeblog berikutnya.
  5. Kamu dapat menambahkan satu atau dua target lagi sebagai target optional ( tambahan ) apabila kamu membutuhkan perubahan pola ngeblog ( entah berganti topik blog atau hal lainnya). Untuk menambahkan target, kamu perlu mempertimbangkan waktu yang tersedia pada langkah #2 yang sudah kamu catat tadi.
Metode seperti ini akan memudahkan kamu untuk memperbaiki kesalahan dari aktivitas ngeblog tahun sebelumnya, juga menambah rasa optimis dalam meningkatkan keberhasilan-keberhasilan yang sudah pernah kamu raih.

Langkah #4. Masukkan langkah-langkah bagaimana terjadinya keberhasilan dan kegagalan secara detail kedalam plot waktu  Blog planner kamu.


Langkah selanjutnya adalah memasukan langkah-langkah memperbaiki kegagalan dan meningkatkan keberhasilan kedalam plot waktu tahun berikutnya.

Gunakan catatan waktu pada langkah #2, sesuaikan dengan waktu luang yang ada, kemudian susun satu-persatu langkah tersebut.

Disini kamu akan menemukan langkah perbaikan ( dari catatan kegagalan tahun kemarin) dan langkah peningkatan  aktivitas ( dari catatan keberhasilan). Manfaatkan plot waktu luang yang tersedia selama satu tahun kedepan untuk mengurai dan menjabarkan langkah yang perlu kamu lakukan, baik untuk perbaikan dan peningkatan aktivitas ngeblog tersebut.

Pecahkan masing-masing langkah untuk beberapa bulan, sebagai contoh , kamu menemukan 3 langkah perbaikan yang perlu dilakukan. kamu dapat menggunakan waktu tiga bulan untuk menuntaskan langkah tersebut, artinya kamu bisa menggunakan satu bulan untuk satu langkah.

Dengan langkah minimalis tadi, kamu bisa mencapai konsistensi yang sangat diperlukan dalam aktivitas ngeblog, daripada kamu memutuskan untuk mengambil banyak langkah sekaligus namun  harus merasa kewalahan dan menyerah.

Tips Membuat rencana ngeblog
Sebagai referensi saja, kamu bisa melihat pada link arsip di menu navigasi bagian atas blog ini, disitu kamu bisa melihat hasil konsistensi  ngeblog  yang dapat dilakukan selama 9 bulan dengan menggunakan blog planner.

Jika dipersentasekan, maka hasill yang dicapai untuk konsistensi mengupdate artikel selama 9 bulan tersebut adalah 100%, hasil yang cukup memuaskan buat saya.

Blog ini saya update artikelnya hanya setiap senin malam saja , keputusan ini saya ambil berdasarkan waktu luang yang saya miliki ketika melakukan perencanaan pada langkah no #2 diatas.

Langkah #5. Review kembali


Target blog sudah kamu temukan, langkah-langkah perbaikan yang dibutuhkan berdasarkan plot waktu sudah kamu lengkapi.

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mereview kembali perencanaan tadi.

Gunakan 3 patokan ini untuk mengatur seluruh aktivitas ngeblog yang akan kamu susun yaitu,
  • Waktu 
  • Tenaga 
  • Pengetahuan.
Review kembali rencana-rencana yang sudah kamu buat,
  1. apakah waktunya sudah pas dengan waktu luang yang kamu punya? 
  2. apakah tenaga yang akan digunakan tidak menggangu aktivitas lain?
  3. apakah pengetahuan yang kamu miliki untuk aktivitas ngeblog bisa terukur dan terpenuhi untuk mencapai tujuan ngeblog tersebut ?
Dengan berpatokan pada Waktu , tenaga serta pengetahuan yang kamu miliki, kamu bisa menemukan cara dan pola ideal dalam membuat dan merencanakan kegiatan ngeblog kamu untuk tahun depan.

Kesimpulan


Perencanaan adalah langkah awal untuk membuat segala aktivitas yang kita lakukan menjadi lebih terorganisir, hemat waktu, efisien dan juga produktif.

Langkah-langkah membuat perencanaan ngeblog tersebut diatas adalah langkah-langkah yang juga saya lakukan untuk membuat perencanaan ngeblog ditahun 2016 nanti. Bagaimana dengan perencanaan ngeblog kamu ?

2 comments: