Mengenal Kebutuhan Pengguna Internet Bag #1 - Mengelola Blog

Mengenal Kebutuhan Pengguna Internet Bag #1

SEO terbaik untuk blog Anda adalah dengan menyediakan konten berkualitas dan relevan yang sesuai kebutuhan dan tujuan pengguna.

Mengapa saya katakan demikian ? Jika kita melihat fungsi utama Search Engine, maka kita akan menemukan bahwa Search Engine berfungsi sebagai alat bantu untuk mencarikan informasi yang tepat ketika pengguna membutuhkan informasi terkait kebutuhan yang di inginkan.

Menemukan informasi yang tepat dan relevan bagi pengguna sudah menjadi tanggung jawab dan prioritas utama Search Engine dalam melakukan tugasnya sebagai alat bantu untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

Hasil terbaik bagi pengguna saat menggunakan Search Engine sebagai media pencarian adalah tepatnya informasi yang disajikan serta sesuai dengan kebutuhan pengguna saat itu juga.

Lalu bagaimana dengan blogger, penulis artikel atau konten publisher yang berperan sebagai pemberi informasi ? Menyediakan informasi yang tepat dan juga relevan terhadap kebutuhan pengguna blog adalah tugas utama seorang konten publisher.

Untuk bisa memberikan apa konten yang tepat dan relevan bagi pengguna adalah memahami apa kebutuhan dan tujuan yang diharapkan pengguna ketika mereka berinteraksi dengan Search Engine.

Mengenal kebutuhan pengguna bag #1

Ada 2 cara yang saat ini saya ketahui saat ini tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan Search Engine.
  1. Pengguna yang mengetikkan teks kedalam kotak pencarian
  2. Pengguna yang menggunakan suaranya sebagai alat input
Kali ini kita tidak akan membahas bagaimana proses yang dilakukan pengguna, tapi kita akan mencoba menelusuri lebih dalam tentang apa maksud dan tujuan pengguna dari teks ataupun kalimat yang mereka inputkan kedalam Search Engine.

Dari beberapa panduan yang pernah saya baca ada 4 sifat kebutuhan yang bisa di temukan dari teks yang di inputkan kedalam Search Engine, apa saja kebutuhan tersebut ?
  1. Kebutuhan informasi untuk mengetahui suatu hal (Know)
  2. Kebutuhan untuk pencarian website/ situs
  3. Kebutuhan informasi terkait tempat yang dituju (Visit-in-person and User location)
  4. Kebutuhan yang bersifat tindakan (Do)
Kali ini kita akan mencari tau apa dan bagaimana Search Engine menampilkan hasil pencarian terkait sifat kebutuhan pengguna yang mencari informasi tentang suatu hal berdasarkan teks yang mereka inputkan.

#1. Kebutuhan yang bersifat untuk mengetahui (Know)


Kebutuhan informasi yang bersifat untuk mengetahui (Know) adalah tipe pencarian di Search Engine yang berkaitan tentang informasi pada sebuah topik.

Pengguna memiliki kebutuhan akan informasi, baik itu informasi singkat maupun informasi yang lengkap berdasarkan teks yang mereka inputkan kedalam Search Engine.

Contohnya:
Pengguna ingin mengetahui berapa tinggi Kim Kardashian saat ini, atau pengguna yang ingin mengetahui tentang siapakah Kim Kardashian ?

Pada prakteknya, pengguna akan menginputkan beberapa frasa kata / kalimat seperti pada contoh berikut:
  1. Berapa tinggi Kim Kardashian
  2. Kim Kardashian
  3. Siapa Kim Kardashian 
Dari teks yang di inputkan pada Search Engine seperti contoh diatas, maka kita akan menemukan 2 kebutuhan informasi, yaitu informasi yang menampilkan kebutuhan informasi secara general tentang Kim Kardashian (Know) atau kebutuhan informasi secara singkat tentang tinggi Kim Kardashian (disebut juga Know Simple ).

A. Kebutuhan informasi untuk mengetahui secara general dan menyeluruh (Know)

Kebutuhan informasi untuk mengetahui secara general dan menyeluruh (Know) terhadap sebuah topik yang di inputkan pengguna kedalam Search Engine akan menampilkan hasil pencarian yang berisi pilihan informasi secara lengkap.

Berikut contoh tampilan dari hasil pencarian terhadap kebutuhan informasi secara general dengan kata kunci " Kim Kardashian " menggunakan Search Engine Google Indonesia (google.co.id) yang diambil tanggal 17 Agustus 2016 siang

pencarian dengan kata kunci Kim Kardashian

Pada hasil pencarian diatas, kita menemukan sebuah Rich Snippet di sebelah kanan yang diambil dari laman Wikipedia. Setelah itu di urutan hasil pencarian sebelah kiri, kita melihat link yang mengarah ke media sosial yang digunakan oleh Kim Kardashian.


B. Kebutuhan informasi untuk mengetahui informasi secara spesifik (Know Simple)

Know Simple adalah jenis pencarian yang dilakukan oleh pengguna untuk menemukan informasi yang sangat spesifik seperti fakta yang sudah terbukti, diagram, dan lain sebagainya.

Seperti pada contoh kebutuhan informasi pengguna diatas terhadap pencarian dengan kata kunci berapa tinggi badan Kim Kardashian, maka tipe pencarian ini masuk kedalam kategori Know Simple.

Berdasarkan rule of thumb dari panduan tersebut, jika banyak orang setuju dengan jawaban benar, singkat dan hanya memuat 1-2 suku kata untuk ditampilkan pada hasil pencarian, maka secara otomatis akan masuk kedalam kategori pencarian Know Simple.

Ciri utama dari pencarian kebutuhan informasi yang bertipe Know Simple ini biasanya bersifat kalimat tanya namun tidak menyertakan tanda tanya ( ? ) di akhir kalimat.

Berikut contoh tampilan dari hasil pencarian terhadap kebutuhan informasi secara singkat dengan kata kunci " Berapa tinggi Kim Kardashian " menggunakan Search Engine Google Indonesia (google.co.id)

Pencarian Dengan Kata Kunci Berapa tinggi Kim Kardashian


Kita bisa melihat secara jelas pada hasil pencarian dari kata kunci "Berapa tinggi Kim Kardashian", kita akan menemukan 1,59 m pada hasil pencarian tersebut.

Dalam hal ini, 1.59 m menjadi jawaban yang paling tepat dari pertanyaan Berapa tinggi Kim Kardashian yang bisa diberikan oleh Search Engine.

Namun pada prakteknya, sebagian besar kebutuhan informasi yang diketikkan pengguna saat mereka membutuhkan informasi, khususnya untuk informasi yang bersifat Know Simple ini, tidak selalu dianggap sebagai Know Simple oleh Search Engine. Contohnya :

Apa gunanya pohon kelapa ?

Jawaban dari pertanyaan di atas tidak dapat di tentukan secara tepat. Disini kita menemukan bahwa jawaban yang bisa didapat dari pertanyaan tersebut bisa bermacam-macam.

Oleh karena itu Search Engine tidak akan memasukkan kategori pertanyaan tersebut kedalam kategori informasi yang bersifat Know Simple. Ada beberapa ciri inputan kata / kalimat yang diketahui dan tidak masuk kedalam kategori Know Simple, berikut diantaranya :
  1. Kata / kalimat yang bermakna luas atau yang mencakup informasi secara detail sehingga membutuhkan informasi yang rinci dan jelas.
  2. Kata / kalimat yang bermakna ambigu dan tidak jelas
  3. Kata / kalimat yang mengarah pada topik kontroversial
  4. Kata / kalimat yang tidak memiliki definisi untuk dijawab dengan tepat
  5. Kata / kalimat dimana pengguna menginginkan informasi dari sumber yang berbeda
Dari paparan diatas, lalu apa relevansi bagi kita sebagai blogger ketika akan membuat konten berkaitan dengan kebutuhan pengguna yang membutuhkan informasi melalui Search Engine ?

Ada 2 poin penting tentang manfaat yang bisa kita ambil dari hasil yang ditampilkan oleh Search Engine tersebut yaitu :
  1. Isi dari artikel / konten yang akan kita buat sebaiknya berdasarkan fakta yang telah diakui oleh orang banyak serta fakta tersebut memang valid di hasil SERPS khususnya untuk hasil pencarian yang bersifat Know Simple.
  2. Semakin lengkap data dan fakta yang tepat didalam artikel kita, akan berpengaruh terhadap tingkat relevansi yang di butuhkan Search Engine. Semakin tinggi tingkat relevansi didalam artikel, maka akan sangat membantu untuk meningkatkan peringkat Artikel kita di halaman hasil pencarian (SERPS).


Kesimpulan

Search Engine dapat mengetahui kebutuhan informasi yang dicari Pengguna baik informasi singkat maupun lengkap sesuai dengan frasa kalimat yang di inputkan kedalamnya.

Berdasarkan inputan tersebut, Search Engine akan memproses maksud dari kalimat input dan mencarikan informasi yang paling relevan dari daftar data indeks, kemudian memberikan peringkat dan menampilkannya kedalam halaman SERPS.

Peringkat terbaik akan di berikan pada situs atau blog yang memiliki relevansi paling tinggi diantara yang lainnya.

Oleh karena itu, sebagai konten publisher ataupun blogger, kita perlu memperhatikan bagaimana artikel yang kita buat bisa memenuhi kebutuhan pengguna, termasuk keakuratan data dan validitas data saat mereka membutuhkan informasi terkait topik artikel yang kita usung.

Demikianlah artikel mengenal kebutuhan pengguna internet bag #1 bisa saya sampaikan , semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.