HTTPS untuk Custom Domain Blogger - Mengelola Blog

HTTPS untuk Custom Domain Blogger

Ngeblog itu bukan hanya sekedar nulis artikel lalu posting. Salah satu hal yang mesti bisa dikuasai untuk menjadi blogger adalah pengkodean serta beberapa pengaturan terkait masalah teknis.

Setidaknya  kemampuan teknis ini bisa digunakan untuk mengupdate kondisi-kondisi terkini,  terkait dengan pembaruan program atau pengaturan yang sering terjadi dalam dunia blogger.

Seperti contohnya yang belum lama ini terjadi, dimana telah muncul update dan pembaruan fitur HTTPS di blogger.

Sebagai gambaran, fitur HTTPS ini sebelumnya hanya bisa digunakan untuk blog yang menggunakan akhiran .blogspot.com saja (silahkan baca artikel terkait redirect ke https blogger disini), kini fitur tersebut sudah bisa digunakan untuk blog yang menggunakan custom domain (blog yang akhirannya .com dan sejenisnya).

Tentu saja hal ini sangat menggembirakan bagi setiap blogger yang memang menggunakan custom domain.

Pasalnya, untuk menggunakan fitur HTTPS ini sebelumnya, blog dengan custom domain harus memanfaatkan jasa pihak ke tiga, ada yang berbayar, ada pula yang gratis seperti Cloudflare.

Namun kini, hal tersebut sudah bukan lagi suatu kendala karena Google sendiri melalui blogspotnya sudah menyediakan fitur https tersebut dan bisa digunakan secara gratis (meskipun saat artikel ini dirilis, belum ada pernyataan resmi dari Google sendiri terkait fitur yang dimunculkan tersebut).

FITUR HTTPS UNTUK CUSTOM DOMAIN BLOGSPOT


Cara mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger untuk custom domain


Yang pasti, untuk menggunakan fitur ini blog anda sudah berstatus Top Level Domain (TLD). Artinya, blog anda sudah tidak menggunakan akhiran .blogspot.com lagi, melainkan berakhiran hanya .com saja, atau .net saja, atau yang sejenisnya.

Lagipula, fitur ketersediaan HTTPS (HTTPS Availability) tidak akan muncul jika blog anda belum menggunakan custom domain :)

Untuk mengaktifkannya ikuti langkah dibawah berikut

1. Login ke blogspot Anda (sebaiknya masuk melalui https://draft.blogger.com), karena dibeberapa kejadian, mengakses dashboard blog dari https://www.blogger.com menu untuk ketersediaan HTTPS ini juga tidak muncul)
2. Klik menu Settings di sebelah kiri layar
3. Pilih menu Basic lalu perhatikan pada sub menu HTTPS
4. Pada pilihan HTTPS Availability ubah "No" menjadi "Yes" lalu tunggu beberapa saat hingga layar merefresh secara otomatis.

mengaktifkan fitur redirect https untuk custom domain di blogspot

Catatan :
Saat ini blog anda sudah memiliki ketersediaan jalur HTTPS. Untuk beberapa saat (tidak sampai 5 menit saat saya coba), maka blog Anda sudah bisa diakses melalui protokol HTTPS. Ini artinya, pengunjung dari kedua protokol (http dan https) dapat mengakses blog Anda.

Misalnya, ketika pengunjung mengklik link di blog anda yang protokolnya http, maka ia akan masuk ke halaman yang protokolnya http juga, begitu pula dengan yang https. Ketika pengunjung masuk menggunakan protokol https, maka yang terbuka adalah halaman https nya.

Namun, menurut beberapa informasi, hal ini kurang baik dari sisi keamanannya. Oleh karena itu, blogger juga menambahkan fitur untuk Redirect (pengalihannya) yang bisa anda lihat pada menu HTTPS Redirect.

5. Silahkan lanjutkan dengan memindahkan HTTPS Redirect ke posisi Yes dan tunggu hingga layar me-refresh otomatis.

Catatan :
Setelah halaman ter-refresh kembali, maka kedua fitur berada pada posisi YES, baik untuk HTTPS Availability ataupun untuk HTTPS Redirect nya. Namun untuk proses yang kedua ini, waktunya cukup lama (tapi ngga lebih dari 30 menit) Istilahnya disebut masa propagasi / masa peralihan.

Saat kondisi propagasi ini, biasanya blog anda tidak bisa di akses dan akan menampilkan gambar seperti dibawah ini.

saat propagasi http ke https

Setelah masa propagasi selesai, maka blog custom domain anda sudah bisa diakses dengan hanya menggunakan protokol https saja. Ini artinya, ketika pengunjung masuk melalui semua link yang menggunakan protokol http akan langsung dan otomatis dialihkan ke protokol https.

Berikut adalah kondisi perubahan protokol dari http ke https untuk blog custom domain yang sudah saya lakukan di blog ini.

hasil perpindahan http ke https



Kesimpulan


Kehadiran fitur pengalih protokol dari http ke https untuk custom domain di blogspot ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan bagi para penggunanya.

Selain karena sifatnya yang gratis digunakan, cara penggunaannya pun terbilang cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

Tinggal menggeser tombol pengaturan yang sudah disediakan, maka dalam beberapa menit kedepan, protokol blog custom domain anda sudah beralih ke https.

Bagaimana dengan Anda ? sudah beralih ke https ?

14 comments:

  1. Makin nyaman aja di blogspot karena ssl bisa di custom domain. Jadi galau mau pindahin blog ke blogger semua atau tidak sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang blogger ni tambah lengkap fiturnya mas, setidaknya saat ini lebih cepet updatenya.

      Tapi kalau bikin galau ya janganlah mas kan masing2 platform punya kelebihan dan kekurangan.

      Delete
    2. Masalahnya saya masih manusia mas teguh. Kadang sifat serakah itu menyatroni 😁 pengennya modal kecil tapi untung guedhe 😂

      Delete
    3. Bukan serakah berarti mas. Hanya mempraktekan prinsip ekonomi yang super ketat aja . . 😂😂 Hehehhe

      Delete
  2. Tanya bang;
    Setelah mengaktifkan fitur https, apa yang harus dilakukan?
    1. Apakah harus submit ulang di webmaster tool? [google, bing dll]
    2. Cara submit sitemapnya gimana ya?
    Terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah aja properti baru di gwt mas.lakukan cara yang sama dengan http.

      Kemudian robot.txt nya diubah menjadi https.

      Delete
    2. Nambahin nih. Ane kebetulan nyoba di WP.com yg udah custom domain. Jadi begitu ane tambahin property baru misal sebelumnya https:// aja trus mau pakai www setelah https:// tadi, ane ga perlu nambahin sitemap lagi. Sepertinya crawl webmaster bisa deteksi robot.txt yang udah ada https dan yang gak pakai https.

      Note: umur blognya udah lebih dari tiga bulan

      Delete
    3. Kalau ngga salah itu kan redirect ya mas, dari non www ke www. Setau saya jika itu yang dilakukan keknya memang ngga perlu ubah robot.txt.

      Yang saya baca di panduan migrasi http ke https (https://support.google.com/webmasters/answer/6033049 bagian HTTP->HTTPS migration FAQs), direkomendasikan robot.txt nya terpisah antara http dan https.

      Tapi kan blogspot hanya menyediakan 1 tempat buat file robot.txt yang bisa diakses dari 2 protokol, jadi saat ini yang saya lakukan adalah mengikuti update yaitu mengubah robot.txt dari http ke https baik yang didashboard , pun yang disearch console.

      Cuma ini saya masih belum yakin, soalnya baru di coba kemarin, belum ada recrawl ulang dari google.

      Delete
  3. https nya apakah bisa aktif selamanya ngga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditanya selamanya aktif atau ngga ya tergantung Googlenya gan. Kita kan tinggal pakai aja.

      Delete
  4. Maaf mas mau tanya dan mohon bantuanya,
    saya sudah mengalihkan blog custom saya ke https, halaman utama/home/beranda masih bisa di akses, setelah saya klik di judul postingan, artikel postingannya kosong tidak muncul, Mohon bantuanya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicoba fetch as google belum mas halaman postingnya? coba cara itu aja dulu biar ketahuan bisa diakses ngga halaman postnya sama bot google.. kalo bisa.. mungkin belum seluruh laman blog mas di rayapi ulang sama googlebot

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.