Tips menjadi part time blogger ala mengelola blog - Mengelola Blog

Tips menjadi part time blogger ala mengelola blog

Mengelolablog.com - Ngeblog terkadang bukan saja hanya sekedar hobi. Banyak blogger-blogger yang malang melintang di dunia per-blogging-an memiliki tujuan untuk bisa menambah penghasilan.

Tidak sedikit blogger dari Indonesia yang sukses meraup dollar dari kegiatan ngeblog ini, sebut saja Herman Yudiono dengan blogodolarnya, kemudian Medhy Hidayat dengan blogguebo, kemudian ada juga varizal Amir bersama indoamaterasu.com-nya, dan masih banyak lagi blogger-blogger Indonesia lainnya yang memang sudah berhasil dalam menambah penghasilan melalui blog.

Menjadi seorang blogger merupakan salah satu pengalaman yang unik, menarik namun cukup berat dalam pelaksanaannya (jika kamu ingin berhasil seperti mereka !).

Diperlukan pengelolaan waktu yang cermat, dedikasi, kreatifitas, konsisten dan penuh semangat berbagi yang selalu menjadi makanan pokok harian dan wajib di penuhi untuk bisa melangkahkan kaki ke ranah tersebut.

Dalam dunia blogging, ada dua kategori blogger yang saya ketahui jika dibagi berdasarkan penggunaan waktu dalam melakukan aktivitas pengelolaan dan pengembangan blog.

Tips part time blogger


Dua Kategori blogger berdasarkan waktu ngeblog


1. Full time blogger (blogger penuh waktu)

Full time blogger adalah seorang blogger dimana hampir sebagian besar waktu yang digunakannya adalah untuk ngeblog.

Bisa dibilang ngeblog adalah pekerjaannya, tempat ia memaksimalkan seluruh penghasilannya melalui blog, kemungkinan lebih dari 6 jam menghabiskan waktu didepan laptop menuliskan artikel dan mengurus blog-blog berpenghasilan yang ia miliki.

2. Part time blogger (blogger paruh waktu)

Part time blogger, atau bisa disebut blogger paruh waktu adalah seorang blogger dimana aktivitas ngeblog yang dijalaninya merupakan aktivitas sampingan dan mungkin saja hanya sekedar pengisi waktu luang.

Ada pekerjaan utama yang ia miliki selain ngeblog, entah sebagai pekerja kantoran, kuliah, sekolah, dan lain-lain.

Untuk Full time blogger, jelas , mereka berkuasa penuh terhadap waktu yang mereka miliki dalam mengembangkan dan mengelola blog mereka menjadi lebih baik lagi.

Namun untuk Part time blogger, tentu tidak akan seleluasa full time blogger dalam mengelola blog dan mengembangkan blog yang mereka miliki.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tips bagi Kamu yang masuk dalam kategori part time blogger untuk bisa memaksimalkan pengelolaan waktu dan pengaturan aktivitas ngeblog, sehingga seluruh aktivitas ngeblog yang kamu jalani menjadi lebih bermanfaat dan tidak menyulitkan, meskipun harus berbenturan dengan pekerjaan utama yang sedang Kamu jalani saat ini.


Tips menjadi seorang part time blogger


1. Rencanakan kedepan dan kumpulkan seluruh list ide yang kamu temukan pada satu tempat

Ide-ide ngeblog dapat muncul kapan saja dan dimana saja. Akan sangat disayangkan jika ide-ide tersebut terlewatkan dan tidak dimanfaatkan untuk menambah kemajuan blog yang sedang kamu kelola.

Gunakanlah editorial kalender untuk memudahkan dalam mengumpulkan beragam ide yang yang terlintas dalam pikiran kamu.

Semakin banyak jumlah ide artikel yang terkumpul, maka akan semakin memudahkan kamu untuk mendapatkan ide dalam menciptakan artikel-artikel pada posting selanjutnya.

Pertimbangkanlah untuk selalu menjaga sebanyak-banyaknya list ide artikel yang berhubungan dengan topik blog kamu.

2. Tulis artikel sebanyak-banyaknya dalam satu kesempatan waktu

Manfaatkanlah waktu-waktu luang yang tersedia untuk menciptakan sebanyak banyaknya artikel posting selanjutnya. Cairkan semua ide artikel yang sudah terkumpul tadi menjadi sebuah draft ataupun artikel penuh yang siap publish.

Masukkanlah artikel yang sudah siap publish ke jadwal otomatis yang sudah tersedia dalam platform blog yang kamu pakai, atur waktunya dan sesuaikan dengan rencana kesibukkan yang akan kamu jalani.

Langkah ini akan meringankan beban kamu disaat kesibukan kamu semakin menumpuk dan tidak terhindarkan sehingga kamu dapat tetap fokus tanpa perlu kuatir khawatir blog kamu tidak terupdate.

3. Buatlah repost otomatis dari blog ke akun medsos kamu

Berikan perhatian penting pada jadwal re-post di media sosial seperti facebook, twitter ataupun google plus jika kamu memang aktif di media sosial tersebut, sesuaikan dengan fitur otomatis melalui aplikasi pihak ketiga seperti dlvr.it atau tweeter feed.

Kamu tidak perlu mengulang satu-persatu untuk menyebarkan artikel terbaru. Repost otomatis akan menghemat waktu kamu untuk mempopulerkan artikel tersebut pada akun medsos kamu.

Hal ini perlu dilakukan dalam proses meningkatkan traffik pengunjung sekaligus juga mengenalkan blog kamu kepada teman-teman di medsos.

Perlu juga diperhatikan jadwal untuk me-repost kembali artikel dan posting lama kamu agar tidak berbenturan dengan re-post artikel terbaru supaya tidak mengganggu dan dianggap nyepam oleh teman-teman medsos kamu.

4. Sisihkan waktu tertentu untuk mengurus semua yang berkaitan dengan urusan ngeblog.

Oleh karena pembuatan artikel, modifikasi template dan kreatifitas ngeblog lainnya sangat membutuhkan waktu, maka berikan waktu yang khusus pada aktivitas blogging kamu.

Dengan memberikan waktu tersebut ( walau hanya 1 jam saja dalam satu hari), maka secara tidak langsung akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih disiplin dan fokus.

Buatlah sistematika yang diperlukan saat menggunakan waktu ngeblog supaya aktivitas yang singkat tersebut bisa kamu dapatkan secara maksimal tanpa perlu merasa bingung tentang apa yang harus dilakukan.

5. Manfaatkan teknologi untuk memudahkan aktivitas ngeblog

Manfaatkan kemudahan teknologi melalui gadget yang kamu miliki untuk membantu aktivitas ngeblog semakin mudah. Kamu bisa mencatat hal-hal penting yang bisa dijadikan bahan artikel posting selanjutnya melalui smartphone yang kamu miliki.

Atau jika kamu malas untuk mencatatnya, kamu bisa juga merekamnya melalui fitur video ataupun sound recorder yang tersedia, cukup mudah kan ?

6. Kelola blog sebagai aset usaha

Biar bagaimanapun, blog yang kamu kelola tetap membutuhkan pemikiran dan waktu, bahkan kreatifitas yang tiada batas. Usahakan selalu untuk tetap menjaga konsistensi ngeblog karena blog yang sudah kamu kelola adalah aset dari investasi yang sudah kamu tanam selama ini.

Jangan sia-siakan aset tersebut sehingga terbengkalai dan hilang begitu saja tanpa kejelasan. Kelola dengan baik walaupun secara perlahan namun tetap dikerjakan, sehingga perkembangan blog suatu saat nanti  bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan di masa yang akan datang nanti.


Kesimpulan


Sebagai seorang part time blogger pengelolaan waktu menjadi sesuatu yang sangat krusial. Ketidakdisiplinan terhadap penggunaan waktu, akan berdampak cukup besar bagi perkembangan blog yang sedang kamu kelola.

Disatu sisi, kamu ingin blog yang kamu kelola berkembang dan bisa bermanfaat, namun disisi lain kamu harus tetap menjalani aktivitas utama yang juga tidak bisa kamu tinggalkan.

Perencanaan dan konsistensi bagi seorang part time blogger mutlak diperlukan demi keberhasilan aktivitas ngeblog yang dijalaninya. Demikianlah artikel tips menjadi part time blogger ini bisa saya informasikan, semoga bisa bermanfaat.

6 comments:

  1. artikel yang sangat bermanfaat untuk aku blogger part time
    ngeblog di sela-sela waktu kerja, sisanya setelah pulang dari kerja
    sukses terus

    ReplyDelete
  2. Mantep artikelnya sobat... Bisa jadi lahan investasi juga nih..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iya sob betul sekali itu. . Thanks kunjungannya 😁

      Delete
  3. Blog adalah Asset, setuju banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, asal dikelola dengan baik dan benar pasti bisa jadi aset bernilai 😁

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.