Solusi Hilangnya View Image Button - Mengelola Blog

Solusi Hilangnya View Image Button

Dalam dunia perbloggeran, peran gambar dalam sebuah postingan terbilang cukup penting untuk ditampilkan. Setidaknya gambar bisa memberikan pesan secara visual tentang isi konten yang akan disampaikan dalam artikel tersebut.

Untuk menampilkan gambar di dalam postingan, memang sebaiknya menggunakan gambar hasil karya sendiri karena jelas tidak akan melanggar hak cipta siapapun. Namun seringnya, kita tidak memiliki gambar yang cukup untuk merepresentasikan pesan visual ke dalam konten yang sudah kita buat.

Oleh karena itu, melakukan pencarian gambar melalui search engine ataupun melalui situs-situs penyedia gambar gratis kerap dilakukan, selain mudah, gambar yang tersedia juga cukup banyak, menarik dan variatif.


Dihapusnya Tombol View Image Button


Sejalan dengan pencarian gambar melalui search engine, Google baru-baru ini telah menghapus salah satu bagian terpenting dari pencarian gambar.

Solusi Hilangnya View Images Button
Letak tombol View Image yang masih ada

Ya, mereka telah menyingkirkan tombol "View Image" pada navigasi pencarian gambar dan menyebabkan kita akan sedikit kesulitan untuk mengakses gambar full pada gambar yang sedang dicari, atau mengunduhnya untuk digunakan kemudian.

Hal inipun juga berlaku untuk pencarian gambar bebas hak cipta yang sering digunakan sebagai bagian dari konten blog. Ini artinya, kita hanya diberi pilihan untuk melihat gambar di halaman yang menghostingnya.

solusi hilangnya view images button
Hilangnya tombol View Image

Google awalnya mengatakan bahwa perubahan telah dilakukan "untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs web yang bermanfaat", dan menekankan bahwa tampilan pada tombol halaman masih akan ada.

Namun kemudian dikatakan kembali bahwa perubahan tersebut terjadi karena adanya kesepakatan dengan Getty Images yang merupakan situs penyedia gambar dalam upaya untuk melindungi konten gambar yang mereka miliki dari aksi pencurian gambar melalui search engine Google.


Mengatasi Hilangnya Tombol View Image


Ketika gambar pencarian sudah kita temukan dalam pencarian gambar dan mengklik tombol "View Image" dalam pencarian, kita biasanya akan melihat gambar full disaat masih berada di laman pencarian.

Namun kali ini, disaat tombol "View Image" sudah dihilangkan dan kemudian kita meng"klik" gambar yang tersedia, kita akan segera diarahkan langsung menuju situs tempat gambar itu diletakkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara yang cukup mudah untuk menggantikan "fungsi" dari tombol "View Image" yaitu,


1. Buka Gambar di Tab Baru

Saat melakukan pencarian gambar, klik kiri terlebih dahulu gambar sehingga muncul navigasi laman untuk melihat gambar tersebut seperti pada gambar dibawah ini

Solusi hilangnya view images button 2
Klik gambar hingga terbuka navigasi gambar

Setelah gambar terbuka, lakukan klik kanan tepat diatas gambar yang baru terbuka lalu pilih menu "Buka gambar di tab baru". Dengan begitu, gambar ukuran full (sesuai ukuran aslinya) akan terbuka.

Solusi hilangnya view images button 3
Klik kanan pada gambar dan pilih buka gambar di tab baru

Jika anda langsung mengklik kanan gambar saat belum terbuka menu navigasinya, maka gambar yang tampil pada tab baru ukurannya akan lebih kecil dengan kualitas yang kurang baik.

Baca Juga :


2. Tambahkan Ekstensi "View Image" di Google Chrome

Selain cara diatas, kita juga dapat menambahkan ekstensi "View Image" di browser Gogle Chrome kita agar setiap kita membuka gambar, tombol "View Image" akan kembali tersedia dan kta bisa melakukan pengunaan gambar seperti biasa.
Solusi hilangnya view images button 4
Salah satu ekstensi chrome untuk view image 


Kesimpulan


Pada dasarnya, bagi blogger fungsi tombol "View Image" ini tidaklah terlalu krusial karena umumnya blogger memiliki banyak alternatif penyelesaian. Akan lain halnya bagi pengguna awam yang memang membutuhkan gambar untuk keperluannya masing masing dan mencarinya melalui search engine.

Namun begitu, mulai saat ini sebaiknya kita sebagai blogger juga ikut membiasakan diri untuk mengikuti perubahan terkait hak cipta pada gambar yang ingin kita gunakan dalam konten blog.

Salah satunya adalah dengan melakukan pencarian gambar yang hak ciptanya bebas untuk digunakan baik dengan modifikasi atau tanpa modifikasi.

Demikianlah artikel tentang "Solusi Hilangnya View Image Button.."  ini bisa saya sampaikan , semoga bisa bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.