Cara mencegah pencurian artikel oleh Autoblog

Jika pada postingan sebelumnya kita sudah tahu tentang cara memasang form email berlangganan Feedburner di blog, maka pada artikel kali ini saya akan coba menambahkan cara untuk mencegah artikel blog kita agar tidak mudah dicuri dan kemudian dipublikasikan ulang oleh orang lain yang memanfaatkan fasilitas email berlangganan dan menggunakan autoblog.

Hal ini sangat perlu untuk Anda lakukan agar blog yang Anda kelola saat ini tidak menjadi korban pencurian artikel yang dilakukan oleh blogger lain yang kurang bertanggung jawab. Memangnya ada? banyak.

Ada yang menyebut blog semacam ini adalah blog AGC (Automatically Generated Content), ada juga yang bilang blog auto update, Autoblog, dsb. Namun intinya, blog semacam tadi memanfaatkan metode berlangganan feed artikel melalui email dan selanjutnya di terbitkan ulang pada blog auto update yang mereka kelola.

Artinya, artikel unik dan berkualitas yang sudah capek-capek anda buat dengan mencari sumber kesana-sini, begadang hingga larut malam, atau bahkan mengorbankan waktu bersama keluarga untuk membuat artikel tersebut menjadi tidak unik dan tidak berkualitas karena telah di gandakan oleh blog AGC tadi.

Parahnya lagi jika peringkat di SERP untuk artikel yang sudah Anda buat tadi, ternyata posisinya berada di bawah blog yang sudah menduplikasi artikel kita tersebut. Kejadian seperti ini tentu akan membuat kita menjadi kesal dan marah,sehingga semangat ngeblog pun akhirnya pudar dan lambat laun menghilang.

Dengan mempersulit cara menduplikasinya (namun tetap bisa melayani pelanggan blog Anda untuk mengetahui bahwa ada konten terbaru melalui email), setidaknya dapat mencegah niat yang tidak baik dari orang-orang yang kurang bertanggung jawab tersebut.

cara mencegah pencurian artikel oleh autoblog


Berikut adalah 3 langkah cara mencegah pencurian artikel oleh autoblog
  1. Setting Blog Feed menjadi Short
  2. Alihkan Post Feed Redirect URL ke Feedburner
  3. Aktifkan Layanan Feed Summary di Feedburner


#1. Setting Blog Feed menjadi Short


Blog Feed pada blog blogspot normalnya adalah "Full". Ini berarti bahwa Blog Feed yang diumpan dari blog Anda ke seluruh situs pembaca feed seperti Feedburner, My Yahoo, News Fire, dan lainnya akan menampilkan artikel blog Anda secara lengkap dan menyeluruh berikut dengan gambar-gambar yang Anda posting kedalam artikel tersebut.

Blog Feed dengan setting "Full" inilah yang banyak dijadikan sasaran pencurian artikel karena feed yang berisi artikel blog Anda tadi bisa didapatkan secara komplit oleh autoblog

Untuk menghindari penjiplakan artikel secara otomatis oleh autoblog, maka sangat disarankan untuk mengganti setting Blog Feed menjadi Short.

Untuk mengubah setting Blog Feed menjadi Short, ikuti langkahnya seperti berikut:
  1. Login ke Blogspot dan pilih blog yang akan di atur blog feednya
  2. Pilih Settings pada menu yang tersedia disisi kiri Anda
  3. Pilih Other
  4. Pada bagian Site Feed >> Allow Blog Feed, Klik pada "Full" dan ganti menjadi "Short"
  5. Klik Save Setting untuk menyimpan perubahan.
setting blog feed menjadi short

Dengan mensetting Blog Feed menjadi Short, maka Blog Feed yang di umpan pada situs pembaca feed tidak lagi menampilkan artikel Anda secara komplit, namun hanya sebagian saja.


#2. Alihkan Post Feed Redirect URL ke Feedburner


Mengalihkan Post Feed Redirect URL ke Feedburner adalah langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan. Dengan mengalihkan Post Feed ke Feedburner, Anda akan lebih leluasa untuk mengatur feed blog Anda melalui pengaturan feed yang ada disitus Feedburner ini.

Cara untuk mengalihkan Post Feed Redirect URL ini sebenarnya sudah pernah saya ulas secara lengkap pada artikel sebelumnya, yaitu pada artikel cara mendaftarkan blog ke feedburner.

Jika Anda belum pernah membacanya, saya sarankan bagi Anda untuk membaca artikel tersebut, namun jika Anda sudah pernah membaca dan mempraktekkannya, maka lewati saja langkah ke #2 ini.

Sekedar pengingat saja, untuk melakukan pengalihan Post Feed Redirect Url ke Feedburner ini, Anda perlu mendaftarkan blog Anda ke Feedburner terlebih dahulu untuk mendapatkan alamat URL Blog Feed dari Feedburner.

Setelah alamat URL Blog Feed dari Feedburner Anda dapatkan, maka alamat URL tersebut digunakan sebagai alamat pengalihan Blog Feed yang perlu Anda inputkan didalam dashboard blogspot Anda pada menu settings >> other >> Post Feed Redirect URL.

cara pasang alamat feed feedburner ke blog


#3. Aktifkan Layanan Feed Summary di Feedburner


Seperti sudah saya singgung sebelumnya bahwa Anda akan lebih leluasa untuk mengelola Feed Blog Anda melalui situs Feedburner ini, salah satu contohnya adalah layanan Feed Summary. Feed Summary berfungsi untuk membuat ringkasan pada setiap feed post di blog Anda.

Disini Anda bisa mensetting seberapa banyak karakter yang akan digunakan sebagai ringkasan dari feed post untuk setiap artikelnya, atau bahkan Anda bisa menset hanya judul postingan saja (tanpa ringkasan).

Namun, oleh karena pelanggan artikel via email di blog Anda ada yang murni berlangganan karena suka dengan dengan artikel-artikel Anda, maka akan lebih baik jika Anda memberi ringkasan pada setiap artikel yang dikirim melalui email daripada hanya judul postingannya saja.

Untuk mengaktifkan layanan Summary Burner ini berikut langkahnya
Pastikan terlebih dahulu Anda sudah login kedalam Feedburner dan sudah memilih Feed Blog yang ingin Anda setting Summary Burner nya, lalu lanjutkan seperti berikut

mengaktifkan summary burner
  1. Pilih menu Optimize
  2. Pilih Summary Burner
  3. Isi angka pada maximum length untuk mengatur jumlah karakter pada ringkasan(angka 0 berarti tidak ada ringkasan)
  4. Isi pada teaser alamat URL blog Anda (penanda bahwa artikel ini dari blog yang anda kelola)
  5. Klik Activate untuk mengaktifkannya
Dengan mengaktifkan layanan summary burner ini, maka setiap feed artikel akan diringkas sesuai dengan settingan di Summary Burner. Karena artikel yang dikirim secara otomatis melalui email tadi hanya berupa ringkasan plus alamat URL blog Anda, hal ini bisa mencegah tindakan pencurian artikel oleh autoblog.

Berikut contoh ringkasan hasil pada feed blog Anda setelah mengaktifkan layanan summary burner

contoh ringkasan feed yang sudah di set summary burnernya


Kesimpulan

Cara yang di jelaskan dalam artikel ini adalah upaya mencegah pencurian artikel yang banyak dilakukan melalui feed berlangganan artikel via email. Pencegahan dilakukan dengan meringkas feed blog, mengalihkan feed ke layanan Feedburner, lalu menset feed agar memiliki ringkasan yang lebih menarik namun aman.

Meskipun cara diatas tidak menjamin bahwa artikel blog Anda tidak bisa di curi, namun mencegah akan lebih baik daripada mengobati.

Demikianlah artikel cara mencegah pencurian artikel oleh autoblog ini saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat

Berlangganan Artikel Via Email :

4 comments:

  1. Wihh kerenn nihh mass artikelnyaa..blog nya jugaa mantaff dehh masss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar :)

      Delete
  2. Sangat membantu sekali.. saya hanya bisa ucapkan terimakasih..
    " kebetulan artikel di blog saya hampir 80% tampil di blog orang lain tanpa menghargai kepada pengarangnya "
    s'moga dengan cara ini bisa terhindar dari para pencuri artikel blog milik kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga atas apresiasinya semoga sukses selalu :)

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.