Inilah 5 penyebab blog Anda sepi pengunjung - Mengelola Blog

Inilah 5 penyebab blog Anda sepi pengunjung

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab mengapa blog sepi pengunjung serta memiliki traffik yang sangat rendah.

Hal ini umumnya sering dialami oleh blog-blog yang masih baru dan memiliki sedikit artikel, namun tak jarang kondisi ini juga bisa dialami oleh blog-blog lama yang juga sudah memiliki cukup banyak artikel.

Sebagai pengelola blog, tentu kita ingin blog yang sedang kita kelola selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Dimana orientasi peningkatan utama yang pertama kali diharapkan pada blog yang sedang kita kelola adalah peningkatan jumlah pengunjung dan jumlah halaman yang dilihat.

Namun, setelah sekian lama waktu berjalan, jumlah kunjungan dan peningkatan halaman belum juga sesuai dengan harapan yang diinginkan. Oleh karena itu tentu kita perlu selalu melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap apa yang menjadi penyebab blog menjadi sepi pengunjung.

penyebab blog sepi pengunjung

Pada artikel kali ini, saya akan menginformasikan beberapa penyebab umum yang sering terjadi dan menjadi alasan utama mengapa blog begitu sepi pengunjung, utamanya yang di sebabkan karena kurang tepatnya pengelolaan dan desain template blog.


1. Waktu loading blog yang sangat lambat


Inilah alasan utama yang kerap menjadi penyebab mengapa blog Anda sepi pengunjung jika dikaitkan dengan pengelolaan dan desain template blog.

Bukan karena konten tidak berkualitas, bukan karena desain template yang berantakan, tetapi karena blog Anda tidak dapat segera dilihat oleh pengunjung akibat loading yang sangat lambat.

Seperti diketahui hingga saat ini, jumlah situs yang menyediakan konten dan artikel dengan materi yang sama, jumlahnya sangatlah banyak.

Persaingan artikel serupa tentunya menjadi sangat ketat dan akan memberikan banyak pilihan pada pengunjung untuk menentukan mana informasi yang mudah dan cepat untuk segera ia dapatkan.

Waktu loading blog yang sangat lambat menyebabkan pengunjung kesal karena harus menunggu konten tampil sepenuhnya.

Ketika blog Anda tidak dapat dengan segera menyajikan apa yang diharapkan oleh pengunjung, maka peluang untuk meningkatkan jumlah kunjungan akan sirna saat itu juga.

"53% pengunjung segera meninggalkan sebuah situs / blog jika ia membutuhkan waktu loading lebih dari 3 detik" - Google

Baca juga: Cara meningkatkan kecepatan loading blog


2. Terlalu banyak iklan


Iklan bisa menjadi sumber penghasilan bagi seorang blogger. Perlu Anda ketahui bahwa tidak sedikit pula blogger yang sudah sukses dengan program periklanan ini sehingga menjadi salah satu sumber penghasilan tetapnya.

Sebagai blogger yang menyediakan slot iklan di blog, untuk bisa menambah dan meningkatkan jumlah penghasilan mereka, maka secara logikanya adalah menambah jumlah iklan yang tampil di halaman blog tersebut.

Banyaknya iklan yang tampil, diharapkan akan memperbesar peluang jumlah iklan yang di klik oleh pengunjung. Logika diatas memang secara teorinya sangatlah masuk akal, walaupun pada faktanya hal ini tidaklah berlaku benar sepenuhnya.

Setiap pengunjung yang datang tentu ingin mendapatkan informasi bermanfaat yang bisa mereka dapatkan dari konten dalam blog Anda.

Namun betapa kecewanya mereka ketika konten yang mereka inginkan harus terhalang dan tertutup dengan iklan yang terus menerus tampil di hadapan mereka.

Selain menggangu pengunjung , terlalu banyak iklan juga dapat mempengaruhi kecepatan loading Blog Anda. Hal ini disebabkan karena rata-rata iklan yang tampil menggunakan file javascript tambahan yang harus dipanggil terlebih dahulu dari tempat iklan tersebut berasal.

Oleh Karena itu, penggunaan jumlah iklan yang terlalu banyak ini tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan pengunjung sehingga dapat menyebabkan blog Anda menjadi sepi pengunjung.


3. Pemberitahuan jenis Pop up / interstitial


Pemberitahuan jenis Pop up sering dimanfaatkan untuk menampilkan form berlangganan, fan page like, ataupun untuk menampilkan promo konten gratis/ konten terbaru.

Untuk sesaat, penggunaan Pop Up ini mungkin cukup efektif untuk meningkatkan jumlah like ataupun jumlah subscriber blog Anda, namun lambat laun cara ini juga dapat mengganggu pengunjung yang ingin berkunjung kembali.

Salah satu alasannya adalah pengunjung yang datang kembali akan selalu menghadapi pop up yang sama dan terus berulang di setiap halaman yang ingin di buka.

Kemunculan Pop Up yang tampil secara tiba-tiba dan berulang tentu dapat menyebabkan pengunjung menjadi kesal.

Jika pengunjung sudah merasa kesal, tentu Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi ?

Menutup halaman, mencari alternatif konten yang lain dan menghindari untuk datang kembali ke blog Anda lagi.


4. Redirect (pengalihan halaman)


Penyebab Blog Anda sepi pengunjung berikutnya adalah penggunaan redirect yang tidak seharusnya.

Seperti kita sudah ketahui bahwa redirect adalah pengalihan halaman dari halaman yang seharusnya di tuju ke halaman lain yang menjadi tujuan pengalihan, baik itu didalam domain ataupun antar domain.

Namun banyak pula di temukan blog-blog yang menerapkan redirect link didalamnya untuk mengarahkan pengunjung pada halaman yang berisikan iklan-iklan berukuran satu halaman penuh dengan tujuan untuk mendapatkan dan menambah penghasilan.

Hal tersebut menurut saya sah-sah saja dilakukan, namun jika dikaitkan dengan kenyamanan pengunjung, maka hal ini bisa menjadi salah satu pemicu kenapa blog menjadi sepi pengunjung.

Baca juga : Cara penggunaan custom redirect 


5. Tidak mobile friendly


Mobile friendly sendiri memiliki arti bahwa konten dalam blog Anda dapat di baca, dilihat dan diakses oleh pengguna melalui perangkat mobile tanpa perlu melakukan zoom in - zoom out ataupun menggeser layar perangkat ke kanan dan kekiri.

Hal berikutnya yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung adalah blog sulit untuk dibaca jika menggunakan perangkat mobile.

Penggunaan smartphone dan perangkat mobile lainnya yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, mendorong setiap pemilik blog / situs untuk bisa menyajikan konten yang mudah untuk di baca dan di akses melalui perangkat mobile.

Konten yang mudah untuk diakses melalui beragam jenis ukuran layar tentunya akan memudahkan setiap pengunjung yang mengakses konten tersebut. Pengunjung akan merasa mudah dan senang untuk kembali lagi membacanya.

Namun, apabila tulisan serta konten dalam blog sulit untuk di baca melalui perangkat mobile, maka pengunjung akan segera pergi meninggalkan blog Anda tanpa merasa bahwa ia perlu kembali dan membutuhkan konten dalam blog Anda. Dengan kondisi seperti ini , maka blog Anda akan semakin sepi dari pengunjung.

Baca juga : Tips mendesain template blog yang disukai pengunjung


Kesimpulan

Kenyamanan pengunjung menjadi dasar apakah ia akan meneruskan untuk membaca dan mengakses konten lainnya atau menekan tombol back untuk kembali.

Selain itu persaingan artikel dengan materi dan konten yang serupa dari blog lain juga menjadi salah satu alasan penting mengapa Anda perlu mengutamakan kenyamanan pengunjung agar blog Anda tidak sepi pengunjung.

Penyebab blog sepi pengunjung tentulah masih sangat banyak untuk bisa ditemukan, namun 5 penyebab diatas merupakan penyebab umum yang menurut saya pasti sangat mengganggu kenyamanan pengunjung blog  terutama saat mengakses konten blog akibat kurang baiknya pengelolaan template sehingga dapat menyebabkan blog sepi pengunjung.

Demikianlah artikel 5 penyebab paling umum blog Anda sepi pengunjung yang berkaitan dengan pengelolaan template ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

7 comments:

  1. Iya bener gan, apalagi kecepetan loading berpengaruh sekali nampaknya, punya saya jga masih lola gan :( bisa bantu biar lebih responsive lgi mgkin gan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba beberapa tips yang sudah saya terbitkan gan ? bisa baca di sini sih artikelnya tentang http://www.mengelolablog.com/2016/02/loading-blog-cepat.html.

      Tips ini sudah saya lakukan juga selama ini meskipun naiknya ngga terlalu tinggi juga. Ada yang ekstrem cuma efeknya kurang bagus kedepannya mas ada beberapa hal yang jadi error, makanya saya ngga yakin untuk terbitin artikelnya.

      Delete
  2. Rendering yang tidak tepat apakah termasuk memperlambat loading blog yah gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya rendering tidak tepat seperti apa ya gan ?

      Delete
  3. Wah harus lebih teliti dan memperbaiki blog, agar pengunjung lebih myaman dan betah berlama lama
    Makasih bang infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas. Terima kasih juga kunjungannya ☺

      Delete