5 Tips SEO On Page yang bisa Anda lakukan saat menulis artikel blog - Mengelola Blog

5 Tips SEO On Page yang bisa Anda lakukan saat menulis artikel blog

Membuat artikel blog menjadi lebih SEO friendly alias ramah terhadap mesin pencari sebenarnya bisa dilakukan sebelum Anda menerbitkan artikel tersebut. Adalah prinsip SEO yang pertama, yang mungkin sering Anda dengar di dunia per-bloggeran bahwa menulis artikel yang SEO friendly berarti Anda wajib menulis artikel yang mudah dipahami dan sebisa mungkin membuat orang lain tertarik untuk membacanya. Lupakanlah menulis untuk search engine.

Disadari atau tidak, artikel yang tersusun dengan rapi, menarik serta enak untuk dibaca umumnya akan disukai oleh para pembaca. Ketika pembaca menyukai artikel tersebut, maka popularitas artikel akan meningkat (banyak like, banyak dishare ke medsos, dll).

Selain itu, menulis artikel dengan isi yang relevan, baik antara judul, deskripsi serta susunan dan urutan yang teratur saat Anda menulis artikel sudah terhitung sebagai langkah SEO On page.

Namun semua hal tersebut diatas belumlah cukup untuk dilakukan guna memaksimalkan peringkat yang diharapkan, mengingat persaingan artikel sejenis di search engine sangatlah banyak.

tips seo on page saat menulis artikel

Pada artikel kali ini, saya akan menginformasikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat artikel blog menjadi lebih SEO friendly namun tetap disukai oleh pembaca.


#1. Buat judul artikel yang efektif dan efisien untuk menggambarkan isi konten


Sebagai gambaran umum, judul memiliki fungsi untuk memberi tahu pengguna dan mesin telusur mengenai topik tertentu suatu halaman. Begitupun tampilan judul didalam halaman hasil pencarian (Search engine result pages), judul akan menempati baris pertama diatas link dan deskripsi.

Hal ini menyebabkan pengguna akan menemukan dan membaca judul terlebih dahulu dibandingkan hal lainnya.

Oleh karena itu, judul yang menarik dan menjelaskan secara singkat isi konten yang terkandung didalamnya dapat menciptakan potensi yang lebih besar untuk di klik oleh pengguna search engine.

Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan saat menulis artikel agar judul menjadi lebih SEO friendly.
  • Sisipkan kata kunci di awal judul yang dapat mewakili artikel Anda
  • Terapkan penggunaan long tail keyword untuk mendeskripsikan halaman lebih akurat
  • Judul yang singkat, padat, jelas lebih di utamakan baik untuk search engine maupun pengguna

Baca Juga :



#2. Berikan meta deskripsi yang menjelaskan artikel secara ringkas


Fungsi utama dari meta deskripsi ini adalah untuk memberikan rangkuman singkat atau penjelasan tentang isi konten didalamnya. Dengan adanya meta deskripsi, pengunjung maupun search engine bisa lebih memahami konten yang ada dalam halaman tersebut.

Umumnya, meta deskripsi ini akan digunakan oleh search engine untuk ditampilkan ke dalam hasil SERP bersamaan dengan judul dan permalink.

Namun khusus untuk deskripsi, kondisi ini (search engine menggunakan meta deskripsi untuk ditampilkan) tidaklah selalu berlaku demikian, tergantung dari algoritma yang bekerja pada search engine tersebut.

Bagi Anda pengguna Blogspot, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan fitur deskripsi penelusuran yang tersedia disisi kanan saat Anda membuat posting artikel, tepatnya berada didalam menu posts setting >> search description.

isi deskripsi artikel dengan jelas

Setelah kotak search description terbuka silahkan isi dengan satu kalimat yang menjelaskan artikel sebagai rangkuman singkat tentang artikel secara keseluruhan.

Contohnya pada artikel ini, yang topik utamanya adalah tentang 5 Tips SEO On Page saat menulis artikel, deskripsi artikel yang saya berikan untuk artikel ini adalah

menjelaskan tentang 5 Tips SEO On Page yang bisa Anda lakukan saat menulis artikel blog

Saya yakin Anda bisa lebih kreatif lagi untuk memberikan deskripsi singkat pada artikel yang Anda buat agar lebih SEO friendly.

Jika menu Search Description belum tersedia, Anda perlu mengaktifkan menu ini dengan membuka menu settings >> Search preferences >> Meta Tags. Isi deskripsi Blog Anda kedalam kotak Meta Tags.

Setelah itu simpan perubahan dan kembali ke editor postingan , maka Anda akan menemukan Menu Search Description (bila masih belum muncul, lakukan reload halaman).

Untuk membuat meta deskripsi ini lebih SEO friendly, perhatikan beberapa kriteria berikut.
  • Buatlah rangkuman dan deskripsi artikel yang lebih menarik dan akurat untuk menjaring pengunjung jika mereka membaca deskripsi sebagai cuplikan di hasil penelusuran.
  • Sisipkan kata kunci yang di targetkan dalam artikel tersebut
  • Pastikan bahwa deskripsi artikel tiap halaman berbeda dan unik.


#3. Mengatur Heading Tag


Didalam template di ketahui bahwa ada beberapa macam judul yang umum digunakan yaitu, judul blog, judul artikel, judul widget, sub judul artikel, sub sub judul artikel, dll.

Untuk menandakan sebuah kata ataupun kalimat yang digunakan sebagai judul maka digunakanlah heading tag.

Heading tag punya tingkatan-tingkatan tersendiri, dimulai dari heading tag h1 (paling utama dan umumnya dibuat paling besar) sampai pada heading tag h6 (kurang penting untuk digunakan dan paling kecil ukurannya).

Perlu diketahu bahwa posisi heading tag ini ada yang terletak didalam artikel dan ada yang terletak di template. Untuk heading tag yang ada ditemplate, umumnya digunakan untuk judul blog, judul artikel, ataupun judul widget.

Nah yang akan disampaikan pada poin ini adalah pengaturan heading tag yang ada didalam artikel, sebab untuk mengatur heading tag dalam template , Anda perlu paham kode kode HTML dalam template.

Pengaturan heading tag dalam artikel bisa Anda temukan di bagian seperti pada gambar di bawah ini

Pengaturan heading tag dalam artikel

Cara penggunaanya cukup mudah, Anda tinggal mem-block kalimat yang ingin di jadikan heading, kemudian pilih tag heading yang ingin digunakan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang heading tag Anda bisa membacanya pada artikel berikut

Baca : Title tag dengan heading tag



#4. URL dan permalink


URL dan permalink merupakan salah satu rujukan bagi Search Engine untuk menelusuri isi konten dihalaman tersebut. URL yang singkat, jelas dan padat alias tidak bertele-tele, akan memudahkan search engine memahami apa isi konten yang dikandung dalam artikel tersebut.

Untuk membuat permalink pada artikel Anda agar lebih SEO friendly, Anda dapat memanfaatkan fitur custom permalink yang terletak disisi kanan halaman posting editor blogspot, yaitu pada menu posts setting >> permalink >> custom permalink

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat custom permalink agar lebih seo friendly
  • Gunakan kata kunci yang paling dominan dari artikel
  • Susun dan rangkai kata dalam permalink agar enak dibaca
  • Gunakan hypens (-) untuk memisah kata dalam permalink

Untuk lebih detail tentang permalink, Anda dapat membacanya pada artkel berikut



#5. Optimalkan Gambar


Gambar dalam artikel juga dapat berpengaruh terhadap SEO. Penyebab utamanya, search engine belum mampu untuk menterjemahkan maksud dan arti dalam sebuah gambar sehingga diperlukanlah marking dan kata pengganti dari gambar,intinya agar search engine memahami gambar yang digunakan.

Marking yang digunakan untuk membantu search engine dalam memaknai gambar adalah tag title dan tag Alt.

Untuk penggunaannya juga cukup mudah, silahkan baca pada artikel cara optimasi gambar postingan untuk penjelasan lebih detailnya.


Kesimpulan

Harapan setiap Blogger saat menulis artikel umumnya, mereka ingin artikel yang diciptakan bisa berada di halaman pertama SERP (pun termasuk saya). Namun untuk bisa berada di halaman satu ini ditentukan oleh banyak faktor.  Faktor-faktor penentu ini sangatlah tidak pasti dan bisa berubah-ubah seketika.

Namun dengan metode yang benar (minimal sama dengan langkah sebelumnya) serta sesuai dengan kaidah terupdate dari perubahan algoritma search engine, setidaknya Anda dapat mempersempit cakupan dari ketidak pastian saat mempelajari SEO khususnya SEO on page.

Dengan begitu, maka proses pembuatan artikel yang seo friendly baik untuk pengguna maupun untuk search engine lambat laun dapat Anda ciptakan lebih cepat dan lebih mudah lagi.

Demikianlah artikel 5 Tips SEO On Page yang bisa Anda lakukan saat menulis artikel blog ini bisa saya informasikan , semoga bisa bermanfaat.

14 comments:

  1. Pada awal pertama mengenal blog, Kategori SEO ini, adalah yang paling ingin di pelajari banget, kayanya enak kalau mempunyai artikel dan blog yang SEO one page, namun ternyata istilah "SOP" tidak mudah dan bukan hanya beberapa poin saja yang harus dipelajari, karena setelah saya cari tip dan trik dari para mastah agar mempunyai Artikel yang Seo one page ini, cukup sulit dan membutuhkan waktu dan promosi, apalagi sebagai pemula, perlu belajar terus cari ilmu dari bloger pengalaman sepertinya. Terimakasi buat Penulis atas ilmu yang telah di sampaikan. Sukses dalam segala Aktivitas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya begitu mas semua memang membutuhkan waktu, bawa santai aja mas karena memang begitu prosesnya. Yang penting ga patah semangat dan terus belajar.

      Delete
  2. Belajar SEO memang butuh waktu ya mas, tidak semudah memblikan telapak tangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, ditambah lagi Google selalu update dia punya algoritma, mesti selalu di cek kondisi SEO nya. terkadang cara yang sekarang dipakai manjur dan sangat SEO, tapi dimasa yang akan datang belum tentu bisa dipakai lagi dengan cara yang sama.

      Delete
  3. He..he..
    Kalau saya malah tidak paham tentang SEO, pokoknya yang keluar dipikiran saat ini langsung ditulis he..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung juga sih mas, kalo butuh SEO bisa dipelajari dan di praktekkan untuk menambah jumlah kunjungan. Ngga juga ngga apa2, mana yg di butuhkan aja.

      Delete
  4. Beberapa udah aku coba gan, mulai dari judul postingan, deskripsi dari blognya, gambar, permanliknya yang sering kelewatan dibuat auto padahal harusnya jangan auto biar bisa diedit sendiri. Sejauh ini aku liat, komplit isinya, padet dan emang harus diperhatian. Makasih infonya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang harus begitu mas agar konten yg sudah jadi itu bisa lebih mudah bersaing dengan yg lainnya. Btw thanks sudah berkunjung

      Delete
  5. Artikel yg sangat bermanfaat om 😊

    Izin sedot ilmunya ya 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kedatangan juragan ini sayah. . . heheh silahkan bang izal, semoga bisa bermanfaat :)

      Delete
  6. Mantap mas😊
    Bisa saya jadikan referensi nih😊
    Boleh gak mas😂😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas. Waah terima kasih kunjungannya nih😁

      Delete