Title Tag dengan Heading Tag, Penting yang mana ? - Mengelola Blog

Title Tag dengan Heading Tag, Penting yang mana ?

Mengelolablog.com - Mungkin Anda sering membaca tentang bagaimana meningkatkan kualitas SEO on page dalam sebuah blog. Didalam panduan - panduan yang banyak beredar di internet tersebut, satu dari sekian banyak hal tentang SEO on page adalah perbaikan struktur judul pada template.

Mengapa struktur judul dalam template begitu penting  sehingga banyak dianjurkan sebagai salah satu unsur pendukung SEO on page?

Coba Anda perhatikan pada hasil SERPs,  ketika Anda menggunakan search engine untuk mencari konten yang sesuai dengan keinginan Anda. Apa yang bisa Anda perhatikan ?

Ya, Anda akan menemukan judul berwarna biru berada pada posisi teratas pada struktur hasil SERPs. kemudian diikuti link berwarna hijau dan potongan dari snippet. Dari hasil tersebut, bisa kita simpulkan bahwa struktur judul pada sebuah template menjadi faktor penting sebagai salah satu elemen yang perlu di optimasi.

Title tag versus Heading tag

Sebelum lebih jauh Anda melakukan pengaturan tag judul supaya lebih SEO friendly, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu letak dan penggunaan masing - masing tag judul dalam sebuah template.

Posisi judul pada struktur hasil SERPs
Posisi Judul pada struktur hasil SERPs



#1. Letak judul didalam struktur template blog  


Sebelum search engine menampilkan hasil pencarian kedalam SERP, Search engine telah melakukan perayapan (crawling)  dan menyusun data (indexing) dari seluruh halaman web / blog.  Data hasil indexing dan crawling yang dilakukan oleh bot dan spider milik search engine ini, berasal dari data-data yang tersimpan didalam struktur template blog Anda.

Oleh karena Judul merupakan salah satu data hasil crawling dan indexing, serta menjadi salah satu bagian yang yang tampil didalam hasil SERP, maka faktor judul dalam struktur sebuah template blog menjadi salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi hasil dan peringkat halaman blog pada SERP.

Didalam sebuah struktur HTML template blog blogspot yang saya ketahui saat ini, ada 2 tempat dimana kita bisa menemui letak tag judul tersebut,  yaitu :

1. Judul dibagian tag <head>, dengan nama kode Title Tag

Tag <head> merupakan bagian dalam struktur template blog yang menunjukkan bagian kepala dalam dokumen HTML. 

Isi yang terkandung dalam tag <head>  tidak akan tampil didalam halaman browser, namun data dalam tag<head>   tetap dijadikan acuan oleh search engine disaat mereka melakukan indexing (normalnya di isi dengan data meta tag dan informasi lainnya terkait dengan halaman tersebut).

Adapun isi tag <head> yang bisa Anda lihat melalui browser adalah alamat URL  dan Title tag. Khusus untuk judul didalam struktur tag <head>, format judul ditentukan dalam kode Title tag,  ditandai dengan kode tag <title> dan diakhiri dengan </title>.

judul dalam tag head template blog
Judul dalam tag head template blog

Cara termudah untuk mengetahui apa isi Title tag <Title> dalam sebuah halaman , Anda cukup memperhatikan tab pada bowser yang sedang Anda gunakan, arahkan mouse kedalam tab tersebut. Disitu Anda akan menemukan judul halaman dokumen html yang sedang Anda buka.  Sebagai contoh, lihat pada gambar animasi di bawah berikut.

Tampilan Title tag pada browser
Tampilan Title tag pada browser

2. Judul dibagian tag<body>, dengan nama kode Heading Tag h1 - h6

Tag<body> merupakan struktur template blog yang menunjukkan bagian badan (body) dalam dokumen HTML.

Isi yang terkandung didalam Tag<body> ini akan ditampilkan didalam halaman browser ketika pengunjung membuka halaman tersebut (contohnya adalah halaman artikel yang sedang kamu baca ini).

Posisi judul didalam tag<body>  dikenal dengan sebutan Heading Tag, ditandai dengan <hn> dimana n ini memiliki tingkatan tersendiri, dimulai dari tingkatan paling utama yaitu tag <h1> dan diakhiri pada tingkatan terendah yaitu tag<h6>.

Bentuk dan susunan Heading tag

Heading tag <h1> sampai dengan tag<h6> pada body dalam struktur template blog Anda akan berfungsi sebagai isyarat visual bagi pengguna maupun isyarat isi data bagi search engine. Selain itu Tag heading ini juga berfungsi sebagai panduan navigasi konten bagi pembaca.

Tag ini dianggap penting secara visual bagi pengguna karena, setiap teks yang menggunakan tag h1 sampai tag h6 ini memiliki ukuran yang berbeda,  dimana tag<h1> sebagai judul akan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan tag<h2> dan seterusnya.

Contoh penggunaan tag h1 pada judul
Contoh penggunaan tag h1 pada judul




#2. Perbedaan Title tag dengan Heading tag


1. Title Tag

Untuk penggunaan, isi dari Title tag ini lebih banyak digunakan untuk keperluan indexing search engine, dimana pengunjung tidak akan melihat Title tag didalam halaman web / blog kecuali pengunjung meletakkan mouse pada tab browser. Lebih jauhnya, berikut adalah beberapa sifat Title tag :
  1. Digunakan pada judul pada tab browser
  2. Penunjuk halaman Buku, familiar dengan nama Bookmark
  3. Digunakan sebagai data indeks Search Engine.
  4. Ditampilkan pada halaman hasil mesin telusur (SERPs).

2. Heading Tag

Sedangkan untuk heading tag lebih dominan digunakan untuk keperluan pengunjung. Artinya, isi dari Heading tag ini akan tampil secara visual dan dapat dilihat oleh pengunjung. Heading tag dapat di modifikasi tampilannya dengan memanfaatkan kode CSS untuk heading h1 - h6.
Berikut adalah beberapa sifat pada Heading tag :
  1. Membedakan Judul dengan sub judul
  2. Navigasi konten dalam artikel
  3. Tidak tampil sebagai hasil SERPs



#3. Kesimpulan


Sejauh ini, Anda sudah membaca posisi dan perbedaan Title tag dan Heading tag. Title tag akan mendeskripsikan judul pada dokumen html secara keseluruhan, sedangkan Heading tag akan mendeskripsikan judul dan sub judul hanya didalam body html tersebut.

Pada dasarnya, kedua tag judul yaitu Title tag dan Heading tag merupakan elemen yang sama pentingnya didalam sebuah dokumen html.

Namun, jika di kaitkan dengan Optimasi SEO on page, maka judul pada dokumen html secara keseluruhan, Title tag memegang peranan lebih penting jika dibandingkan dengan Heading tag untuk bisa bersaing didalam SERPs.

Hal ini sejalan dengan informasi yang saya baca di panduan pengoptimalan mesin telusur yang diterbitkan oleh Google. Mereka menyarankan untuk menggunakan Title tag secara tepat, deskriptif, dan sesuai dengan isi konten pada dokumen html tersebut.

Sebagai informasi tambahan, untuk  Anda yang menggunakan blog Blogspot, struktur judul pada template default bawaan blogger kurang maksimal untuk SEO on pagenya, khususnya pengaturan title tag dan heading tag.

Jika demikian, sebaiknya Anda segera melakukan perbaikan pada struktur judul pada template blog. Meskipun Anda sudah menggunakan template blog SEO friendly, ada baiknya Anda kembali melakukan pengecekan terhadap susunan dan struktur judul agar tetap bisa bersaing di SERPs.

Demikianlah artikel tentang  Title Tag dengan Heading Tag,  Penting yang mana ? ini saya informasikan. semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Kalau saya gunain dua-duanya mas. Title tag bisa berguna untuk menarik visitor ngeklik. Dan tag h1 merupakan bagian dari isi artikel yang dibahas.
    Kebanyakan blog WP yg saya temuin di SEarPs menggunakan title tag dan h1 untuk judul artikel dan masukin keyword. Kalau untuk blogger title tag judul sedangkan h1 judul blog. Ini dari template default, untuk niru WP agak ribet utak atiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Memang umumnya dipakai dua-duanya. Saya pun demikian.

      Memang untuk blogspot ribet utak atiknya beda dengan WP, hasilnya pun kalau ngga ok bisa ilang sitelink yg udah didapet sebelumnya, kayak sekarang ini blog saya ilang sitelinknya 😁

      Delete