Pembaruan Algoritma Pinguin dirilis Google 23 September 2016 - Mengelola Blog

Pembaruan Algoritma Pinguin dirilis Google 23 September 2016

Google sering mempublikasikan pembaruan yang terjadi pada beberapa Algoritma mereka yang menjadi "Otak" dari mesin pencari buatannya. Salah satu contohnya adalah pembaruan pada Algoritma Pinguin yang dirilis pada 23 September 2016 lalu.

Algoritma - algoritma pada mesin pencari Google ini bertugas untuk memilah, memutuskan dan menentukan kelayakan sebuah situs / blog agar bisa berada didalam indeks data mesin pencari Google, sehingga kemudian situs-situs tersebut diberikan peringkat di dalam SERP yang disusun berdasarkan 200 lebih faktor penentu peringkat.

Beberapa Algoritma diantaranya dikenal dengan sebutan Hummingbird, Phantom, Google mobile Friendly (mobilegeddon), Panda, Pigeon, Pinguin dan masih banyak algoritma lainnya yang masih menjadi rahasia Google.

Jika sebuah situs dari miliaran situs yang sudah terindeks dalam database Google dianggap paling baik dan layak oleh algoritma - algoritma tersebut, maka situs tersebut bisa diposisikan pada peringkat pertama dihalaman Google search result pages.

Update Pembaruan Algoritma Google Pinguin


Sekilas tentang Algoritma Pinguin


Algoritma Pinguin pertama kali dipublikasikan oleh Google 24 April 2012, memiliki fungsi untuk mendeteksi penggunaan yang tidak wajar terhadap keyword (keyword stuffing), hidden text and link, link schemes, dan beberapa hal lainnya yang ada didalam sebuah halaman situs / blog.

Tugas utamanya yang saya ketahui dari Algoritma Pinguin ini adalah untuk menyisihkan situs-situs spam dari indeks hasil penelusuran.

Ketika Pinguin mendeteksi bahwa penggunaan link dan teks dalam situs / blog tersebut dilakukan dengan cara manipulatif  yang tujuannya untuk mendapatkan peringkat tertinggi di SERP, maka situs / blog tersebut akan masuk kedalam daftar data-data situs yang dicekal oleh Algoritma ini.

Situs / blog  yang menggunakan link dan teks dengan cara curang serta tidak wajar akan disisihkan, diturunkan peringkatnya sampai pada tidak di tampilkannya di halaman hasil penelusuran (SERP).

Catatan :
  • Keyword stuffing = memenuhi halaman situs/ blog dengan kata kunci pencarian yang sama dan berulang-ulang.
  • Hidden text and link = Menyembunyikan link dan teks pada halaman dengan cara merubah warna teks dan link tersebut menjadi transparan atau dibuat sewarna dengan warna background.
  • Link schemes = menggunakan link - link yang berfungsi untuk memanipulasi peringkat situs dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs di SERP. Untuk detail dan info lengkap tentang link schemes ini bisa Anda baca di situs support.google.com 


Pembaruan Algoritma Pinguin


Seperti dilansir oleh Google Webmaster blog (23/09/2016) pada artikel Penguin is now part of our core algorithm, algoritma pinguin saat ini telah mengalami pembaruan dan masuk menjadi bagian dari algoritma inti mesin pencari Google yang sangat kompleks.


Apa saja pembaruan yang dilakukan ?

Masih dari artikel dengan sumber yang sama, ada 2 pembaruan yang diketahui telah dilakukan pada algoritma Pinguin ini.

1. Pinguin bekerja secara real time

Sebelum pembaruan
Algoritma Pinguin akan melakukan refresh data secara periodikal pada waktu yang sama untuk seluruh daftar situs yang pernah terkena efek algoritma ini sebelumnya.

Ketika seorang webmaster memperbarui dan melakukan perbaikan terhadap situs mereka (sehingga diharapkan terlepas dari jeratan efek Algoritma Pinguin), maka ia harus menunggu hasil perubahan yang dilakukan sampai algoritma Pinguin ini kembali melakukan refresh database untuk daftar situs yang terimbas algoritma Pinguin.

Sesudah pembaruan
Algoritma Pinguin akan merefresh dan menyegarkan kembali daftar data-data situs yang ada didalam database algoritma ini secara Real - Time, dimana setiap ada pembaruan yang terjadi pada daftar data-data situs terimbas, maka Pinguin akan merefresh data tersebut saat itu juga.

Artinya, ketika seorang webmaster melakukan perbaikan dan memperbarui situs mereka, maka Pinguin akan langsung bekerja sesaat setelah Search engine merayapi dan mengindeks kembali seluruh konten dalam situs tersebut.

Dengan begitu, maka hasil perubahan yang sudah dilakukan oleh webmaster bisa diketahui lebih cepat.

2. Algoritma Pinguin menjadi lebih terperinci di tiap halaman situs

Dijelaskan bahwa Pinguin menerapkan pengaturan peringkat spam berdasarkan sinyal spam yang ada pada sebuah halaman situs (mungkin cara ini dianggap dianggap lebih baik) daripada mempengaruhi peringkat situs secara keseluruhan.

Artinya (menurut yang saya tangkap disini), algoritma ini akan menentukan pinalti rangking berdasarkan tingkat pelanggaran yang dilakukan per halaman situs, dan bukan lagi memberikan pinalti rangking secara menyeluruh untuk situs tersebut.

Dengan begitu, konten-konten berkualitas didalamnya diharapkan dapat menyebar secara merata di keseluruhan situs tersebut.


Daftar Pembaruan Algoritma Pinguin dari waktu ke waktu


Berikut adalah daftar Pembaruan Pinguin dari waktu ke waktu yang sudah dikonfirmasi, daftar ini saya salin dari situs wikipedia (sumber: Google penguin - wikipedia)
  • Pinguin 1 on April 24, 2012
  • Pinguin 2 on May 26, 2012
  • Pinguin 3 on October 5, 2012
  • pinguin 4 (AKA pinguin 2.0) on May 22, 2013
  • pinguin 5 (AKA pinguin 2.1) on October 4, 2013
  • pinguin 6 (AKA pinguin 3.0) on October 17, 2014
  • pinguin 7 (AKA pinguin 4.0) on September 23, 2016



Kesimpulan

Google menerangkan bahwa pembaruan Algoritma Pinguin ini bertujuan untuk mendorong setiap webmaster agar selalu memberikan dan menciptakan situs yang baik dan benar-benar bermanfaat bagi pengguna.

Penting untuk diingat bahwa update seperti yang dilakukan pada Algoritma Pinguin kali ini hanyalah salah satu dari 200 lebih sinyal yang digunakan oleh Google Search Engine untuk menentukan peringkat sebuah situs di halaman hasil penelusuran.

Oleh karena itu, sebagai pengelola blog sebaiknya Anda tetap menciptakan konten-konten yang bermanfaat yang memang di butuhkan pengguna tanpa menggunakan cara-cara curang dan manipulatif agar blog yang dikelola bisa berkembang dan Anda bisa menjadi blogger yang profesional.

Demikianlah Artikel Pembaruan Algoritma Pinguin dirilis 23 September 2016 ini bisa saya sampaikan semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.