Warna yang paling disukai pengguna internet - Mengelola Blog

Warna yang paling disukai pengguna internet

Penggunaan warna menjadi salah satu bagian yang sangat ampuh untuk membantu efektifitas dalam menyampaikan pesan tersirat, ekspresi kepribadian, pembatas, penegas konten ataupun sebagai pembeda ruang pada sebuah desain blog.

Warna mampu menciptakan respon dan efek yang berbeda bagi setiap orang yang melihatnya. Efek yang ditimbulkan ini bisa bermacam-macam, ada warna yang jika dilihat bisa memberi ketenangan, ada pula warna yang bisa memberikan efek penekanan pada suatu objek pada sebuah desain blog.

Peggunaan warna yang tepat dan konsisten juga dapat membantu identitas blog Anda menjadi lebih mudah di ingat. Salah satu contoh mudahnya adalah penggunaan warna pada situs Facebook, warna apa yang ada dalam pikiran Anda jika berkaitan dengan Facebook ?

Saya yakin bahwa setiap pengguna internet setuju bahwa Facebook identik dengan warna biru.

Warna biru adalah warna yang memiliki kesan menenangkan, damai serta loyal, selain itu warna biru juga cenderung disukai oleh kaum pria dan wanita.

Tahukah Anda warna apa saja yang disukai oleh pengguna internet dan orang-orang yang berinteraksi secara online ?  Simak informasinya pada artikel berikut ini.

Warna  yang paling banyak disukai

Pada dasarnya, harapan setiap orang ketika melihat warna yang cocok dengan dirinya akan tercipta suasana yang nyaman dan tidak merasa terganggu.

Begitu pula syarat yang dibutuhkan ketika kita memilih warna tampilan blog. Apakah warna-warna tersebut dapat memenuhi kenyamanan setiap orang yang melihat Blog kita  ?

Saya rasa Anda akan sepakat dengan hal ini bahwa selera warna yang paling disukai setiap orang pasti berbeda-beda. . .

. . . dan perbedaan tersebut dapat membawa Anda pada sebuah dilema ketika ingin memilih apa warna yang cocok untuk desain blog Anda.

Untuk memulainya dengan mudah, cobalah warna yang paling Anda sukai terlebih dahulu.

Mengapa demikian ?

Mayoritas, Anda akan merasa nyaman ketika mengakses sebuah blog dengan kombinasi warna yang Anda suka, iya kan ?

Begitu juga sebaliknya,

Pengunjung blog Anda juga akan merasakan hal yang sama, yaitu merasa nyaman ketika disajikan dengan tampilan kombinasi warna yang mereka suka saat mengakses blog Anda.

Namun, yang akan menjadi pertanyaan selanjutnya adalah....

Berapa banyak pengunjung blog Anda yang juga menyukai warna yang sesuai dengan selera warna Anda ?

. . . hasil survey berikut akan menginformasikan tentang warna-warna yang bisa Anda jadikan referensi dalam menentukan dan memilih warna template blog Anda.

Baca juga : Tips mendesain template blog yang disukai pengunjung

Warna yang paling disukai responden.


Dari 8 pilihan warna yang disediakan bagi para responden survey, warna biru menjadi warna yang menduduki peringkat pertama dan paling disukai dengan persentase sebanyak 42%.

Warna kedua terbanyak dipilih setelah warna biru adalah warna hijau (14%) yang persentasenya sebanding dengan  warna ungu (14%). Warna ketiga adalah warna merah dengan persentase sebanyak (8%).

Grafik warna  yang paling disukai responden
Grafik warna yang paling disukai seluruh responden


Warna yang disukai pria.

Grafik warna  yang disukai pria
Grafik warna favaorite yang disukai pria
Sebanyak 57% responden pria cenderung lebih menyukai warna biru sebagai warna pilihan pertama. Kemudian di ikuti oleh warna hijau (14%) serta warna hitam (9%).


Warna yang disukai wanita.

Grafik warna  yang disukai wanita
Grafik warna yang disukai wanita
35% responden wanita juga cenderung lebih menyukai warna biru sebagai warna pilihan pertama, namun jika dibandingkan dengan pria, persentase kaum wanita yang menyukai warna biru sedikit lebih kecil. Warna selanjutnya adalah warna ungu (23%) serta warna hijau (14%).


Warna yang disukai berdasarkan kelompok umur

Grafik warna yang paling disukai berdasarkan kelompok umur
Grafik warna yang paling disukai berdasarkan kelompok umur

Dari grafik warna berdasarkan kelompok umur diatas, kita dapat melihat bahwa warna biru adalah warna yang paling mendominasi untuk segala umur.

Untuk kategori warna berikutnya yang paling disukai reponden dengan kelompok usia muda, cenderung memilih warna hijau sebagai warna yang disukai setelah warna biru, dan bagi kelompok usia menengah cenderung lebih menyukai warna ungu sebagai warna pilihan kedua mereka.


Kesimpulan

Warna biru menjadi warna yang dominan dan paling disukai, baik disukai oleh kaum pria maupun wanita untuk segala umur.

Bukan tidak mungkin, hasil survey ini menjadi dasar bagi para pemilik situs situs besar dalam menentukan kombinasi warna yang tepat pada warna desain situs mereka seperti facebook, twitter dan lainnya.

Bagaimana dengan pemilihan warna desain pada tampilan blog Anda ?

Demikianlah artikel tentang apa warna yang paling disukai oleh pengguna internet yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Catatan:
Hasil survey ini bersumber dari artikel yang di terbitkan oleh www.joehallock.com . Untuk informasi lengkap tentang metode dan  data lainnya, Anda bisa temukan diwebsitenya tersebut.

4 comments:

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.