Mengenal Menu Search Analytics di Google Search Console - Mengelola Blog

Mengenal Menu Search Analytics di Google Search Console

Salah satu hal penting dalam mengelola blog adalah performa blog kita di Search Engine.

Mengetahui seberapa banyak klik yang terjadi, jumlah tayang halaman, sampai pada rasio perbandingan antara jumlah tayang halaman dengan jumlah klik dari pengunjung, menjadi kunci bagi kita untuk melakukan improvement, penambahan ataupun pengurangan di blog yang sedang kita kelola.

Jumlah Search Engine yang beredar di internet saat ini diketahui sudah cukup banyak, ada Yahoo search, ada Google Search, Bing, Yandex, dan lain-lain.

Namun dari sekian banyak Search Engine yang beredar, Google Search menjadi satu-satunya Search Engine yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia.

Sebagai Blogger, supaya blog Anda bisa bersaing dengan blog dan web lainnya di Google Search Engine, maka Anda perlu untuk memperhatikan menu yang satu ini, Search Analytics Reports.

Menu search analytics di Google Search Console

Search Analytics Reports merupakan salah satu menu yang tersedia pada Google Search Console (Salah satu situs Google yang memberikan layanan gratis supaya blog bisa terindeks di Googe Search Engine serta untuk melakukan monitoring performa Blog ).

Agar Anda bisa menggunakan layanan Google Search Console, maka Anda memerlukan Google Account serta blog yang sudah terverifikasi di situs ini. Jika belum, silahkan Anda baca postingan saya terdahulu tentang cara agar blog cepat terindeks di Google Search Engine.

Pada artikel kali ini, kita akan belajar untuk mengenal menu Search Analytics serta pengertiannya yang terdapat di dalam Google Search Console, simak info lengkapnya disini.

Untuk membuka menu Search Analytics ini, ikuti langkah di bawah ini;
  1. Log in ke situs Google Search Console
  2. Pilih Blog yang akan kita monitor
  3. Lihat menu disisi kiri, kemudian pilih Search Traffic (Lalu Lintas Penelusuran)

Setelah 3 langkah diatas, Anda akan menemukan halaman dengan gambar seperti dibawah berikut.

Tampilan menu Search Analytics di Search Console


Keterangan Gambar
  1. Panel kontrol data yang ingin ditampilkan.
  2. Panel kontrol pengelompokkan data dan filtering dari data yang ingin kita tampilkan.

#1. Panel Kontrol Tampilan Data


Panel kontrol tampilan data ini berfungsi untuk mengatur, memilih dan menentukan data - data apa saja yang ingin kita gunakan untuk mengevaluasi dan melihat performa Blog.

Disini disediakan 4 metrik data yang bisa digunakan yaitu Clicks (klik), Impressions (tayangan), CTR (Rasio tayang), Position (posisi). Untuk memilih data yang akan kita lihat, Anda hanya perlu mencentang kotak isian pada data yang akan di gunakan.

Misalnya Anda hanya ingin melihat jumlah klik dan posisi, maka Anda cukup mencentang clicks dan position saja, pun jika Anda ingin melihat ke empat data tersebut, maka Anda tinggal mencentang semuanya.

Berikut adalah penjelasan dari Clicks, Impressions, Click Through Rate serta Position


1. Clicks (Klik)
Clicks adalah Hitungan / Jumlah klik pengunjung yang masuk ke blog kita melalui halaman hasil penelusuran.

Artinya, jika salah satu halaman posting kita sudah terindeks oleh Google Search dan masuk kedalam halaman hasil pencarian (SERP), kemudian ada pengunjung yang mengklik link Blog kita dan menuju kehalaman posting blog kita tersebut, maka hal tersebut di hitung sebagai 1 nilai klik.

Semakin banyak nilai klik yang terjadi, berarti halaman postingan tersebut sudah teroptimasi dengan baik.

2. Impressions (Tayangan)
Impressions (Tayangan) adalah Hitungan jumlah link blog yang tampil pada satu halaman hasil penelusuran.

Artinya, setiap link blog kita yang tampil dihalaman hasil penelusuran akan terhitung sebagai nilai tayang meskipun pengunjung tidak menggulir ke bawah dan tidak meng-klik link blog kita tersebut. Nilai tayangan ini hanya terbatas pada halaman SERP yang di buka oleh pengunjung saja.

Misalnya, link blog kita diketahui berada dihalaman ke 2 hasil SERP, sedangkan pengunjung hanya melihat halaman pertama (ke 1) hasil SERP tanpa membuka halaman ke 2, maka ini tidak akan terhitung sebagai nilai tayang kecuali pengunjung membuka halaman ke 2 hasil SERP.

3. CTR; Click Through Rate (Rasio Klik Tayang ; RKT )
CTR; Click Through Rate (Rasio Klik Tayang ; RKT ) ini adalah rasio perbandingan antara jumlah klik (No 1) di bagi dengan jumlah tayangan.

Nilai CTR di tulis dalam bentuk persentase. Semakin besar nilai persentase yang ditampilkan , maka semakin baik pula performa blog di  halaman hasil penelusuran.

4. Position (Posisi)
Position (Posisi) ini akan menunjukkan nilai rata-rata tengah dari setiap peringkat / posisi halaman blog Anda di halaman hasil penelusuran.

Artinya nilai yang ditampilkan adalah hasil pembagian rata-rata dari posisi tertinggi dengan posisi terendah dalam indeks penelusuran , misalnya pada 2 hasil penelusuran, Artikel Anda menempati posisi 8 dan posisi 4, maka nilai posisi yang ditampilkan adalah 6 dimana (8+4)/2 adalah 6.


#2. Panel kontrol pengelompokkan (filter) data yang ingin ditampilkan.


Berikut adalah penjelasan dari data-data yang bisa Anda kelompokkan (filter) sesuai dengan kebutuhan dalam mengevaluasi kinerja Blog Anda.

5. Queries (Kueri)
Queries (Kueri) adalah data dari kata kunci populer yang paling banyak membawa pengunjung masuk ke blog Anda. Pada menu Queries ini, Anda dapat mengelompokkan data (filtering) berdasarkan Query tertentu sesuai dengan kata kunci yang Anda harapkan.

Kueri ini sangat bermanfaat untuk membantu Anda menemukan mana artikel yang bisa di optimasi lebih baik lagi untuk meningkatkan jumlah pengunjung berdasarkan kata kunci yang digunakan pengunjung.

6. Pages (Laman)
Pages (Laman) adalah data tentang halaman artikel mana yang paling banyak di kunjungi oleh pembaca. Menu pages ini juga bisa Anda filter (kelompokkan) berdasarkan halaman mana yang ingin Anda perbaiki untuk meningkatkan kualitas konten dan meningkatkan jumlah pengunjung.

7. Countries (Negara)
Countries (Negara) adalah data negara mana saja pengunjung web / blog Anda mayoritas berasal. Data countries ini juga bisa Anda kelompokkan sesuai dengan target pengunjung negara yang Anda tuju.

8. Devices (Perangkat)
Devices (Perangkat) adalah data jenis perangkat yang digunakan pengunjung untuk masuk ke blog Anda , misalnya dari komputer, handphone atau tablet.

9. Search Type (Jenis Penelusuran)
Search Type (Jenis Penelusuran) adalah data pelaporan berdasarkan hasil pencarian tertentu, misal pencarian web, gambar dan video, Anda bisa memilahnya karena mereka di laporkan secara terpisah.

10. Dates (Tanggal)
Dates (Tanggal) adalah rentang tanggal pelaporan yang ingin Anda tampilkan. Rentang maksimum data pelaporan yang bisa ditampilkan adalah selama 90 hari atau sekitar 3 bulan kalender, namun Anda juga dapat memilahnya sesuai dengan rentang tanggal yang ingin Anda tampilkan di rentang waktu 90 hari tersebut.

3 Manfaat memonitor Blog melalui menu Search Analytics di Google Search Console

  1. Search Analytics merupakan laporan kinerja blog selama kurun waktu tertentu yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kata kunci yang digunakan pengunjung, berapa jumlah tayangan, berapa perbandingan rasio antara klik dengan tayangan, serta posisi rata-rata blog Anda di halaman SERP.
  2. Search analytics sangat bermanfaat untuk kita bisa menemukan langkah terbaik yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing blog ataupun sebuah halaman posting blog kita di SERP, baik untuk tampilan mobile ataupun desktop.
  3. Search Analytics bisa menjadi modal bagi kita untuk menemukan ide-ide artikel yang akan kita buat berikutnya berdasarkan kebutuhan pengunjung blog berdasarkan kata kunci maupun halaman yang dikunjungi.

Kesimpulan

Memahami cara penggunaan pada menu di Search Analytics akan membantu kita untuk lebih mudah dalam melakukan improvement dan perbaikan serta evaluasi pada setiap artikel dan postingan lama di blog.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan ide apa dan bagaimana artikel selanjutnya akan kita buat untuk memenuhi harapan pengunjung. Demikianlah artikel tentang Mengenal Menu Search Analytics di Google Search Console ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment