5 Langkah Mengelola Waktu Untuk Blogger

Mengelola waktu untuk aktifitas ngeblog memang tidak mudah. Tidak jarang bagi kamu yang sedang jatuh cinta pada dunia blogging untuk begadang setiap malam guna menyelesaikan desain blog  yang SEO friendly, merampungkan artikel atau hanya sekedar mencari ide.

Rasa dan keinginan untuk segera menyelesaikan artikel tersebut dan segera mempublishnya atau untuk memastikan SEO blog mengalami peningkatan yang signifikan, mengalahkan akal kita untuk segera beranjak ke ranjang dan beristirahat dalam tidur yang lelap.

Bisa jadi setelah bangun pagi pun, tentu  yang pertama kali dilihat terlebih dahulu adalah statistik blog, berapa ya jumlah pengunjung dan halaman yang dilihat ? atau berapa ya klik iklan yang terjadi semalam ?

Rasanya hal yang satu ini  hampir dialami oleh sebagian besar blogger, dan sayapun juga mengalami hal yang serupa ketika memulai kegiatan ngeblog. Untuk beberapa waktu, mungkin hal tersebut bukanlah masalah yang serius, namun bisa kamu bayangkan bagaimana jika hal tersebut terjadi setiap hari dan berulang terus menerus ?
5.Langkah.Mengelola Waktu.Untuk.Blogger
5 Langkah Mengelola Waktu Untuk Blogger

Membuat sebuah blog memang mudah, namun untuk mengelolanya bukanlah perkara yang gampang. Dibutuhkan pengetahuan dan tingkat disiplin yang tinggi supaya blog yang kamu buat tadi bisa memberikan manfaat untuk pembaca blog ataupun untuk diri kamu sendiri.

Dalam artikel kali ini , saya akan memberikan 5 langkah mengelola waktu untuk blogger.  Ok , kita langsung saja membahas langkah apa yang diperlukan untuk mengelola waktu ngeblog tersebut.

Langkah #1. Tentukan hasil yang ingin kamu capai dalam kurun waktu tertentu


Mengetahui hasil yang ingin kamu raih dari kegiatan ngeblog  merupakan hal penting dan mendasar dalam mengelola waktu ngeblog . Apalagi hasil yang ingin kamu raih memiliki nilai yang lebih spesifik.

Hasil yang lebih spesifik dapat membantu kamu untuk menentukan langkah-langkah yang tepat dan sesuai guna mencapai hasil tersebut. Seperti contoh,  kamu ingin ngeblog dengan hasil membuat 20 posting artikel dalam satu bulan. Maka selama satu bulan kedepan kamu perlu mengatur langkah dan mengelola waktu dengan tepat supaya kamu bisa membuat 20 artikel ke dalam blog kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa hasil dapat dicapai  berdasarkan rencana proses yang akan kamu lakukan, oleh karena itu,  menentukan hasil terlebih dahulu akan membantu kamu dalam memetakan dan mengelola waktu untuk kapan membuat jadwal publish artikel, kapan membuat draft postingan, kapan harus menggali ide untuk sebuah posting artikel, dan hal-hal lain yang dibutuhkan untuk mencapai hasil tersebut.

Didalam menentukan hasil yang ingin kamu raih, ada baiknya kamu juga mempertimbangkan kemampuan yang kamu miliki, usahakan untuk tidak terlalu membebani diri kamu sendiri dengan waktu ngeblog yang ketat.

Perlu diketahui juga , bahwa kegiatan ngeblog ini merupakan kegiatan jangka panjang  yang sangat menyita waktu dan kreatifitas, maka sangat diperlukan oleh kamu untuk mengelola waktu secara tepat sehingga keseimbangan waktu dalam beraktifitas sehari-hari bisa terjaga.

Langkah #2. Pecahkan hasil menjadi beberapa kategori


Setelah kamu dapat menentukan hasil spesifik dari kegiatan ngeblog kamu dalam kurun waktu tertentu, langkah selanjutnya adalah memecahkan hasil tersebut menjadi beberapa kategori lagi. Hal ini perlu kamu lakukan supaya kamu dapat menentukan berapa lama waktu kamu untuk menyelesaikan hal tersebut.

Kembali kita lihat pada contoh hasil di poin pertama tadi yaitu membuat 20 artikel selama satu bulan. Yang kita ketahui disini hanyalah hasil 20 artikel yang sesuai dengan tema blog kamu tentunya. Rasanya akan sangat sulit buat blogger pemula ( seperti saya contohnya :P ) membuat 20 artikel dengan satu kategori saja dalam satu bulan. Oleh karena itu, diperlukan pemecahan kategori lagi untuk menghindari kejenuhan pada artikel dengan topik yang sama.

Hal tersebut bisa saja dilakukan dengan memecah 20 artikel tersebut menjadi 4 atau 5 kategori lagi seperti contohnya  artikel dengan topik Cara Membuat artikel,  Artikel SEO, Artikel Blog Desain, Artikel Widget Blog, Artikel Sosial media, dll, yang tentunya wajib kamu sesuaikan dengan tema blog kamu.

Langkah #3. Susun Kategori berdasarkan Prioritas


Dari hasil pemecahan kategori pada poin ke 2 diatas, langkah selanjutnya dalam mengelola waktu ngeblog menjadi lebih efisien adalah menyusun prioritas kategori yang akan kamu kerjakan. Misalnya kamu hanya akan membuat Artikel SEO pada minggu pertama, dilanjutkan cara membuat artikel pada minggu ke dua, dan seterusnya.

Atau, kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa kategori artikel yang akan kamu buat dalam satu minggu dan mengakumulasikannya sehingga menjadi 20 artikel dalam satu bulan.

Penyusunan kategori ini akan memudahkan kamu dalam mengatur ide dan menghindari kejenuhan pada satu topik artikel saja, sehingga efisiensi dan variasi artikel  dalam blog kamu bisa tetap terjaga.

Langkah #4. Masukkan Susunan kategori kedalam plot waktu


Langkah selanjutnya setelah mendapat susunan kategori artikel yang sudah kamu prioritaskan adalah dengan memasukkan susunan tersebut kedalam plot waktu yang disesuaikan dengan hasil yang ingin kamu capai yaitu 20 artikel dalam  satu bulan.

Rata-rata, dalam satu bulan memiliki 30 hari atau dalam hitungan mingguan ada 4 minggu. Artinya kamu bisa memecah 20 artikel tersebut menjadi 4 atau 5 artikel yang wajib kamu selesaikan dalam waktu 1 minggu.   Susunan kategori yang sudah kamu dapat, kemudian tinggal kamu masukkan kedalam plot waktu tersebut, misalnya seperti berikut.

  1. Senin : Artikel kategori  tentang cara membuat artikel
  2. Selasa : Artikel kategori tentang SEO
  3. Rabu : Libur ngeblog
  4. Kamis : Artikel kategori tentang widget blog
  5. Jumat : Artikel kategori tentang sosial media
  6. Sabtu : Artikel kategori tentang desain blog
  7. Minggu   : Libur ngeblog 

Tentu susunan plot waktu diatas dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan waktu yang kamu miliki. Dengan mengetahui langkah ngeblog berdasarkan plot waktu dan kategori artikel dalam satu hari, tentu akan memudahkan kamu untuk mengelola waktu ngeblog tersebut, kapan dan berapa lama artikel tersebut bisa kamu selesaikan.

Sampai disini tentu kamu sudah bisa memiliki gambaran proses langkah yang akan kamu lakukan guna menyelesaikan 20 artikel dalam satu bulan.

Langkah #5. Tambahkan waktu luang 


Jika dilihat pada plot waktu pada poin no 4 diatas, hari rabu dan minggu berisi libur ngeblog.  Hal ini sangat diperlukan untuk segala macam hal (tidak hanya terbatas pada kegiatan ngeblog saja). Memberikan waktu luang untuk diri sendiri ataupun keluarga dan keluar dari rutinitas harian sangat membantu kamu untuk menjaga konsistensi terhadap ide maupun kreatifitas selama ngeblog.

Hari-hari libur tersebut bisa kamu isi dengan mencari ide dan membuat draft tulisan yang kemudian kamu dapat mengumpulkannya dalam satu catatan. Dengan begitu tentu  akan lebih mudah untuk kamu melanjutkan dan membuat artikel pada keesokan harinya.

Menambahkan waktu luang dalam plot waktu sangat berguna untuk mengurangi tingkat stres dan memberikan peluang untuk kita mendapatkan ide-ide baru didalam mengisi artikel kita selanjutnya. Bukankah tubuh kita juga memerlukan waktu untuk istirahat ?

Kesimpulan


Untuk memaksimalkan dan mengefisiensikan cara mengelola waktu ngeblog kamu,  dibutuhkan disiplin waktu dan arah serta tujuan ngeblog yang jelas, meskipun kegiatan  ngeblog ini hanya sekedar hobi saja. Dengan mengelola waktu secara tepat dan efisien maka kegiatan ngeblog kamu akan menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

Bahkan,  bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti hobi ngeblog kamu ini bisa menjadi salah satu sumber pemasukan tambahan yang bisa menghidupi kamu nantinya. Karenanya cukup  banyak blogger-blogger profesional yang meninggalkan pekerjaannya dan mampu mencukupi kehidupannya melalui kegiatan ngeblog.

Demikianlah 5 langkah mengelola waktu untuk blogger yang dapat saya sampaikan, jika kamu ingin menambahkan silahkan tulis pendapat kamu pada kolom komentar. Salam blogger !

Berlangganan Artikel Via Email :

6 comments:

  1. Infonya bermanfaat sekali buat mereka yang sedang membangun blognya; termasuk saia..

    Hatur nuhun kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, terima kasih kunjungannya

      Delete
  2. Itu udah termasuk dalam share artikel ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga tertulis sih tapi kn bisa di tambahkan 😁

      Delete
  3. Nah aku masih mau belajar memposting seminggu 2 kali dengan 2 artikel yang berbeda. Walau tergolong sedikit, jujur mengatur semuanya gar berjalan lancar saja cukup kesulitan. Apalagi ngeblog menggunakan tablet serta setiap harinya tidak di rumah. Tantangan besar yang harus dilewati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga papa menurut saya gan yg pentingkan konsistensinya. Blog ini aja seminggu sekali terbitnya. Hanya di hari senin saja.(terkadang coba seminggu 2x, tapi jarang konsistennya)

      Yg penting kan kita tau kemampuan diri kita sampai mana dan bagaimana. Ngga perlu dipaksakan juga kalau masih sebatas hobi.

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.