Artikel berkualitas di blog tingkatkan kemampuan menulis lebih baik. - Mengelola Blog

Artikel berkualitas di blog tingkatkan kemampuan menulis lebih baik.

Mengelolablog.com - Dunia kepenulisan buat saya pribadi memang memiliki tempat tersendiri dalam kehidupan yang saya jalani. Berawal dari kebiasaan menuliskan agenda sekolah yang diajarkan semenjak sekolah dasar hingga sekolah menengah, membuat saya menyukai kegiatan tulis menulis.

Aktivitas tersebut menjadi sebuah pelepas beban didalam hati, dimana saya bisa merasa lega setelah menuangkan segala pemikiran kedalam bentuk tulisan.

Semenjak dunia blog mulai populer, media penulisan yang sudah saya lakukan pun akhirnya bergeser. Saya mulai mengenal blog, mempelajarinya secara otodidak, dan mengenal apa itu artikel dan posting blog.

Seperti banyak blogger-blogger senior yang sering menuliskan dalam artikelnya bahwa, "konten adalah raja", maka pada kesempatan kali ini , saya akan menginformasikan tentang pentingnya kita menghadirkan konten berkualitas di blog sebagai upaya untuk meningkatkan level kepenulisan menuju ke tingkat yang lebih baik lagi.

Artikel berkualitas tingkatkan level menulis

Pentingnya membuat konten artikel yang berkualitas di blog


Artikel merupakan konten terpenting dalam sebuah blog. Apalagi jika artikel tersebut membawa banyak manfaat bagi pembacanya.

Jika kita mereview kembali beberapa tahun kebelakang, yaitu pada era awal diperkenalkannya blog kedalam internet, blog dibuat tak lain adalah sebagai media untuk berbagi pengalaman dan cerita.

Hal ini tampak jelas di era awal blog beredar, banyak artikel-artikel yang hanya berisi curahan hati atau sebagai jurnal harian si pemilik blog. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, blog tidak lagi semata hanya menjadi tempat untuk "curhat" saja.

Di era sekarang ini, blog sudah bertransformasi menjadi sebuah media informasi, baik itu berita maupun sebagai sarana penjualan atau lebih dikenal dengan online marketing.

Salah satu ujung tombak untuk bisa meningkatkan kepopuleran blog itu sendiri adalah kualitas konten yang disajikan dalam blog.

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."
- Pramoedya Ananta Toer -

Karena begitu pentingnya artikel yang berkualitas, berikut tiga alasan mengapa kita perlu memberikan konten yang berkualitas didalam sebuah blog.

1. Sebagai sarana untuk menyebarkan ilmu yang bermanfaat

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah ucapan yang mengatakan "suatu hal yang tidak akan pernah berkurang dan habis jika terus dibagikan, adalah ilmu yang bermanfaat". Sebuah ucapan yang menurut pemahaman saya sangat benar adanya.

Dengan membagikan ilmu yang bermanfaat, maka secara otomatis  kita akan diingatkan kembali, sehingga kita akan mengulang dan mengulangi kembali kandungan yang ada dalam ilmu tersebut.

Proses pengulangan ini akan semakin melekatkan ilmu tersebut kedalam memori di otak kita, sehingga tanpa disadari kita akan semakin mengerti dan memahami penggunaan serta manfaat yang bisa kita dapatkan dari ilmu tersebut.

Artikel berkualitas, dimana salah satu unsurnya mengandung manfaat, dapat menjadi sarana bagi kita untuk menyebarkan kebaikan dari ilmu yang kita miliki.

Dengan memberikan konten artikel berkualitas secara berkelanjutan, semakin banyak pula kita bisa menyebarkan kebaikan dan manfaat bagi orang lain melalui internet.

2. Artikel berkualitas lebih menarik untuk disebarkan

Konten artikel yang bermanfaat dan berkualitas cenderung memiliki daya tarik yang lebih besar untuk disebarluaskan.

Jika Anda disuguhkan dua artikel dengan topik yang sama, satunya menarik dan Anda sukai, sedangkan satunya lagi biasa saja. Konten mana yang akan lebih mudah untuk Anda sebarkan ?

Seiring dengan merebaknya konten artikel tersebut di media sosial, maka secara langsung akan berdampak kepada kepopuleran blog itu sendiri. Traffik blog akan meningkat dan semakin bertambah pula orang yang mengenal dan mengunjungi blog tersebut.

3. Artikel berkualitas cenderung memiliki trafik pengunjung untuk jangka panjang

Memiliki serta menyajikan konten berkualitas dan bermanfaat, secara langsung akan memberikan peningkatan trafik pengunjung blog itu sendiri. Apalagi jika konten tersebut masih menarik serta relevan untuk dibaca oleh pengunjung dimasa mendatang karena sifatnya yang tidak kedaluarsa (bukan konten musiman).

Atas kondisi tersebut, setidaknya, Anda akan memiliki tambahan trafik pengunjung blog untuk jangka panjang.


Ciri-ciri konten artikel yang berkualitas 


Untuk mengenali Artikel dengan konten yang berkualitas, kita dapat mengidentifikasi artikel yang berkualitas berdasarkan ciri-ciri berikut dibawah ini :

1. Isi artikelnya akurat

Informasi dalam artikel tersebut disajikan secara akurat, yang artinya tidak bias, yakni informasi yang terdapat dalam artikel sesuai dengan keinginan atau permasalahan yang sedang dihadapi pembaca.

Sebagai contoh, pembaca membutuhkan informasi tentang bagaimana cara membuat kain batik, namun informasi yang disajikan didalam artikel tersebut berisi langkah-langkah untuk membuat pakaian dari kain batik.

Tidak akuratnya isi yang ditampilkan dalam artikel menyebabkan dampak yang kurang baik terhadap perkembangan blog yang sedang Anda kelola.

2. Sumber artikel dapat dipercaya

Kutipan maupun penyertaan data dan dokumen dalam artikel berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya. Salah satu rujukan artikel yang saat ini dapat dipercaya adalah wikipedia.

Anda juga bisa menambahkan rujukan dari tempat yang berbeda,  namun perlu Anda ingat, link rujukan tersebut wajib memenuhi syarat keamanan bagi pengunjung, serta memiliki kesesuaian dengan artikel yang anda posting.

Jangan sampai link rujukan yang Anda tautkan tidak memberikan manfaat apa-apa, apalagi link tersebut mengarah kepada situs-situs yang berbahaya dan berpotensi merugikan pengunjung anda.

3. Isi artikel relevan dan sesuai

Artikel hanya berisi informasi yang berhubungan erat dengan problem dan keinginan pembaca, serta sesuai dengan topik artikel yang disajikan. Ketidaksesuaian (relevansi) yang disajikan dalam artikel bisa terjadi apabila menyangkut masalah waktu.

Seperti contohnya artikel blog yang menyajikan bahwa blog dengan template yang tidak mobile friendly, tidak akan berpengaruh terhadap SEO. 3-5 tahun kebelakang mungkin artikel ini masih relevan, namun seiring perkembangan jaman, artikel tersebut sudah tidak relevan lagi.

4. Penjelasan isi artikel disajikan secara lengkap

Informasi yang disematkan dan diperoleh dari berbagai sumber didalam artikel, disajikan secara lengkap. Kelengkapan informasi menjadi salah satu tulang punggung yang dapat meningkatkan kualitas konten artikel Anda.

Lebih lengkap dan sesuai penjelasan dalam artikel yang Anda sajikan, akan menunjukan kapabilitas dan kemampuan Anda di bidang tersebut.

5. Artikel dapat memberikan manfaat bagi pembaca

Pembaca mendapatkan manfaat ataupun tambahan informasi yang membentuk motivasi baru kearah yang positif akibat dari isi artikel tersebut. Salah satu faktor terpenting dalam sebuah informasi adalah manfaat dan kegunaan yang bisa diterima dan dijadikan acuan bagi pembaca.

Semakin bermanfaat artikel yang Anda sajikan, maka kualitas dari blog secara keseluruhan akan meningkat,  dan secara tidak langsung,  akan memberikan kemajuan pada blog yang Anda kelola.

Baca: Cara membuat artikel


Persiapan diri sebelum membuat konten artikel berkualitas


Memiliki sistem yang jelas dan berulang untuk dilakukan, akan membentuk pola kebiasaan yang jauh lebih baik ketika Anda membuat artikel sebagai menu utama konten blog Anda.

Untuk bisa meraih hal tersebut, tentu Anda membutuhkan persiapan-persiapan yang perlu dilakukan supaya hasil yang ingin anda capai bisa terwujud.

Berikut beberapa tips pengembangan diri yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas konten artikel di blog anda.

1. Selalu berpikir positif dan teruslah produktif untuk menulis

Pikiran yang selalu positif, selain berdampak baik terhadap kesehatan juga akan menambah gairah untuk kita tetap produktif dalam menelurkan artikel-artikel yang berkualitas.

Mood yang buruk, ide-ide yang sulit kita dapatkan, serta berbagai kendala yang menggangu pikiran dapat merusak konsistensi dan tujuan kita ngeblog. Memulainya dengan pikiran yang positif akan membantu kita melawan kendala-kendala tersebut.

Simak tipsnya di artikel berikut ini untuk tetap produktif dalam membuat artikel.
Baca: 4 Tips menjadi penulis artikel yang produktif , 5 langkah mengelola waktu untuk blogger

2. Menghindari kebiasaan-kebiasaan yang mengganggu selama proses menulis artikel

Seringkali kita tidak menyadari aktivitas yang sebenarnya mengganggu proses pembuatan artikel. Hal ini tentu saja dapat menurunkan produktifitas dan memperlambat jadwal terbit artikel.

Kebiasan yang kurang baik dan sering berulang dapat menghilangkan fokus kita saat membuat artikel.

Dengan mengetahui kebiasan-kebiasaan yang mengganggu dan menghindarinya, Anda dapat terus konsisten dalam menerbitkan artikel yang berkualitas.
Baca: Hindari 4 kebiasaan buruk ini saat membuat artikel blog

3. Buat jadwal dan jalankan aktivitas sesuai dengan rencana

Perencanaan dan jadwal yang teratur akan memaksimalkan proses pembuatan artikel berkualitas yang Anda lakukan sekaligus juga  akan membantu kita untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang penulisan artikel tersebut.

Mengetahui cara memanajemen waktu dan jadwal aktivitas harian, maka fokus terhadap pembuatan artikel bisa kita dapatkan.
Baca: Manajemen waktu ngeblog? ini tipsnya !

4. Evaluasi artikel-artikel yang sudah terbit.

Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari artikel yang sudah Anda buat dan terbitkan, baik yang mengikuti pola teratur ataupun artikel yang dibuat secara random (mengikuti mood saat menulis artkel) maka sangatlah diperlukan untuk selalu mengevaluasi kinerja artikel tersebut.

Evaluasi pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan , namun aktivitas ini sering kali dilewatkan, sehingga banyak yang tidak menyadari sejauh mana performa artikel yang telah terbit dan akhirnya membuat kita kembali pada pola dan pattern yang lama dalam membuat sebuah artikel.


Cara membuat konten artikel yang berkualitas


Konten artikel yang berkualitas, tidaklah didapat dalam waktu sekejap saja. Anda memerlukan ketekunan, keuletan serta motivasi yang tinggi untuk terus belajar dan memperbaiki kesalahan-kesalahan pada artikel sebelumnya.

Minimal Anda perlu memiliki sistem dan cara-cara baku yang sesuai dengan style dan gaya menulis Anda, sehingga Anda dapat mengetahui perkembangan setiap proses penulisan artikel yang sudah terjadi, apakah menjadi lebih baik atau malah menurun ?

Berikut adalah cara yang sering saya gunakan ketika memulai untuk membuat konten artikel. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam membuat konten artikel berkualitas.

1. Memahami tahap-tahap dan proses pembuatan artikel

Memahami tahap demi tahap dalam membuat artikel akan membantu kita untuk selalu memiliki alur cerita yang mengalir dan terstruktur.

Seperti halnya seorang anak yang sedang belajar merakit mainan seperti lego menjadi bentuk apapun yang ia sukai, semakin sering ia memahami tahapan dalam merangkai mainan tersebut, maka ia akan semakin pandai membentuk berbagai macam kreasi dari mainan tersebut.

Untuk pembahasan lebih lanjut tentang tahap-tahap membuat artikel, bisa Anda baca pada artikel saya di posting ini.
Baca: Tahapan menulis artikel yang baik dan menarik

2. Selalu memiliki ide-ide baru dalam pembuatan artikel

Sebelum membuat artikel, tentu kita membutuhkan ide pokok yang akan kita jadikan topik informasi dalam artikel tersebut.

Ide merupakan langkah pertama ketika kita memulai untuk membuat artikel. Seiring dengan pengembangan ide itu sendiri, maka pemikiran kita akan semakin meluas untuk mencakup materi penulisan artikel yang sedang kita buat.

Ide-ide yang sudah terkumpul dapat membantu kita untuk membuat artikel tersebut lebih berisi dan menarik.

Terlebih jika kita dapat menemukan ide-ide terbaru yang berbeda dan lebih menarik dari konten artikel yang sudah ada, maka secara langsung akan berdampak kepada tingkat kepopuleran blog yang kita kelola.

Bagaimana cara untuk memiliki ide-ide yang tidak terbatas sebelum membuat artikel ? Simak lebih lanjut di artikel ini
Baca: Cara mudah menjaga ide menulis tetap tersedia

3. Mempersiapkan kerangka artikel dan sumber informasi pendukung

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita membiasakan diri untuk selalu membuat kerangka artikel terlebih dahulu sebelum kita menulis artikel secara detail dan lengkap.

Kerangka artikel akan menjadi sebuah petunjuk jalan ketika kita menulis sebuah artikel. Ia akan memandu kita kemana arah penulisan tersebut harus dilanjutkan.

Dengan adanya kerangka artikel, Anda akan lebih mudah untuk membuat alur cerita menjadi mengalir, terarah dan terstruktur, sehingga meminimalisir terjadinya pengulangan makna dalam artikel, simak cara mudahnya pada artikel ini.
Baca: Cara mudah membuat kerangka artikel dalam 10 menit

4. Membuat Judul dan kalimat pembuka artikel yang menarik

Selain ide ide segar serta kerangka artikel yang Anda butuhkan dalam proses menulis artikel berkualitas, judul yang menarik juga perlu menjadi perhatian setelah Anda mengetahui apa topik pembahasan dalam artikel tersebut.

Judul menarik akan menjadi sebuah daya tarik yang dapat menambah keingintahuan orang terhadap isi artikel yang kita buat.

Semakin menarik judul artikel yang kita buat,  maka kemampuan untuk mendongkrak trafik pembaca melalui judul artikel tersebut semakin bisa diwujudkan.

Pun tak kalah pentingnya setelah judul yang menarik, kita juga perlu untuk memperhatikan kalimat pembuka dalam artikel yang kita buat.

Alinea pertama dalam paragraf pembuka bisa menjadi penentu apakah artikel tersebut dapat membuat pembaca melanjutkan membaca artikel tersebut atau ia akan beralih ke artikel yang lain.
Baca: Cara membuat Judul postingan yang menarik5 Cara membuat kalimat pembuka yang disukai pembaca

5. Memastikan kembali kelengkapan dalam artikel sebelum diterbitkan

Memeriksa dan mengecek kembali isi dan struktur dari keseluruhan artikel yang sedang Anda buat, akan memberikan kepastian apakah artikel ini sudah siap untuk diterbitkan atau belum.

Artikel yang dibuat dengan tergesa-gesa, sering memiliki banyak kelemahan yang dapat menurunkan kredibilitas penulisan yang Anda lakukan pada artikel tersebut.

Ejaan yang salah, kesalahan pengetikan, serta makna yang salah dalam kalimat, adalah salah satu dari sekian banyak kekurangan apabila artikel tersebut terlalu tergesa-gesa untuk Anda terbitkan.

Artikel berikut akan memberikan penjelasan kepada Anda apa langkah penting yang perlu dilakukan sebelum menerbitkan artikel di blog.
Baca : 8 langkah penting sebelum publish artikel di blog

6. Memperhatikan struktur judul dan navigasi dalam artikel

Artikel yang berkualitas biasanya memiliki struktur baku jika di lihat dari bentuk dan susunan judul artikel. Artikel tersebut tersusun secara berurutan baik itu judul per judul maupun sub judul yang di sajikan dalam artikel tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa orang-orang yang membaca artikel di blog dengan orang yang membaca buku, tidaklah sama. Orang yang membaca artikel di blog lebih cenderung melakukan scanning untuk menemukan kata-kata yang ingin mereka baca.

Struktur judul dan navigasi konten artikel yang baik dapat membantu konten artikel anda lebih mudah ditangkap mata pembaca yang melakukan scanning terhadap konten artikel.

Penggunaan struktur dan navigasi konten dapat membantu penyajian pesan yang Anda tuangkan dalam konten artikel tersebut, sehingga lebih pembaca dapat lebih mudah untuk memahami isi artikel Anda.

Jika anda adalah penulis artikel blog, anda dapat memanfaatkan fasilitas heading tag dalam membuat artikel, dimulai dari heading tag <h1> sebagai judul , lalu <h2> sebagai sub judul, <h3> sebagai sub-sub judul dan seterusnya.


Ringkasan


Membuat dan mengelola sebuah artikel pada sebuah blog adalah hal biasa yang bisa kita lakukan, namun untuk mengelola artikel sekaligus meningkatkan kemampuan kita dalam menulis artikel blog menjadi lebih baik tentu dibutuhkan latihan terus menerus.

Memulainya dengan langkah-langkah kecil dan membiasakan untuk mengulangi langkah-langkah tersebut tentu dapat membawa kita pada level penulisan yang akan selalu lebih baik dan lebih baik lagi.

Demikianlah informasi  pentingnya memiliki artikel berkualitas diblog sebagai indikator meningkatnya level menulis yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan buat Anda yang ingin mengembangkan diri sebagai penulis artikel di blog

4 comments:

  1. Mantap mas.. serap dulu ilmunya..

    ReplyDelete
  2. Lebih dari sekedar puas dalam membaca...
    Tapi saya juga tertarik sama gambar yang di pasang, boleh minta triknya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan sudah pernah saya bahas untuk buat gambar seperti diatas, ada di link ini www.mengelolablog.com/2016/06/tools-mengelola-konten-blog-dengan-mudah.html,
      simplenya sih untuk gerakannya pakai Ms.power point yang dicapture pakai licecap

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.