Cek kecepatan loading hingga prediksi hilang kunjungan di Testmysite-thinkwithgoogle - Mengelola Blog

Cek kecepatan loading hingga prediksi hilang kunjungan di Testmysite-thinkwithgoogle

Kabar terbaru kali ini yang bisa saya sampaikan adalah tentang update sebuah webtool gratisan besutan Google yang umum dipakai untuk mengetahui kecepatan loading sebuah blog khusus untuk perangkat mobile.

Ya, tools yang satu ini awalnya merupakan turunan dari pagespeed insight yang  sudah lebih dahulu tersedia bagi para webmaster guna memeriksa kecepatan loading blog mereka, namun perubahan yang terjadi kali ini adalah Testmysite saat ini didukung oleh situs pemeriksa kecepatan loading blog yang memang sudah lama berkecimpung soal urusan kecepatan loading yaitu webpagetest.org.

Pada dasarnya kegunaan dari tool ini adalah sama, yaitu sama-sama digunakan untuk memeriksa kecepatan waktu loading sebuah halaman blog. Namun, Testmysite ini lebih ditujukan untuk pemeriksaan kecepatan loading versi perangkat mobile.

Selain itu, pembaruan kali ini juga menambahkan beberapa fitur baru guna memperjelas hasil pengetesan kecepatan loading yang bisa dijadikan acuan bagi para pengelola blog dalam meningkatkan kecepatan loading blognya.


Apa saja pembaruan yang dilakukan ?


Dari hasil penelusuran yang saya lakukan, ada beberapa perubahan yang terjadi terkait update dan pembaruan yang dilakukan pada webtool ini yaitu :


1. Perubahan pada tampilan laman pemeriksaan


Perubahan yang nampak pertama kali pada webtool ini adalah tampilan laman pemeriksaannya. Jika sebelumnya background seorang wanita yang sedang memainkan smartphone, kini tampilan halaman awal pemeriksaan lebih didominasi dengan warna biru berlatar smartphone model flat design.

tampilan testmysite sebelum dan sesudah pembaran
Tampilan testmysite sebelum dan sesudah pembaruan


2. Penambahan nilai prediksi hilangnya pengunjung


Selain menampilkan nilai kecepatan loading, perubahan berikutnya yang nampak adalah munculnya nilai prediksi kehilangan pengunjung yang tampil dalam bentuk persentase. Nilai perkiraan ini mengindikasikan besarnya nilai persentase kehilangan pengunjung terkait hasil kecepatan loading yang sudah didapat.

Nilai prediksi kehilangan penginjung di testmysite
Nilai prediksi kehilangan pengunjung di testmysite


3. Perbandingan kategori seputar niche blog


Selanjutnya, pada laman hasil pemeriksaan juga ada penambahan informasi terkait perbandingan dengan blog dan situs dengan kategori-kategori sejenis. Hasil kecepatan loading yang didapat dari pemeriksaan menunjukan posisi dari performa blog Anda dengan situs sejenis.

Tampilan perbandingan indistri terkait niche
Tampilan perbandingan industri terkait niche

Untuk halaman selanjutnya tidaklah jauh berbeda dengan format sebelumnya yaitu adanya tombol get my free report bagi Anda yang menginginkan laporan yang lebih lengkap terkait pemeriksaan yang sudah dilakukan sebelumnya (meskipun dalam hal ini, menurut saya lebih simple jika kita menggunakan pagespeed insight karena laporan dan rekomendasi perbaikan langsung di tampikan di halaman tersebut tanpa perlu melalui email)


Kesimpulan

Perubahan yang nampak dari pembaruan ini lebih cenderung ada pada tampilan informasi terkait perbandingan kategori dan nilai prediksi kehilangan pengunjung terkait hasil pemeriksaan. Meskipun tidak signifikan namun informasi yang terkandung didalamnya bisa dimanfaatkan guna pengembangan blog.

Nah bagi Anda yang belum pernah mencoba silahkan kunjungi alamat Url tools ini di https://testmysite.thinkwithgoogle.com/ guna memeriksa seberapa cepat loading blog Anda dan seberapa besar persentasi kehilangan pengunjung terkait hasilnya.

Demikianlah artikel Cek kecepatan loading hingga prediksi hilang kunjungan di Testmysite-thinkwithgoogle ini bisa sayasampaikan, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.