Fitur Analytics Intelligence di Google Analytics - Mengelola Blog

Fitur Analytics Intelligence di Google Analytics

Mungkin kita sering mengalami kesulitan ketika menggunakan Google Analytics karena fitur maupun tampilan datanya yang tidak begitu familiar saat dilihat.

Kejadian ini bukan hanya Anda saja yang merasakan, sayapun masih seperti itu.

Banyaknya ragam metrik dan segmen rekaman data dari aktifitas pengunjung di blog yang bisa dibuka dan dilihat seringkali membuat kita menjadi gagal fokus tentang apa yang kita butuhkan dari data-data dalam Google Analytics tersebut.

Meskipun awalnya kita sudah menargetkan tentang apa yang kita butuhkan dari data di Google Analytics, namun sering kali lenyap ditengah-tengah kunjungan, hingga akhirnya hanya berputar-putar tanpa mendapatkan hasil.

Kesulitan tersebut mungkin saat ini bisa dikurangi, pasalnya saat ini Google Analytics sudah membenamkan fitur baru bernama analytics intelligence kedalam Google Analytics, fitur yang sebenarnya sudah beberapa lama waktu muncul di Aplikasi Android kini juga sudah tersedia pada versi desktopnya.

Fitur Analytics Intelligence di Google Analytics


Fitur Analytics Intelligence


Dilansir dari laman dukungan tentang Google Analytics, fitur analytics intelligence ini adalah kumpulan fitur yang menggunakan machine learning untuk membantu kita memahami dan menangani data dengan lebih baik.

Namun sayangnya, untuk melakukan pencarian data, fitur ini belum bisa menghandle bahasa indonesia, sehingga kita wajib menggunakan bahasa Inggris saja sebagai bahasa utama pencarianya.

Adapun Fungsi dari Fitur Analytics Intelligence ini mencakup tiga fungsi yaitu :

1. Jawaban atas pertanyaan Anda

Ajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris yang sederhana dan dapatkan jawaban yang cepat. Seperti contohnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti “Which channel had the highest goal conversion rate”, dan Analytics akan menampilkan daftar berperingkat untuk rasio konversi sasaran menurut saluran.

2. Insight

Analytics Intelligence akan meng-crawl data Anda dan memunculkan insight tentang perubahan atau peluang penting yang harus Anda perhatikan.

Misalnya, Insight dapat menunjukkan bahwa halaman landing tertentu berperforma lebih baik dari biasanya.

3. Pemodelan pengguna dan konversi

Analytics Intelligence mendukung Smart Goals, Smart List, dan Kualitas Sesi, yang menggunakan machine learning untuk membuat model konversi dan dapat digunakan dalam membuat audiens.

Baca juga :
  1. Menggunakan Google Analytics halaman reporting
  2. Menggunakan Google Analytics halaman admin


Cara menggunakan Fitur Analytics Intelligence


Untuk menggunakan fitur ini, kita hanya cukup mengklik dan memilih ikon lingkaran dengan titik di sudut kanan atas dalam halaman Google Analytics, hingga kemudian, di sisi kanan layar akan muncul kotak pencarian.

Analytics intelligence
 sumber gambar : https://analytics.googleblog.com

Ketikkan kata kunci pencarian dengan menggunakan bahasa Inggris seperti contohnya Berapa jumlah pengunjung mobile (How many mobile users) atau Berapa halaman yang terbanyak dilihat minggu lalu (most visited pages last week).

Kita dapat menambahkan pertanyaan pertanyaan lain yang kita butuhkan datanya, namun tetap menggunakan bahasa Inggris.

Setelah itu, akan muncul hasilnya di bagian bawah kotak pencarian tadi berupa ringkasan data yang kita butuhkan. Jika kita ingin menampilkan data sepenuhnya , maka kita tinggal meng klik tombol "Go To Report" yang persis terletak di bawah ringkasan data.

Dengan mengklik tombol "Go To Report" maka kita akan langsung disajikan data-data tersebut secara lengkap disisi kiri layar.


Kesimpulan


Fitur Analytics Intelligence di Google Analytics ini sangat memudahkan kita yang membutuhkan data-data lebih cepat yang sesuai dengan kebutuhan guna mempersiapkan strategi baik konten maupun hal lainnya terkait pengelolaan dan pengembangan blog.

Demikianlah artikel tentang Fitur Analytics Intelligence di Google Analytics ini bisa saya sampaikan smoga bisa bermanfaat.

2 comments:

  1. Hanya bisa diakses via web y? Adakah bisa diakses via aplikasi smartphone?

    ReplyDelete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.