Mengenal Fitur Email Berlangganan di Feedburner

Feedburner, sebuah layanan yang sudah ada sejak lama dan mungkin sudah tidak asing lagi didengar dikalangan blogger. Secara garis besar, Feedburner memberikan layanan pengelolaan feed situs yang cukup lengkap dengan tujuan agar setiap pengelola blog/situs dapat menyebarkan konten terbaru mereka kepada setiap pelanggan dengan lebih cepat dan mudah.

Ada bermacam-macam jenis dan bentuk layanan yang disediakan oleh Feedburner ini, mulai dari Headline Animator, Buzz Boost, Email Subscription, Ping Shot, FeedCount, Socialize dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, kelebihan yang paling menonjol dan banyak di manfaatkan oleh Blogger di situs Feedburner ini adalah layanan email berlangganan atau biasa di kenal sebagai Email Subscription.

Sebelum Anda bisa menggunakan fitur email berlangganan dan fitur-fitur lainnya di Feedburner ini tentunya Anda perlu men-submit dan mendaftarkan blog Anda terlebih dahulu ke situs Feedburner, dimana cara pendaftarannya pun terbilang mudah dan cepat.

Selain gratis, layanan email berlangganan di Feedburner ini juga memiliki fitur yang cukup memadai untuk Anda gunakan sebagai senjata dalam mempromosikan konten terbaru kepada setiap pelanggan melalui email.

Email Subscription di Fedburner ini banyak memberikan kemudahan bagi setiap blogger dalam memanjakan para pelanggan mereka, khususnya untuk memberikan informasi dan update konten terbaru secara reguler yang bisa dikirim secara otomatis melalui email.

Artinya, setiap pengunjung yang sudah berlangganan email dari blog-blog favorit mereka melalui form email berlangganan ini, bisa menikmati update artikel ataupun konten terbaru yang bisa dibaca kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

Oleh karena itu, layanan yang sangat powerfull dan telah disediakan gratis dalam Feedburner ini tidak boleh untuk disia-siakan. Apa saja fitur yang disediakan Feedburner terkait layanan email berlangganan ? Simak infonya di artikel ini.

mengenal fitur email berlangganan feedburner


#1. Subscription Management


Menu Subscription Management ini berisikan hal-hal yang berkaitan dengan kode dan format formulir berlangganan.  Selain itu Anda juga dapat menemukan informasi berharga lainnya terkait jumlah total pelanggan sekaligus fitur untuk melakukan pengelolaan terhadap pelanggan yang sudah berlangganan artikel via email tersebut.

Berikut adalah sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan tentang menu yang ada didalam Subscription Management.
  1. Kode Form berlangganan; Disini Anda telah disediakan kode html khusus untuk membuat dan menampilkan formulir email berlangganan di blog Anda. Kode ini bisa langsung Anda copy paste ke dalam widget html blogger dan dalam sekejap Anda sudah memiliki Form berlangganan via email di blog Anda.

    contoh form berlangganan yang dipasang di blog
    Contoh form modifikasi dari Feedburner yang dipasang di blog ini
  2. Kode Link berlangganan; Jika cara diatas Anda menggunakan kode formulir berlangganan yang bisa diletakkan kedalam widget blogger. Pada bagian ini, Anda dapat memilih jika hanya ingin menggunakan link sebagai tautan yang menuju ke formulir berlangganan melalui email.
  3. Manajemen Pelanggan; Dalam Subscriber Management (manajemen Pelanggan), Anda dapat melihat seluruh total pelanggan blog Anda yang sudah berlangganan artikel via email. Baik untuk pelanggan yang sudah verifikasi maupun untuk pelanggan yang belum memverifikasi email berlangganannya. Selain itu, Anda juga dapat mengatur untuk mengaktifkan langganan, menonaktifkan, ataupun menghapus satu atau lebih subscriber dengan mudah.

#2. Communication Preferences


Communication Preferences (Preferensi komunikasi) ini lebih ditujukan tentang bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan calon pelanggan yang baru mendaftarkan diri sebagai pelanggan artikel di blog Anda melalui email.

Berikut adalah contoh pop up formulir yang disediakan Feedburner saat pengunjung ingin mendaftar dan berlangganan artikel terbaru via email setelah mengklik form email berlangganan yang dipasang di blog seperti pada gambar di #1 diatas.

Formulir dari feedburner untuk berlangganan artikel via email di blog

Cukup disayangkan tentang keterbatasan bahasa yang disediakan di formulir ini, membuat kita tidak bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan.  Feedburner hanya menyediakan 7 bahasa pilihan yang bisa digunakan dan tidak termasuk bahasa Indonesia.

Ketika calon pelanggan Anda sudah mengisi dan memverifikasi captcha di formulir pendaftaran seperti pada contoh gambar diatas, secara otomatis Feedburner akan mengirimkan email kepada calon pelanggan untuk segera melakukan verifikasi.

Email verifikasi yang dikirimkan secara otomatis dari Feedburner normalnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa setelan awal, namun Anda bisa mengubah isi email  untuk verifikasi tersebut dengan menggunakan bahasa Indonesia (jika blog Anda berbahasa Indonesia), tentunya supaya lebih sopan, menarik dan bisa dipercaya, sehingga calon pelangganpun mau untuk berlangganan artikel di blog Anda.

Berikut adalah 2 settingan yang bisa dilakukan didalam menu Communication Preferences
  1. Setting alamat email balasan ; Settingan dasar untuk berkomunikasi antara Anda dengan pelanggan adalah dengan menggunakan email yang sama dengan email untuk login di Feedburner (biasanya pakai Gmail), namun Anda juga di berikan pilihan supaya bisa mengganti alamat email tersebut dengan alamat email lainnya yang sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Isi body email konfirmasi dari calon pelanggan; Isi body email ini bisa Anda ubah dan sesuaikan dengan bahasa yang ingin Anda sampaikan saat pengunjung akan memverifikasi email berlangganan. Gunakan bahasa yang sopan dan menarik untuk memperbesar peluang agar calon pelanggan bersedia dan mau menjadi pelanggan artikel diblog Anda..

#3. Email Branding


Menu Email Branding adalah tempat Anda melakukan pengaturan format email yang akan dikirim ke setiap calon pelanggan blog Anda. Di menu ini Anda dapat melakukan pengaturan-pengaturan sederhana yang berkaitan dengan tampilan email.

Secara garis besar, Ada 4 pengaturan yang bisa Anda lakukan disini
  1. Mengatur email subject/title
  2. Memasang logo untuk branding blog Anda
  3. Mengatur ukuran dan jenis huruf yang digunakan
  4. Mengatur warna untuk Background atau pun warna huruf didalam email.

Namun sayangnya, setting dan pengaturan yang bisa dilakukan pada menu ini sangat sederhana sekali, sehingga tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk membuat email yang dikirim menjadi lebih keren dan menarik.


#4. Delivery option


Menu terakhir yang bisa Anda temukan didalam fitur Email Subscription di Feedburner ini adalah Delivery Option.

Delivery Option adalah menu yang bisa Anda gunakan untuk menjadwal waktu pengiriman email otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Ada 2 setting yang bisa Anda lakukan didalam menu ini yaitu pengaturan zona waktu (timezone) dan satunya lagi adalah pengaturan jam pegiriman email.

Untuk timezone sebaiknya disesuaikan dengan lokasi dimana Anda berada, sedangkan untuk jam pengiriman, Anda bisa sesuaikan dengan jadwal yang tepat yang sekiranya pelanggan blog Anda bisa langsung membaca email yang telah dikirimkan.



Kesimpulan

Fitur Email Berlangganan di Feedburner ini memang menjadi salah satu favorit yang banyak digunakan blogger, khususnya untuk membantu dalam penyebaran konten terbaru melalui email berlangganan. Selain karena gratis, penggunaan fitur email berlangganan di Feedburner ini pun terbilang cukup mudah dan cepat.

Meskipun fitur email berlangganan di Feedburner ini bisa di bilang sederhana dan memiliki beberapa kekurangan terkait bahasa, namun jika dilihat dari kapasitasnya sebagai media promosi melalui email, fitur didalam Feedburner ini cukup ampuh untuk membantu Anda menemukan pelanggan-pelanggan potensial yang memang menyukai konten dan isi blog Anda.

Dengan begitu, diharapkan Anda semakin mudah dalam menentukan seperti apa tipe pengunjung yang menyukai blog Anda sekaligus mempermudah jenis konten yang diperlukan diblog agar lebih mengena dan tepat sasaran.

Demikianlah artikel tentang Mengenal Fitur Email Berlangganan di Feedburner ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.


Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.