Kelebihan Blogspot Yang Perlu Anda Ketahui - Mengelola Blog

Kelebihan Blogspot Yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin sebagian Anda sudah tahu bahwa jumlah platform untuk blogging di era sekarang ini sangatlah banyak, sebut saja blog dengan platform bernama Wordpress, Blogspot, Tumblr, Typepad, Blogware, Mywapblog, Wagomu dan lain - lainnya.

Jumlah yang cukup banyak ini tentu dapat membuat Anda bingung saat memilih apa platform blogging yang akan digunakan, terlebih untuk Anda yang baru pertama kali ingin memulai aktivitas ngeblog.

Dari kesemua platform ngeblog yang saat ini beredar, ada dua platform blogging yang sudah sangat terkenal dan seakan tetap merajai dunia blogging sampai sekarang ini. Kedua platform blogging tersebut adalah Blogspot dan Wordpress.

Dengan jumlah penggunanya yang sudah sangat banyak baik untuk Blogspot dan Wordpress, kedua platform blogging ini terus berupaya untuk selalu meningkatkan fitur dan layanan penggunanya.

Tujuan utamanya jelas, yaitu mereka tidak ingin ditinggalkan oleh penggunanya untuk menghindari nasib tragis seperti apa yang pernah terjadi pada Friendster di tanggal 31 Mei 2011 (liputan6.com) .

Dari kedua raksasa platform blogging tersebut, masing - masing tetap memiliki kelebihan dan kekurangan.

Namun, kelebihan dan kekurangan yang ada bagi pengguna (menurut saya pribadi) bergantung dari si pengguna untuk memaksimalkan kemampuan platform blogging tersebut.

Di artikel kali ini, saya akan memberikan informasi seputar kelebihan Blogspot. Sebuah platform blogging yang memang lebih familiar buat saya karena saya mengenal dunia blog melalui Blogspot ini. Yuk simak apa saja kelebihan-kelebihan yang dimiliki Blogspot.

Kelebihan Blogspot


Blogspot disediakan gratis oleh Google


Platform ngeblog yang satu ini merupakan salah satu platform ngeblog gratis yang sangat terkenal dan populer diseluruh dunia yang dimiliki oleh Google.

Cara pendaftarannya yang cukup mudah karena sudah terintegrasi dengan Google Account, memudahkan Anda untuk membuat dan memiliki blog berplatform Blogspot.

Selain itu kelengkapan fitur serta semua fasilitas yang ada di Blogspot, disediakan secara gratis dan cuma-cuma oleh Google untuk mengawali aktivitas blogging Anda.

Anda tidak perlu membayar atau mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan Blogspot sebagai platform ngeblog Anda, kecuali perangkat komputer dan biaya jaringan internetnya.

Baca juga : Cara membuat blog gratis di Blogspot


Blogspot terintegrasi dengan fasilitas Google lainnya


Untuk menunjang dan memaksimalkan aktivitas ngeblog Anda di Blogspot, Google juga mengintegrasikan Blogspot ini ke berbagai layanan web dan aplikasi yang dimilikinya melalui fitur Google Account, kelebihan blogspot ini tidak dimiliki oleh blog lainnya,  berikut adalah beberapa diantaranya :
  1. Integrasi layanan pesan dan email melalui Gmail, Google Hangouts,
  2. Integrasi layanan pengelolaan konten melalui Youtube (konten video), Google docs (konten dokumen dan spredsheets), Google photos (konten gambar / image)
  3. Integrasi layanan untuk promosi melalui Google Search Result Pages, Feedburner, Google+,
  4. Integrasi layanan kinerja dan analisis blog melalui Google Analytics, Search Console, Google tag manager.
  5. Integrasi layanan periklanan melalui Google Adwords, Google Adsense, Double click for publisher.

Satu akun bisa untuk membuat banyak blog


Kelebihan Blogspot berikutnya adalah Anda bisa membuat banyak Blog hanya dengan menggunakan satu akun Google saja.

Jumlah untuk blog Blogspot yang bisa Anda buat dari satu akun Google maksimal 100 blog, namun jumlah ini perlu disesuaikan dengan kemampuan Anda agar blog yang Anda buat bisa berjalan dan terkelola dengan baik.


Panel dashboard Blogspot simple memudahkan Anda untuk mengelola blog


Tampilan ringkas, simple dengan balutan warna putih dan orange yang memang menjadi ciri khas warna untuk Blogspot membuat mata cukup nyaman untuk berada dihalaman panel dashboard Blogspot ini.

Beragam fitur dan navigasi yang disediakan juga cukup lengkap sehingga Anda semakin mudah dalam melakukan pengelolaan blog Blogspot.

Salah satu contohnya adalah penggunaan ikon pada setiap menu utama yang terletak di sebelah kiri layar Anda, hal ini akan semakin mempermudah Anda dalam mengenali apa fungsi dan tujuan dari menu-menu yang disediakan dalam panel dashboard Blogspot tersebut.

Selain itu, bagi Anda yang tidak terlalu fasih menggunakan bahasa Inggris, Blogspot juga menyediakan fitur menu yang bisa Anda setting untuk bahasa Indonesia.


Blogspot bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari blog


Salah satu daya tarik terbesar dari blog berplatform Blogspot ini adalah blog Blogspot Anda bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Jenis termudah yang bisa diaplikasikan untuk menghasilkan uang dari blog adalah melalui program periklanan Google Adsense.

Google Adsense merupakan salah satu program periklanan yang bisa Anda integrasikan dengan blog Blogspot Anda, dimana Google Adsense akan menyediakan iklan-iklan dari para Advertiser (pengiklan) dan memunculkannya di halaman Blog Anda (istilah untuk blogger yang memasang iklan di blognya sering disebut sebagai Publisher).

Ketika iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense di klik oleh pengunjung, maka setiap kliknya akan dihitung oleh Google Adsense, kemudian hasilnya akan di bagi kepada Anda sebagai pemilik Blog yang menampilkan iklan Google Adsense tersebut.

Untuk informasi lebih jauh tentang Google Adsense silahkan Anda kunjungi website Google Adsense 


Blogspot Memiliki fitur yang cukup lengkap


Fitur yang disediakan Blogspot terbilang cukup lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan blogging Anda. Berikut adalah beberapa daftar fitur yang merupakan kelebihan Blogspot yang cukup menarik untuk diaplikasikan pada blog baru Anda.

1. Fitur HTTPS

HTTPS merupakan fitur protokol keamanan pada jaringan dan distribusi data yang melintas di internet. Kelebihan Blogspot yang satu ini juga disediakan secara gratis karena untuk blog dengan platform selain Blogspot (hingga saat ini yang saya ketahui), penggunaan fitur https membutuhkan biaya sewa sertifikat keamanan data tersendiri (SSL).

Namun untuk blog Blogspot, fitur ini disediakan secara gratis dan cuma-cuma khususnya untuk blog yang menggunakan domain dengan akhiran .Blogspot.com


2. Fitur Custom Domain

Fitur yang merupakan salah satu kelebihan Blogspot ini juga sudah disediakan, namun untuk penggunaan nama Domain selain domain dengan akhiran .blogspot.com, tentu Anda harus menyewanya pada jasa penyedia dan penyewaan nama domain.

Fitur custom domain sangat membantu bagi Anda yang ingin mengubah nama domain Blogspot Anda menjadi .com, .net, .id, dll, sehingga nama blog Anda terlihat lebih profesional ( namun sayangnya, jika Anda sudah menggunakan fitur custom domain ini, fitur HTTPS sudah tidak bisa digunakan lagi).

3. Fitur komentar yang terintegrasi dengan komentar G+

Fitur komentar pada G+ bisa Anda gunakan pada blog Blogspot Anda. Hal ini tentu sangat berguna sebagai media promosi untuk menarik pengunjung yang juga menggunakan G+ sebagai layanan media sosialnya.


Hosting dan ruang penyimpanan Blogspot gratis dan handal 


Kelebihan Blogspot berikutnya adalah Anda bisa memaksimalkan penggunaan hosting yang gratis selamanya. Anda tidak perlu dikhawatirkan dengan masalah server down, busy, meskipun pengunjung blog Anda melimpah. Hal ini dikarenakan hosting Blogspot di back up oleh perusahaan terkemuka Google.

Untuk masalah space (penyimpanan data), Anda tidak perlu khawatir. Blogspot menyediakan space yang nyaris tanpa batas dan gratis, sehingga Anda bisa menyimpan dan mengupload seluruh isi konten file serta dokumen blog Anda tanpa terkendala dengan batasan pada ruang penyimpanan data.


Blogspot memiliki keamanan tingkat tinggi.


Selain hosting yang handal, blog Blogspot memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Hampir bisa dikatakan bahwa blog Blogspot adalah blog yang anti retas.

Setiap akun Google dilindungi dengan fitur keamanan yang baik termasuk Blogspot Anda, dimulai dari email cadangan sampai pada penggunaan nomer Handphone pribadi pemiliki akun sebagai back up pengamanan.

Mereka dapat menjamin Anda bahwa setiap situs web host di dalamnya sangat sulit untuk dapat di retas terkecuali jika Anda dengan sengaja atau tidak, membocorkan informasi login Anda.


Desain Blogspot bisa dimodifikasi


Meskipun Blog Blogspot dikenal sebagai blog yang memiliki tampilan biasa-biasa saja, namun Blog Blogspot juga bisa didesain dengan tampilan yang lebih profesional.

Hal ini dikarenakan Blogspot menyediakan keleluasaan terhadap editing template baik untuk Anda yang belum mahir bahasa html (melalui menu customize) atau untuk Anda yang sudah mahir menggunakan bahasa html (melalui menu edit html).

Selain itu Blog Blogspot juga disupport oleh Javacsript, tutorial, panduan-panduan yang melimpah di internet sehingga semakin memudahkan Anda untuk bisa membentuk tampilan yang berbeda dan dinamis.

Baca juga : Tips mendesain template blog yang disukai pengunjung


Kesimpulan

Dengan mengetahui kelebihan dan kehandalan yang dimiliki oleh blog ber- platform Blogspot baik karena fitur yang cukup lengkap dan keandalan layanan lainnya, maka tidak ada salahnya jika Anda yang ingin memulai kegiatan ngeblog, mengawali blog pertama Anda dengan blog ber- platform Blogspot.

Bagi Anda yang ingin memulai ngeblog dengan Blogspot, Anda bisa membacanya pada ebook gratis panduan membuat blog Blogspot yang sudah saya terbitkan sebelumnya.  Demikianlah artikel tentang Kelebihan Blogspot Yang Perlu Anda Ketahui bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment