Langkah yang sebaiknya dilakukan setelah pindah dari http ke https

Kalau pada minggu lalu kita sudah membahas tentang bagaimana mengaktifkan fitur terbaru yang dikeluarkan Blogspot terkait dengan https di custom domain blogger, maka kali ini saya akan memberikan informasi terkait dengan apa yang perlu dilakukan setelah kita mengaktifkan fitur tersebut.

Ya, mengaktifkan fitur https ini memiliki beberapa resiko yang bisa membuat kita ngga enak tidur akibat traffik blog yang terus meluncur turun alias merosot lebih rendah dari biasanya.

Kondisi ini bisa terjadi karena salah satu pengaturannya adalah me-redirect (mengalihkan) dari http ke https. Jika protokol httpsnya tidak dapat dibuka baik melalui www atau non www maka otomatis semua pengunjung blog tidak bisa masuk dan mengunjungi blog kita.

Kalau kejadiannya cuma sementara, mungkin ngga masalah. Namun kalau terus menerus tanpa kita ketahui dan kita juga mendiamkannya tentu ini tanda ngga baik namanya.

langkah setelah pindah http ke https

Menurut apa yang saya alami, hasil pengalihan dari http ke https yang baik memiliki ciri sebagai berikut :
  1. Blog bisa diakses dari beberapa protokol dan format namun tetap mengarah ke protokol https tanpa mengalami status mixed content.
  2. Status Indeks pada protokol https di Search Console bergerak naik
Dua ciri tersebut menurut saya cukup menjadi patokan untuk mengetahui bahwa perubahan protokol dari http ke https di blog custom domain sudah berjalan dengan lancar.

hasil setelah pindah dari http ke https

Untuk memastikan perubahan yang sudah dilakukan berjalan dengan baik, maka berikut langkah-langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan setelah perubahan protokol http ke https



#1. Ganti semua jalur http di template blog menjadi https


Langkah ini penting untuk dilakukan untuk menghindari terjadinya status mixed content di blog. Tau kan maksudnya mixed content ?

Mixed content berarti dihalaman blog anda terdapat dua protokol yaitu http dan https secara bersamaan dalam satu halaman, dan ini dianggap tidak aman sehingga browser biasanya memunculkan status dengan icon bulat ber tanda seru ataupun icon gembok dengan segitiga kuning disampingnya.

contoh mixed content

Untuk mengubah http ke https melalui edit HTML blog silahkan ikuti langkah dibawah berikut
  1. Masuk ke menu edit html template blog
  2. Klik kiri terlebih dahulu dalam kotak yang berisi kode html template blog
  3. Setelah itu klik ctrl + shift + r  pada keyboard secara bersamaan untuk membuka fungsi replace all
  4. Ketik http:// pada kotak replace all lalu enter
  5. Ketik https:// kembali pada kotak with, lalu tekan enter
  6. Simpan template
Catatan:
Pada beberapa kejadian, ada protokol http yang tersembunyi didalam kode javascript dan tidak ikut terubah menjadi https ketika menggunakan cara diatas. Hal ini menyebabkan mixed content tetap ada. Oleh karena itu, sebaiknya lepas terlebih dahulu kode javascript tersebut saat pengeditan.

Setelah isi kode html template yang menggunakan protokol http sudah kita ubah semua ke https, langkah selanjutnya adalah menambahkan properti baru untuk https di search console.



#2. Tambahkan Properti https blog di Search Console


Menambahkan properti https untuk blog yang sama memang diperlukan karena Google menganggap http dengan https berbeda URL meskipun blognya sama (silahkan baca : apa itu pemindahan situs - Google)

Singkatnya, ketika protokol berubah, maka kita perlu mendaftarkan juga alamat url blog yang menggunakan https. Jadinya akan ada 2 properti di Search console untuk 1 blog.

Menambahkan properti https di search console

Untuk menambahkannya, gunakan cara yang sama seperti ketika mendaftarkan blog pertama kali di Search Console, namun kali ini menggunakan https yaitu:
  1. Masuk search console
  2. Klik Tambahkan properti
  3. Pada kotak pilih situs web dan isikan url blog anda dengan protokol https lalu tekan "tambah"



#3. Perbarui sitemap pada robot.txt


Pada saat ini kita sudah menambahkan properti blog dengan protokol https, langkah selanjutnya adalah memeriksa robot.txt
  1. Masuk ke menu perayapan > penguji robot txt
  2. Periksa pada sitemap dalam kotak robot.txtnya apakah sudah https atau masih http
  3. Jika masih http, ganti dengan https lalu tekan tombol kirim
Untuk memeriksanya tunggu setidaknya 1 menit, lalu klik tulisan lihat robot.txt langsung.

Jika masih belum berubah, coba periksa setelan custom robot.txt di dashboard blogger.

Masuk dashboard Blogger
  1. Klik menu Setting
  2. Klik search preference
  3. pilih sub menu Crawler and indexing bagian Custom robots.txt
  4. Jika disable biarkan, namun jika enable klik pada tulisan edit
  5. periksa sitemapnya, jika masih http ganti dengan https
  6. simpan perubahan
Pastikan sitemap pada custom robot.txt di dashboard blogger juga sudah menggunakan settingan https.



#4. Tambahkan peta situs / sitemap untuk protokol https


Setelah robot.txt sudah, lanjut ke langkah selanjutnya. Masih pada menu perayapan
  1. Pilih Peta situs / Sitemap
  2. Klik tambahkan uji peta situs
  3. Ketik sitemap.xml pada kotak yang tersedia
  4. Klik kirim untuk mengirim peta situs.



#5. Lakukan Fetch as Google kembali


Langkah terakhir yang perlu dilakukan setelah melakukan perubahan dari http ke https adalah dengan melakukan fetch as Google. Masih pada menu perayapan
  1. Pilih Fetch as Google
  2. Klik pada ambil dan render
  3. Klik pada tombol minta pengindeksan
  4. Centang pada captcha
  5. Pilih rayapi url ini dan link langsungnya
  6. Kirim
Setelah semua langkah diatas dilakukan, maka kita tinggal menunggu proses pengindeksan ulang blog kita yang sudah berjalur https. Proses ini memakan waktu lebih dari sehari, jadi sebaiknya selalu pantau perubahan pada search console untuk memastikan prosesnya berjalan lancar.


Kesimpulan


Merubah protokol http ke https di blog berarti merubah bentuk URL blog. Hal ini membutuhkan perlakukan yang sama seperti blog baru di search console.

Mulai dari menambahkan properti, memeriksa robot.txt untuk properti yang ditambahkan, mensubmit ulang peta situs hingga meminta pengindeksan kembali untuk properti httpsnya.

Dengan perlakukan yang benar ketika melakukan perpindahan dari http ke https maka kerugian-kerugian setelah memindah protokol bisa dihindari dan blog menjadi lebih aman dimata Google karena sudah menggunakan jalur https. Demikian artikel ini saya sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

8 comments:

  1. Min mau tanya, apakah alamat web http pada Webmaster juga perlu di hapus seetelah menambahkan alamat Https (terbaru), atau kita biarkan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkan saja mas untuk jaga-jaga kalau sewaktu-waktu ada perubahan aturan lagi.

      Delete
  2. gan mau tanya punya saya tadinya pakai domain blogspot dan sekarang udh TLD tapi masih http,apa bisa pindah ke https gan trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya kaya artikel yg agan tulis ya..ok trims gan

      Delete
    2. iya mas, trims juga kunjungannya :)

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.