Pentingnya proses mengedit artikel posting blog - Mengelola Blog

Pentingnya proses mengedit artikel posting blog

Salah satu proses pembuatan artikel yang sering dilewatkan atau bahkan hanya dilirik sebentar adalah proses editing. Editing merupakan keterampilan penting yang harus menjadi bagian bagi setiap blogger sebelum menerbitkan artikel.

Keterampilan mengedit ini tentu memerlukan latihan dan konsistensi, tujuan utamanya adalah supaya artikel yang diterbitkan bisa dimengerti, dipahami dan memiliki alur cerita yang jelas sehingga pembaca memahami apa makna dan isi dari tulisan tersebut.

Terlalu sering Anda melewatkan proses editing ini, bukan tidak mungkin, tulisan terbaik Anda menjadi sulit untuk dimengerti hanya karena salah penempatan titik dan koma maupun ejaan dalam susunan bahasanya.

Selain itu, kebiasaan ini lambat laun akan menurunkan kredibilitas Anda sebagai penulis artikel yang berkualitas.

Apa sih yang dimaksud dengan editing ?


Editing adalah proses untuk memeriksa ulang hasil tulisan Anda secara menyeluruh kemudian memodifikasi, menambah atau memperbaiki struktur baik bahasa maupun tanda baca dalam artikel tersebut.

Proses ini membutuhkan ketelitian mata, pemahaman bahasa dan alur cerita. Intinya, Anda mencari dan mengkoreksi kesalahan isi dalam artikel, sehingga tata bahasa dan makna pada tulisan yang Anda buat bisa dengan mudah dipahami pembaca.

Pentingnya proses mengedit artikel posting blog


Jadi, bagaimana Anda memulai?


Selalu mempersiapkan artikel sebelum di terbitkan sangatlah membantu. Cobalah untuk menuliskan draft pertama Anda beberapa hari sebelum Anda ingin posting artikel tersebut. Simpan, lalu lanjutkan ke esokan harinya.

Dengan cara ini, Anda akan memiliki sepasang mata yang segar, pikiran yang lebih fresh dan jauh dari kejenuhan terhadap tulisan disaat Anda kembali membuat dan memeriksa tulisan dalam artikel.

Baca kembali artikel Anda dari awal sampai akhir, apakah titik koma dan tanda baca dalam tulisan anda sudah tepat ? Apakah ide dalam tulisan Anda sudah tertuang jelas? Apakah alur cerita yang disampaikan sudah mengalir ? . . . Pastikan selalu alur cerita yang mengalir dan hindarilah melompat dari satu topik ke topik yang lain tanpa hubungan yang jelas.

Berikut adalah daftar singkat untuk membantu Anda dalam proses mengedit tulisan. Pengeditan dasar yang dilakukan harus mencakup beberapa hal sebagai berikut:

Ejaan dan tata bahasa - Ejaan dan tata bahasa adalah langkah awal agar setiap orang yang membaca bisa mengerti dengan apa yang Anda maksud. Meskipun tidak selalu harus mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), pilihlah ejaan umum yang memang sudah dimengerti oleh banyak orang sehingga tulisan Anda mudah untuk dipahami.

Pendahuluan - Berada di paragraf pertama dalam artikel, pastikan bahwa pendahuluan ini dapat merangkum secara singkat apa isi dari keseluruhan artikel. Buatlah isi yang semenarik mungkin untuk memikat hati pembaca Anda melalui paragraf pertama.

Alur cerita - Buatlah tulisan Anda supaya tetap mengalir, berurut secara perlahan dari satu topik ke berikutnya tanpa perlu membuat pembaca Anda bertanya pada diri sendiri, gimana ceritanya ini ?

Judul dan Teks - Judul yang tepat dan sesuai isi artikel akan memudahkan pembaca untuk memahami secara singkat apa isi artikel tersebut. Susunan dan penggunaan sub judul dalam artikel juga dapat berpengaruh pada kemudahan pembaca dalam menavigasi proses berfikir Anda yang sudah Anda tuangkan dalam tulisan.


Kesimpulan
Seperti yang sudah Anda lihat, proses editing bukan hanya sekedar memeriksa ejaan dan tata bahasa dari kesalahan kesalahan sepele, namun untuk memastikan bahwa tulisan dalam artikel anda bisa diterima oleh pembaca.

Sebuah posting blog yang penuh dengan kesalahan mencolok tidak hanya sulit untuk dibaca, tetapi juga sangat tidak menyenangkan. Tentunya akan banyak pembaca yang menjadi ragu-ragu untuk mengikuti saran Anda sehingga sangat mungkin untuk mereka tidak berkunjung kembali ke blog Anda.

Demikianlah artikel tentang Pentingnya proses mengedit artikel posting blog ini saya informasikan, semoga bermanfaat

1 comment:

  1. Alur cerita enak dibaca dan mengena mas, saya belajar dari postingan ini, terimakasih

    ReplyDelete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.