Mengelola konten blog ? pertimbangkan 5 tools mudah ini ! - Mengelola Blog

Mengelola konten blog ? pertimbangkan 5 tools mudah ini !

Meskipun hanya sebuah blog dan mungkin masih bersifat personal, namun ada banyak hal yang bisa digali dan dikorek lebih dalam agar bisa bermanfaat bagi diri Anda secara pribadi maupun orang lain yang membaca tulisan-tulisan Anda dalam posting blog.

Menjadi seorang blogger menurut saya pribadi bisa di ibaratkan sebagai seorang jurnalis, publisher, editor maupun kreator.

Ketika Anda memutuskan untuk mengelola sebuah blog, berarti Anda belajar untuk mengelola media publikasi online secara nyata dan bukan hanya sekedar teori.

Blog bisa menjadi karya nyata Anda di dunia maya, karya yang bisa menginterpretasikan segala kemampuan Anda untuk menciptakan berbagai ciptaan yang berkaitan dengan Blog dan publikasi online contohnya ebook, video, artikel, editing dan pengolahan gambar serta berbagai hal lainnya.

Berkaitan dengan isi dan konten blog, maka pada artikel kali ini, saya akan menginformasikan beberapa tools offline yang sering saya gunakan untuk membantu saya dalam pengelolaan konten blog, berikut daftar tools yang sering saya gunakan untuk membantu pengelolaan konten di blog mengelolablog ini :

Software dan Blogging tools untuk mengelola konten blog
Blogging tools Mengelolablog


1. Wordpad untuk editing teks


Untuk urusan teks editor, wordpad menjadi pilihan utama saya. Selain mudah penggunaannya, wordpad memiliki kelengkapan fungsi yang bisa mendekati Microsoft Office Word.

Perbedaan besar yang membuat saya lebih memilih menggunakan wordpad dari pada MS Office word adalah. . . . . . , pada wordpad, teks yang di copy pastekan kedalam halaman editor posting blog tidak membawa format tulisan lainnya dari Ms Word kedalam editor tersebut, baik pada mode compose maupun pada mode html sehingga lebih mempermudah dan mempercepat pengerjaannya.

Akan lain halnya jika artikel dibuat dengan menggunakan Ms Word, lalu tulisan di copy dan dipastekan  dari Ms Word kedalam editor postingan (pada mode compose), maka format tulisan lainnya dari Ms Word dapat tercopy kedalam editor posting blog. Kondisi seperti ini dapat menyulitkan pengeditan teks dalam artikel Blog Anda.

Berikut contoh gambar yang bisa saya tampilkan ketika melakukan copy dan paste teks dari Ms word kedalam editor posting blog mode compose.

Copy Paste dari Ms word ke editor posting blog
Copy Paste teks dari Ms Word ke editor posting blog


Selain wordpad, Anda juga bisa menggunakan Notepad, namun teks editing pada notepad tidak sebanyak yang ada di wordpad, contohnya; jika kita menggunakan wordpad, kita bisa menggunakan fungsi replace / replace all untuk mengganti salah satu kata yang ingin kita ganti.

Jika Anda terbiasa menggunakan Ms word untuk menyimpan draft Artikel blog, maka untuk meng copy paste teks dari Ms word kedalam editor posting blog maka sebaiknya dilakukan pada mode HTML. Pada mode HTML ini format tulisan yang ada di MS word tidak ikut terbawa kedalam draft artikel di editor postingan blog Anda.


2. Ms Excel dan Snipping tool untuk membuat gambar tutorial


Kedua tools ini ( Ms Excel dan Snipping tool ) kerap saya gunakan untuk membuat gambar-gambar diam di blog mengelolablog ini.

Untuk Microsoft Office Excel (Ms Excel) saya rasa sebagian besar dari Anda sudah mengenalnya. Program ini sering kali digunakan untuk mengolah data dan tabel. Namun buat saya, program ini juga bisa digunakan untuk membantu kita dalam membuat dan menyusun gambar-gambar tutorial yang akan di posting ke blog.

Terkadang kita ingin memasukkan unsur tulisan, tanda panah ataupun simbol-simbol kedalam gambar yang akan digunakan sebagai bahan gambar posting. Jika kita menggunakan pengolah gambar seperti Photoshop ataupun coreldraw memang gambar yang dihasilkan bisa lebih bagus dan sempurna lagi, namun penggunaannya cukup sulit ( apalagi bagi yang belum terbiasa menggunakannnya ).

Mengelola gambar melalui MS excel
Mengolah gambar melalui  Ms Excel

Dengan menggunakan Ms Excel, proses penyusunan dan penambahan teks dalam gambar bisa menjadi lebih mudah dan cepat, namun disini kita memerlukan satu tools lagi untuk mengcapture gambar yang sudah kita susun dalam Ms excel. Tools tersebut bernama Snipping tool (gambar gunting dengan lingkaran merah diatasnya).

Tools ini sudah tersedia pada Operating System yang menggunakan Windows 7. Untuk menemukan letak snipping tool ini, silahkan Anda klik Start ( gambar windows bulat disudut kiri bawah layar komputer Anda ) >> all program >> Accessories >> Snipping tool.

Program Snipping Tool ini akan menghasilkan gambar dengan format PNG saat di save. Sedangkan untuk penggunaannya bisa Anda perhatikan pada gambar sebelumnya, yaitu buka program Snipping Tool >>  Klik New >> Block area gambar yang akan digunakan >> Save.


3. Ms Powerpoint dan Licecap untuk membuat gambar animasi


Ya, gambar animasi tentu dibutuhkan untuk mempermudah tutorial yang disampaikan (contohnya 2 gambar di atas dalam artikel ini ) ataupun untuk sekedar menghibur pengunjung blog dengan gambar-gambar bergerak.

Untuk Ms Powerpoint selain bisa digunakan untuk membantu Anda membuat presentasi, software ini juga bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk membuat gambar Animasi sebagai bahan gambar artikel blog Anda.

Ms Powerpoint memiliki kemampuan untuk menciptakan tulisan dan bentuk yang bisa dibuat menjadi Animasi (namun fitur ini tidak selengkap dengan software pembuat animasi sungguhan). Untuk proses perekaman animasi , Anda juga membutuhkan tools lainnya yaitu LICEcap.

Tools LICEcap ini adalah tools gratisan (open source). LICEcap adalah software yang fungsinya mirip dengan Video screen capture, namun hasil yang disimpan akan berbentuk gambar format gif.

Artinya, LICEcap hanya berfungsi untuk menangkap gerakan pada layar komputer Anda kemudian mengolahnya menjadi gambar animasi format GIF. LICEcap dapat dapat Anda unduh secara gratis di website resminya, silahkan kunjungi www.cockos.com/licecap untuk mengunduhnya.

Contoh Gambar animasi yang dibuat melalui powerpoint

Contoh gambar yang dibuat dengan licecap dan ms powerpoint
Contoh gambar animasi yang dibuat dari Ms Powerpoint

Proses pembuatan gambar Animasi melalui powerpoint ini cukuplah mudah, Anda tinggal menyusun tulisan ataupun gambarnya, kemudian masuk ke mode Animasi dan play untuk preview. Jika sudah dirasa cocok, maka Anda tinggal mengunakan LICEcap untuk merekam gambar animasi tersebut. Karena kemudahannya tersebut, Ms powerpoint ini menjadi salah satu tools favorit saya untuk membuat gambar animasi blog.



Ringkasan

Dalam mengelola konten blog, tentu dibutuhkan tools yang dapat membuat isi blog Anda menjadi lebih  menarik dan bernilai bagi orang yang mengunjungi blog Anda.

Untuk menciptakan konten dengan kualitas lebih baik, biasanya digunakan tools yang memadai, namun adakalanya artikel dan konten yang akan dibuat sudah mepet dengan deadline waktu terbit, sehingga sering dibutuhkan kecepatan waktu untuk mengolah konten gambar dan tulisan di artikel tersebut.

Dari sekian banyaknya tools yang tersedia, tools - tools diatas hanyalah tools standar yang memang biasa saya gunakan untuk mengelola konten di blog ini, selain karena mudah dan cepat, kualitas yang bisa dihasilkan juga masih masuk kualitas baik untuk kategori posting blog.

Selain tool yang sudah saya sampaikan,  tentu saja Anda bisa menggunakan tools lainnya yang lebih cocok dan sesuai kebiasaan Anda masing-masing dalam mengelola konten blog sehingga memiliki variasi konten dalam setiap postingnya dan tetap menarik untuk dikunjungi.

Demikianlah Artikel tentang tools yang bisa Anda gunakan untuk mengelola konten blog saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

2 comments:

  1. Super sekali guru, tapi untuk pemula kan kebanyakan android, ada gak tools mewah seperti di atas untuk android
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau android saya pernah coba cuma memang banyak keterbatasannya mas.
      Umumnya yg saya rasakan sih kurang simple cara pakainya,

      Paling yg sering saya pakai macam google keep aja mas, lainnya jarang

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.