Cara membuat artikel blog yang berguna dalam 11 langkah mudah - Mengelola Blog

Cara membuat artikel blog yang berguna dalam 11 langkah mudah

Menulis dan membuat artikel di blog sebenarnya mudah saja, Anda tinggal menuangkan apa yang Anda pikirkan kedalam bentuk tulisan, lalu mempostingnya di Blog.

Untuk blog tipe personal yang berisi curhatan pribadi ataupun sekedar tulis menulis di blog, hal ini mungkin bukanlah suatu hal penting.

Namun, bagi Anda yang mencoba untuk mengelola blog menjadi lebih profesional dan lebih baik lagi, maka Anda perlu memperhatikan detail setiap proses pembuatan artikel dan mempraktekkannya secara langsung.

Dengan melakukannya secara rutin di setiap Anda akan membuat artikel diblog, maka secara sadar atau tidak, lambat laun Anda akan memiliki pola yang teratur dan terarah.

Dengan begitu artikel - artikel yang Anda ciptakan bisa menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu dan membuka jalan bagi Anda untuk menjadi penulis yang handal. Lantas bagaimana caranya supaya kita tetap bisa menghasilkan artikel yang berguna ?

membuat artikel blog yang berguna dalam 11 langkah mudah


1. Tentukan tujuan pembuatan artikel


Kunci utama untuk membuat artikel blog yang berguna adalah menentukan tujuan dari pembuatan artikel tersebut. Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apa yang ingin Anda harapkan dari artikel yang Anda buat setelah pengunjung membaca artikel Anda.

Apakah Anda ingin pembaca mendapatkan solusi dari permasalahan yang diangkat dalam artikel ? atau hanya sekedar memberikan tips dan informasi yang bisa dimengerti oleh pembaca blog Anda ?

Dengan menentukan tujuan untuk apa artikel itu dibuat, selain dapat memberikan manfaat untuk pembaca blog Anda, langkah tersebut juga bisa membantu Anda untuk tetap fokus dalam menentukan urutan dan alur cerita artikel Anda.


2. Fokus pada topik artikel yang diangkat


Dalam membuat artikel blog, sering kali kita ingin menambahkan beberapa data ataupun sumber-sumber yang mungkin dirasa relevan untuk di masukkan kedalamnya.

Namun, seringkali hal tersebut semakin membuat lebar jangkauan artikel, sehingga alur cerita menjadi bias dan bahkan melompat dari satu topik ke topik yang lain, hingga pada akhirnya membuat pembaca menjadi bingung tentang apa inti permasalahan yang diangkat dalam artikel tersebut.

Baca juga : 3 Tips Mengolah Kata Lebih Baik 

Untuk membantu artikel tetap fokus pada topik yang dibicarakan, Anda bisa memulainya dengan metode pertanyaan simple yang sering kali dilontarkan seorang anak - anak, yaitu " Mengapa ?" Kemudian lanjutkanlah dengan menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban "Karena . . . "

Sebagai contoh, misalkan kita ingin mengangkat sebuah topik artikel tentang "Penyebab blog sulit terindeks di Search Engine", maka Anda bisa memulainya dengan :

1.  Tanya : Mengapa Blog sulit terindeks di Search engine ?
     Jawab: Karena Blognya baru, salah pengaturan, belum terdaftar di Search engine

2.  Tanya: Mengapa Blog Baru sulit terindeks?
     Jawab: Karena artikel sedikit dan belum didaftarkan di Search console (webmaster)

3.  Tanya: Mengapa belum terdaftar dan bagaimana mendaftarkannya ?
     Jawab: Karena belum mengetahui cara mendaftarkannya dan bla.. bla...bla. . blaa

Saya rasa Anda bisa mengembangkan lebih jauh bagaimana ide diatas bisa menjadi sebuah kerangka artikel yang terstruktur.

Dengan cara tersebut, setidaknya Anda sudah memiliki beberapa pokok pikiran yang relevan dengan topik artikel yang akan diangkat sekaligus menjadikannya fokus terhadap permasalahan dari topik yang akan di tuliskan sebagai posting blog Anda.


3. Gali data pendukung dan bandingkan dengan contoh yang ada.


Untuk memperkuat isi artikel diperlukan data data pendukung dan contoh yang bisa mewakilkan apa yang ingin Anda sampaikan. Carilah sumber-sumber data yang relevan serta gunakanlah contoh untuk mempermudah pembaca dalam memahami apa yang ingin Anda sampaikan.

Contohnya seperti gambar tutorial yang memperlihatkan langkah yang harus dilakukan, ataupun memberikan link tautan keluar sebagai sumber informasi yang bisa dipercaya seperti wikipedia dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan sumber data dari luar, pastikan sumber data tersebut memiliki kredibilitas yang baik atau jika Anda memiliki pengalaman yang relevan, Anda bisa menggunakan pengalaman Anda sebagai contoh untuk mendukung artikel tersebut.


4. Atur dan tentukan format Artikel


Artikel tentang cara membuat pastinya akan berbeda dengan artikel tentang definisi dan keterangan. Sebagai contoh, artikel tentang cara membuat blog menjadi seo friendly tentu akan memiliki format yang berbeda dengan artikel tentang ciri - ciri blog yang  seo friendly.

Artikel tentang cara membuat umumnya terdiri dari langkah-langkah yang harus dilakukan sedangkan artikel tentang definisi umumnya hanya berisi gambaran umum dan penjelasan dari materi yang disampaikan.

Oleh karena itu, pengaturan dan penentuan terhadap format artikel yang akan digunakan terkait dengan topik yang akan dibahas perlu untuk dilakukan agar pembaca lebih mudah dalam memahami dan mengambil kesimpulan dari apa yang Anda sampaikan dalam artikel tersebut.


5. Tulislah artikel untuk mereka yang belum paham


Pemahaman seseorang terhadap materi yang kita berikan dalam sebuah artikel cenderung berbeda-beda satu sama lainnya, ada yang paham, sebagian paham atau belum paham sama sekali.

Cobalah Anda membayangkan orang - orang yang belum paham dan membutuhkan informasi dalam artikel Anda. Kemudian bayangkan kembali apa yang akan Anda rasakan ketika orang - orang tersebut merasa terbantu dan menjadi lebih paham setelah mereka membaca artikel Anda. Akan terasa menyenangan bukan ?

Langkah selanjutnya, susun materi artikel tersebut, buatlah secara khusus untuk orang orang yang memang belum paham terhadap materi artikel yang Anda sampaikan. Dengan cara seperti itu, setidaknya Anda akan berusaha untuk memberikan informasi kedalam artikel yang semakin akurat, detail dan terperinci sehingga bisa menjadikannya artikel yang berguna dan bermanfaat.


6. Buatlah draft awal artikel tersebut


Setelah tujuan, fokus materi, data pendukung, format artikel serta untuk siapa artikel tersebut di tujukan, langkah selanjutnya adalah membuat draft awal artikel. Satukan semua materi dan cara penyampaian yang akan Anda gunakan kemudian mulailah untuk membuat draft artikel secara lepas.

Disini Anda bebas untuk mengganti kata, memindah, menambah dan menyusun kembali kalimat ataupun frasa yang dibutuhkan.

Pembuatan draft awal ini bertujuan untuk menyatukan pecahan-pecahan materi artikel sekaligus digunakan sebagai langkah awal penulisan artikel sehingga Anda bisa menemukan cara terbaik untuk menyusun dan memulai artikel tersebut.


7. Tinggalkan sejenak draft awal artikel Anda


Berikan sedikit waktu luang untuk menyegarkan pikiran kembali setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas. Hal ini bertujuan agar kita tidak merasa jenuh dengan apa yang sedang kita kerjakan, sekaligus memberikan waktu kita untuk mendapatkan ide-ide segar yang bisa kita tambahkan untuk memperkaya materi artikel tersebut.


8. Kerjakan kembali, dan sempurnakan draft menjadi artikel lengkap


Setelah Anda meluangkan waktu yang cukup, kembalilah mengerjakan artikel tersebut, sempurnakan draft yang sudah dibuat sebelumnya. Susunlah kata dan frasa sehingga menjadi artikel yang sempurna yang sangat diinginkan oleh pembaca sehingga mereka tertarik untuk membaca seluruh isi artikel Anda.

Baca juga : Cara membuat artikel


9. Sematkan Judul artikel terbaik


Judul artikel terbaik adalah judul artikel yang bisa menarik orang lain untuk membaca sekaligus SEO friendly. Untuk mendapatkan kedua hal tersebut sekaligus, memang tidak mudah, disatu sisi kita ingin memberikan nilai emosi kedalam judul supaya memikat pembaca, namun disatu sisi lagi kita perlu menentukan judul SEO friendly yang membutuhkan beberapa aturan tertentu agar judul artikel kita bisa bersaing di mesin pencari. Jadi, berikanlah waktu yang cukup untuk membuat judul terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga : Cara membuat judul postingan SEO friendly


10. Koreksi dan edit


Setelah Anda memberikan judul terbaik untuk artikel tersebut, langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan kembali. Langkah koreksi dan editing ini merupakan langkah yang cukup penting dilakukan untuk mendapatkan kualitas artikel yang lebih baik. Baik dari segi tata bahasa, tanda baca, ataupun gaya penyampaian yang Anda tulis dalam artikel tersebut.

Baca juga : Pentingnya Mengedit Artikel Posting Blog

11. Baca kembali


Langkah terakhir sebelum Anda menerbitkan artikel tersebut adalah baca kembali artikel yang sudah Anda buat. Langkah ini merupakan koreksi terakhir agar artikel yang Anda buat tadi benar-benar bisa dimengerti oleh pembaca.

Setelah semua beres dan Anda merasa yakin untuk segera menerbitkannya, publishlah artikel tersebut. Namun ada baiknya jika Anda luangkan waktu sebentar untuk membaca 8 langkah penting sebelum publish artikel Anda sehingga tujuan Anda membuat artikel yang berguna bisa benar-benar maksimal, baik dari sisi seo maupun isi materi yang disampaikan.


Kesimpulan

Membuat artikel blog yang berguna bagi pembaca memang membutuhkan proses yang tidak mudah saat Anda baru memulainya. Seperti yang sudah saya paparkan diatas, langkah - langkah tersebut jika dilakukan terus menerus setiap Anda membuat artikel, setidaknya dapat membantu Anda membentuk kebiasaan yang baik, sehingga diharapkan Anda semakin mahir untuk membuat setiap artikel blog yang berguna dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Demikianlah artikel tentang Cara membuat artikel blog yang berguna dalam 10 langkah mudah ini bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment