5 pertanyaan penting saat melakukan editing artikel - Mengelola Blog

5 pertanyaan penting saat melakukan editing artikel

Membuat konten dan artikel agar semakin berkualitas dan menarik tidaklah semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan konsistensi dan latihan yang tidak sebentar untuk dapat merangkai kata dan menjadikannya bermakna saat dibaca oleh orang lain.

Banyak cara dan pendekatan yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan artikel di blog Anda agar semakin baik dari waktu ke waktu tanpa Anda perlu merasa terbebani. Salah satu proses yang bisa Anda dalami agar artikel yang tercipta bisa semakin baik yaitu pada saat proses editing.

Proses editing adalah sebuah proses yang bisa di bilang cukup menjemukan. Anda akan berhadapan dengan pengulangan kalimat, menemukan kesesuaian makna kalimat, disertai beberapa hal lain yang saling berkaitan agar setiap artikel dan konten yang tercipta dapat dinikmati dengan baik oleh setiap pengunjung.

5 pertanyaan penting saat editing

Agar proses editing ini bisa menjadi tempat Anda melatih diri serta meningkatkan keahlian Anda untuk menulis artikel yang lebih baik setiap waktunya, berikut ada 5 pertanyaan penting yang bisa Anda lakukan setiap Anda melakukan editing pada artikel-artikel posting blog Anda.


1. Apakah bahasanya bisa di mengerti banyak orang


Pertanyaan penting pertama saat melakukan editing dan koreksi adalah penggunaan bahasa. Konten yang baik adalah konten yang bisa di mengerti dengan mudah oleh orang lain.

Artinya, tanpa perlu berfikir rumit, orang yang membaca artikel kita bisa mengerti tentang apa maksud yang ingin kita sampaikan.

Penggunaan bahasa-bahasa asing yang jarang di mengerti oleh kebanyakan orang bisa membuat artikel Anda akan sedikit "aneh" dan menjadikan orang lain malas untuk melanjutkannya .


2. Apakah kalimat sudah mengalir dengan benar


Kalimat demi kalimat dalam artikel akan membentuk isi artikel secara keseluruhan. Pastikan setiap tulisan yang sudah Anda buat, bisa mengalir dari satu kalimat ke kalimat lain yang berurut secara perlahan dari satu topik ke topik lainnya tanpa membuat bingung pembaca.

Gunakan kalimat sederhana yang mudah dipahami tanpa bantuan penjelasan lebih lanjut.

Tips mudah untuk menerapkan pertanyaan ini adalah dengan membaca semua konten Anda, perlahan-lahan sehingga bisa didengar dengan kedua telinga Anda. Dengarkan dengan seksama, apakah konten Anda terdengar alami?


3. Apakah penting untuk disampaikan


Setiap tambahan dari penggalan-penggalan informasi yang meliputi isi artikel secara keseluruhan, menuntut beberapa jumlah perhatian yang mungkin tidak dapat Anda hindari.

Sering terjadi, kita memasukkan informasi-informasi tambahan yang melebar jauh dari topik artikel namun tetap memaksakannya untuk tetap ada didalam artikel.

Cobalah pikirkan kembali poin penting yang ingin Anda sampaikan dalam Artikel Anda. Fokus untuk menghilangkan setiap informasi yang tidak sesuai dan menyimpang jauh dari inti pembicaraan akan membawa dampak besar bagi kualitas artikel Anda.

Baca juga :  Pentingnya proses editing artikel blog

4. Apakah informasinya bisa di pecah menjadi beberapa bagian


Artikel pada postingan blog memiliki konsep baca yang berbeda, ia tidak sama seperti pada artikel dalam majalah atau surat kabar (hardcopy).

 Sebagian besar pembaca konten web/blog umumnya melakukan skimming (membaca cepat) terhadap artikel dan konten yang tersaji.

Bila memungkinkan, pecahlah artikel menjadi beberapa paragraf dan membaginya kembali menjadi beberapa poin dengan menggunakan sub judul dan poin-poin baru.

Gunanya untuk menarik perhatian mata pembaca saat proses skimming berlangsung. Dengan cara tersebut, diharapkan pengunjung dapat membaca konten Anda secara penuh.


5. Apakah ada yang tertinggal


Judul yang menarik perhatian, paragraf pembuka yang penuh kejutan, pemilihan gambar yang sesuai serta adanya penutup artikel yang jelas mengindikasikan bahwa Anda sudah mulai memiliki pola untuk membuat artikel yang berkualitas.

Pertanyaan terakhir yang perlu ditanyakan saat melakukan editing artikel adalah apakah ada lagi yang tertinggal ?

Memeriksa bagian-bagian penting yang menjadi poin dan topik utama artikel adalah keharusan untuk menjaga kualitas artikel tetap sama dan selalu baik.

Anda dapat mencoba untuk memeriksa kembali artikel yang sudah dibuat di lain waktu atau pada saat Anda sudah tidak jenuh dengan artikel tersebut.



Kesimpulan

Proses editing artikel adalah langkah tepat yang bisa Anda sempurnakan untuk melatih kemampuan dalam menciptakan artikel dan postingan blog yang berkualitas.

Dengan mengetahui apa dan bagaimana proses editing yang harus dilakukan melalui 5 pertanyaan penting seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, akan memperkecil kecenderungan konten yang dibuat terkesan asal dan tidak bermanfaat.

Demikianlah artikel 5 pertanyaan penting saat melakukan editing artikel ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.