Tips produktif menjalani aktivitas yang menumpuk - Mengelola Blog

Tips produktif menjalani aktivitas yang menumpuk

Mengelolablog.com - Hampir setiap orang memiliki kesibukan dan aktivitas yang harus dilakukan. Bekerja, sekolah, kuliah, berolah raga bahkan menonton televisi serta kegiatan lainnya termasuk juga ngeblog.

Semua aktivitas tersebut tentu membutuhkan waktu yang perlu diatur sedemikian rupa supaya masing-masing kegiatan bisa menghasilkan manfaat bagi orang yang melakukannya.

Karena bagaimanapun, jika kamu terlalu banyak kegiatan yang harus dilakukan, kamu akan cepat lelah dan akhirnya tidak ada satupun dari kegiatan tersebut yang bisa kamu selesaikan dengan baik.

Daripada kamu harus mengulangi kegiatan dalam kondisi lelah dan stress, sebaiknya ambil waktu sejenak dan atur kegiatan tersebut sebelum kamu mencoba untuk mengerjakan sesuatu apapun itu.

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengatur dan menyelesaikan setiap aktivitas sesuai kemampuanmu.

Tips produktif menjalani pekerjaan yang menumpuk


#1. Persiapkan fisik dan mental sebaik - baiknya


Jangan biarkan rasa lelah dan kantuk mendera disaat aktivitas penting dan sangat membutuhkan konsentrasi.

Jika kamu menyadari bahwa kamu akan menghadapi hari penting esok hari, mulailah untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Istirahat yang cukup di malam hari merupakan langkah awal untuk memulai hari-hari produktif.

Cobalah untuk sarapan pagi terlebih dahulu sebelum beraktivitas di hari tersebut. Sarapan pagi, selain baik untuk kesehatan, dapat menambah energi  yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menghadapi beban aktivitas harianmu.

#2. Tulis semua aktivitas dalam catatan 


Manfaatkan catatan dan atur agenda mu. Jangan buang waktumu hanya untuk mengingat apa saja yang harus diselesaikan dan apa saja yang harus segera selesai.  Tulislah poin - poin penting aktivitas harianmu dalam sebuah catatan ringan dan mudah untuk dibaca.

Menuliskan apa yang akan kamu kerjakan hari ini, akan memberikan gambaran tentang cara paling baik dan produktif untuk melakukan serta menyelesaikan aktivitas tersebut.

#3. Pahami keterbatasan diri 


Tentu sebagai manusia kita memiliki banyak kelemahan dan kekurangan. Siapa sih manusia yang sempurna didunia ini ?

Membuat jadwal aktivitas dan kegiatan yang sangat tidak realistis, selain menjerumuskan kamu kedalam kegagalan, kamu juga akan kehilangan momentum dan arah untuk menemukan cara yang lebih produktif untuk waktu yang akan datang.

Disaat kamu mengetahui bahwa kamu tidak dapat menyelesaikan gol dari aktivitas yang kamu lakukan, biasanya akan menular kepada semua tujuan - tujuan kecil yang sudah kamu susun sebelumnya.

Ketahui batasan yang ada dalam diri kamu saat  menyusun susunan jadwal aktivitas yang  mampu kamu selesaikan, tidak perlu terlalu banyak, sedikit demi sedikit tapi pasti selesai, akan lebih baik daripada banyak namun tidak pernah selesai.

#4. Kerjakan aktivitas yang paling cepat selesai terlebih dahulu


Karena tujuan kita adalah melatih kebiasaan untuk fokus dan sesuai jadwal, maka langkah yang diperlukan untuk bisa menyelesaikan semua pekerjaan tersebut secara lengkap adalah dengan memprioritaskan pekerjaan yang lebih cepat selesai terlebih dahulu.

Jika kamu memulai dengan aktivitas yang paling sulit dan lama, hal ini akan cepat  menguras tenaga dan pikiran kamu. Semakin berkurangnya tenaga  disertai pikiran yang lelah, pekerjaan yang mudah dan ringan sering terlewatkan karena berkurangnya kadar konsentrasi.

Kerjakan dari yang tercepat untuk bisa diselesaikan, kemudian lanjut ke pekerjaan yang paling sulit dan lama untuk bisa diselesaikan. Dengan begitu pemakaian waktu untuk beraktivitas menjadi lebih mudah disesuaikan.

#5. Beristirahatlah sejenak


Disaat kamu mulai untuk menyusun jadwal kegiatan kamu, sangat penting untuk menyisipkan beberapa waktu buat kamu beristirahat sejenak dari aktivitas yang akan kamu lakukan.

Melakukan aktifitas yang terus menerus tanpa memberikan sejenak istirahat dapat membuat kamu cepat merasa penat dan jenuh.

Berikan sejenak waktu penyegaran bagi tubuh dan pikiran kamu, hal ini akan membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk melakukan aktifitas selanjutnya. Kembalikan semangat beraktifitas dengan beristirahat sejenak.

#6. Satu pekerjaan dalam satu waktu


Banyak orang yang melakukan beberapa aktivitas pada saat dan waktu yang hampir bersamaan, seperti bbm-an sama teman sambil mengerjakan laporan, atau berinteraksi di media sosial sambil belajar.

Melakukan beberapa aktivitas dalam waktu yang bersamaan dapat mengurangi tingkat produktivitas kamu. Ketika kamu mulai terbiasa dengan kebiasaan kurang baik ini, kamu akan terjebak pada pekerjaan - pekerjaan yang cuma hampir selesai, hampir selesai dan tidak ada yang selesai satupun.

Akan lebih baik jika kamu fokus pada satu pekerjaan saja sampai pekerjaan tersebut benar-benar selesai.  Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk segera beralih ke pekerjaan yang selanjutnya.

#7. Hargai diri kamu sendiri


Tips terakhir dalam artikel ini adalah menghargai dirimu sendiri setelah melawati hari yang berat untuk beraktivitas. Buatlah janji kepada diri sendiri; jika kamu berhasil menyelesaikan semua pekerjaan ini, aku akan....(kamu lebih tau sepertinya).

Ga ada salahnya juga kan kalau kamu memberikan sesuatu yang special kepada diri kamu sendiri setelah seluruh pekerjaan dan aktivitas yang kamu susun,  bisa selesai semua dengan baik dan tanpa kendala.

Memberikan penghargaan kepada diri sendiri selain menyenangkan juga akan menambah rasa percaya dan keyakinan yang kuat terhadap diri sendiri.

Ringkasan


Kegiatan yang menumpuk akan selamanya menumpuk dan akan semakin membuat kita stress dan ingin segera keluar dari situasi tersebut.

Dengan membiasakan untuk mengatur pola hidup produktif dan menjalani tips-tips seperti yang sudah kita bahas diatas, kesempatan kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik akan terbuka lebar.

Jika tidak kita memulainya dari diri kita sendiri, lalu siapa lagi yang mau memulainya ?  Demikianlah tips ini saya informasikan, semoga bisa bermanfaat.

2 comments: