Mengenal Favicon blog dan cara menggantinya

Meskipun letaknya tidak terlalu besar dan kerap terabaikan mata karena posisinya yang berada di tab browser, Favicon cukup ampuh untuk membantu pengunjung mengingat kembali blog tujuan yang pernah ia kunjungi.

Ya, pendapat ini sejalan dengan pengalaman yang saya alami ketika mencari-cari ide tulisan dan blogwalking di blog-blog lainnya.

Ketika membaca artikel di blog lainnya, saya kerap mem-bookmark blog-blog yang bisa menjadi sumber ide dan bahan untuk membuat artikel atau sekedar menjadi pendukung untuk menguatkan isi artikel di blog ini.

Maka tak ayal, kegiatan mem-bookmark halaman web ini menyebabkan isi file bookmark menjadi bejubel dan penuh. Bahkan ada yang sudah lama namun jarang dilihat kembali.

Nah, salah satu cara untuk mengingat mana laman yang memang terkait dan dibutuhkan, maka saya kerap mengingat Faviconnya selain alamat blog dan judul postingannya. Dengan menggunakan salah satu atau gabungan dari ketiganya, maka saya dengan mudah menemukan artikel bookmark yang saya butuhkan.

cara mengganti favoicon blog di blogspot


Apa sih Favicon itu?


Secara garis besar Favicon adalah kependekan dari Favourites Icon, berupa gambar ikon kecil dengan ekstensi file .ico yang memiliki ukuran 16 x 16 piksel. Favicon dapat berupa logo blog, huruf pertama atau gambar generik yang mewakili jenis blog Anda.

Favicon kerap di gunakan pada tab browser, riwayat browser, atau pada file bookmark seperti yang sudah saya sampaikan diatas. Berikut contoh-contoh penggunaan favicon

cara mengganti favoicon blog di blogspot


Mengapa Kita Perlu Menggunakan Favicon?


Disadari atau tidak, Favicon menjadi salah satu bentuk dari cara pemasaran yang berfungsi untuk membantu orang lain mengenali blog anda. Pasalnya Favicon blog yang menjadi bawaan blog-blog blogspot bentuknya selalu sama yaitu huruf "B" berwarna putih dengan background berwarna orange.

Nah, atas dasar tersebut, setidaknya ada empat alasan utama perlunya penggunaan favicon di blog.
  1. Blog menjadi lebih mudah dikenali karena memiliki ciri khusus
  2. Menampilkan Brand dari Blog anda
  3. Menjadi pembeda antara blog anda dengan blog-blog lainnya
  4. Memberikan kesan lebih dapat dipercaya serta lebih profesional.


Bagaimana cara mengganti Favicon di Blogspot?


Untuk mengganti Favicon Blog, kita membutuhkan gambar berbentuk kotak dengan minimal 16 piksel lebar dan 16 piksel tinggi dengan file berekstensi .ico. Besar kapasitas file jangan lebih dari 100kb karena otomatis tidak akan bisa diupload.

Jika kesulitan untuk membuatnya, anda tidak perlu susah-susah untuk membuat file ico tersebut, karena banyak sekali situs-situs penyedia file untuk Favicon Blog ini.

Seperti contohnya pada situs iconarchive.com atau pada www.iconfinder.com. Perhatikan kondisi berikut untuk memilih icon yang ingin digunakan
  1. Gunakan icon yang sifatnya commersial use free, atau bebas digunakan meskipun untuk kegiatan komersil sekalipun, tujuannya untuk mencegah hal-hal terkait copyright.
  2. Ketika menyimpan filenya pilih yang file berkestensi ico untuk mempermudah proses upload.

Cara mengganti Favicon di Blogspot


cara mengganti favicon blog
  1. Masuk ke akun Blogger kalian.
  2. Pilih menu Layout / Tata Letak.
  3. Di halaman Tata Letak, lihat widget Favicon dan klik tulisan edit.
  4. Setelah masuk ke widget tersebut, klik Pilih File untuk mengupload file favicon yang sudah disiapkan.
  5. Setelah proses upload selesai, klik Simpan.
  6. Jika berhasil maka icon akan muncul di address bar blog kalian.

Catatan
Setelah proses ganti favicon, biasanya favicon di browser tidak akan langsung terganti. Tunggu beberapa saat atau lakukan clear cache pada browser. Biasanya tidak sampai 5 menit favicon blog sudah terganti.

Baca juga :


Kesimpulan


Secara garis besar, favicon menjadi simbol identitas blog anda yang bisa digunakan untuk membantu pengunjung saat mengenali dan mengingat kembali blog anda.

Meskipun cara mengganti favicon blog di blogspot terbilang sangat mudah, namun perlu di ingat untuk tidak sering menggonta-gantinya karena dapat memberikan pengalaman yang kurang baik pengunjung blog Anda.

Demikianlah artikel tentang Mengenal Favicon blog dan cara menggantinya bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat

4 comments:

  1. Setelah dijelaskan dirasa sangat perlu ini dilakukan dan penting sekali apalagi bagi blog yang dikelola pribadi supaya lebih mudah nempel dihati pengunjung jika sudah mempunyai Icon di website apalagi icon-nya unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kalau menurut saya pribadi sih memang perlu mas, karena menyangkut dengan kemudahan untuk mengingat kembali selain sebagai branding blog.

      Delete
  2. Untuk blog pribadi saya, saya memilih favicon gambar diri saya sendiri. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sah-sah aja mas rifan, karena fungsi pembeda dan branding pribadinya bisa berjalan kan :)

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.