Cara memilih nama dan judul blog yang unik

Mengelolablog.com - Artikel tentang tips memilih nama dan judul blog ini bersumber dari pengunjung mengelolablog.com yang ingin mengetahui bagaimana cara memilih nama dan judul blog yang unik dengan memanfaatkan form contact us beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada rekan kita tersebut, karena atas sumbangsih ide dan ijinnya, saya bisa menampilkan pertanyaan tersebut dan memasukkan-nya untuk dijadikan bahan artikel tips memilih nama dan judul blog ini.

Berikut adalah pertanyaan dari rekan kita yang dikirimkan melalui form contact us (Anda dapat menemukan form contact pada link yang sudah saya sediakan dibagian bawah blog ini).

"slamat malam mas, saya mau tanya, kalo saya pengen nulis blog tapi artikelnya campur (bermacam" materi) kira-kira judul blog nya gimana ya? dikasih judul apa semisal?".

Judul blog ? Rasanya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dibuat. Sebutlah satu nama yang terbesit dalam hati anda saat ini juga, itupun sudah bisa menjadi sebuah nama judul untuk blog yang akan anda buat.

Namun, semudah itukah menentukan dan memilih judul blog yang "brandable", "catchy", dan mudah untuk diingat ?

Berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri saja, untuk memilih dan menentukan judul blog yang saat ini sedang anda baca (mengelolablog.com -red) membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang diperlukan sebelum memilih nama blog ini.

Sebagai referensi saja, mengelolablog.com ini adalah nama dengan custom domain, nama blog ini aslinya adalah mengelolablogku.blogspot.com (pakai kata -ku karena nama mengelolablog pada domain blogspot sudah ada yang memiliki).

Karena blog ini bertopik tips dan artikel yang mengulas masalah pengelolaan blog, maka saya ngotot ingin pakai nama mengelolablog, sehingga saya memberikan nama blog ini melalui custom domain dan jadilah nama blog ini mengelolablog.

Baca juga : Cara membuat judul postingan yang menarik

Kembali ke topik pembicaraan tentang judul blog. Kenapa sih harus repot-repot memikirkan nama judul blog ? toh hanya sebuah nama saja, dan lagian pula ini kan cuma sebuah blog ?

Cara memilh nama dan judul blog

Ada dua alasan penting kenapa kita perlu memilih dan menentukan sebuah nama atau judul blog



1. Nama dan Judul adalah identitas

Cobalah tanyakan kepada diri anda sendiri, "Bagaimana saya bisa mengidentifikasikan diri saya jika saya tidak memiliki sebuah nama ?".

Begitu pula dengan judul pada sebuah Blog. Judul blog sangatlah penting. Dari judul, seseorang dapat membayangkan tentang apa tema yang diusung dalam blog tersebut.

Artinya, judul dapat membantu seseorang mengidentifikasi dan membayangkan hal-hal yang saling berkaitan antara judul blog dengan isi konten didalam blog tersebut.

Seseorang akan merasa jauh lebih mudah menentukan isi yang akan dipilih, berdasarkan kesesuaian nama / judul yang tercantum dalam konten yang ditawarkan.

2. Nama dan judul merupakan petunjuk

Ketika kita berbicara tentang petunjuk, Nama dan judul menjadi sesuatu yang sangat penting. Seperti halnya ketika kita menanyakan sebuah alamat kepada seseorang.

Mengetahui nama jalan yang akan kita tanyakan akan memudahkan orang tersebut untuk memberitahukan letak dan posisi jalan tersebut.

Akan lain halnya jika kita hanya menggunakan ciri-ciri yang ada disekitar jalan tersebut, misalnya :
  • Disisi kanan jalan tersebut terdapat sebuah rumah berdinding putih.
  • Di ujung jalan tersebut terdapat warung penjual bakso yang paling enak.
Menggunakan ciri-ciri seperti ini tentu akan menyulitkan orang tersebut dalam menentukan mana jalan yang tepat dan cocok dengan alamat yang ingin kita tuju.

Begitu pula dengan penamaan dan pemberian judul pada blog. Kejelasan nama dan judul blog akan memudahkan orang lain untuk mengingat disaat ia akan dan memberikan referensi blog kita kepada orang berikutnya.


Kriteria yang perlu diperhatikan untuk memilih dan menentukan nama atau judul blog.



Seperti kita ketahui, penentuan nama dan judul pada blog merupakan langkah penting yang perlu dilakukan. Nama atau judul blog akan menjadi karakteristik blog anda, menjadikannya sebuah label dan menggunakannya untuk jangka waktu yang lama.

Disaat penamaan nama dan judul blog anda bisa sesuai dengan tema blog, topik dan apapun itu yang menjadi passion anda untuk ngeblog, blog anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk diingat, dikunjungi sehingga bisa membantu anda untuk mewujudkan harapan dan tujuan anda ngeblog dimasa mendatang.

Untuk memilih nama dan judul blog yang baik, berikut ada beberapa kriteria penting yang perlu anda perhatikan sebelumnya, yaitu

#1. Judul Blog sebaiknya mudah untuk diingat.

"Ingat" berkaitan dengan kinerja otak kita untuk merekam dan menyimpan hal-hal yang diperlukan. Supaya judul blog kita mudah untuk di "ingat", maka judul blog tersebut minimal bisa memenuhi 4 kriteria pemberian nama judul seperti dibawah ini

1.1. Carilah nama judul yang unik 

Pemberian judul blog secara unik akan memudahkan orang untuk mengingat judul blog kita. Pemberian judul blog tersebut tidak semata hanya cukup dengan menggunakan kombinasi kata atau kalimat yang sudah biasa di dengar orang lain.

Judul blog ini haruslah berbeda dari yang lainnya, sehingga akan tercipta judul unik yang lebih mudah untuk diingat karena bersifat tidak biasa.

1.2. Judul mudah untuk dibaca dan diucapkan

Selain unik, kriteria judul yang mudah untuk diingat adalah ia mudah untuk diucapkan, dilafalkan dan mudah untuk dibaca serta tidak memiliki makna yang bias.

1.3. Bisa digambarkan dan dibayangkan secara visual

Kriteria judul yang mudah untuk diingat berarti judul tersebut minimal memiliki persamaan terhadap sesuatu yang bisa dibayangkan dan digambarkan secara visual.

1.4. Susunan kata pada judul yang sesuai urutan

Otak kita sering merekam dan menyimpan kata-kata yang berurut. Ketika urutannya di ubah, maka kita akan sedikit kesulitan untuk mengingat dengan benar kata-kata tersebut.

Seperti misalnya pada urutan kata "cara memilih judul". Akan lebih sulit untuk dingat jika kata tersebut di urutkan seperti ini:
  • judul memilih cara
  • cara judul memilih
  • memilih judul cara
Dengan membuat judul blog yang disusun sesuai dengan urutan kata dan makna, maka kemudahan untuk mengingat kalimat tersebut akan menjadi lebih mudah.

#2. Judul blog sebaiknya sesuai dengan isi blog

Setiap orang yang menggunakan mesin telusur memiliki tujuan yang diharapkan bisa membantu mereka dalam menemukan artikel/konten yang sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu,  kecenderungan orang tersebut  untuk mengklik judul blog yang mengandung kebutuhan mereka akan lebih besar ketimbang judul blog lain yang tidak memiliki keterikatan dengan apa yang mereka cari.

Seperti contohnya, ketika mereka membutuhkan informasi seputar moto gp, tentu mereka akan membuka blog yang mengandung informasi seputar moto gp dibandingkan dengan blog yang membahas traveling.

Atas dasar tersebut, ketika anda harus memilih nama judul blog, sebaiknya gunakan nama blog yang menggambarkan topik / tema terbesar dalam isi konten blog anda. Gunakan kata yang berkaitan dengan motogp jika isi konten dalam blog anda berisi informasi seputar moto gp.

Baca juga : 5 Tips menentukan topik blog

#3. Buatlah nama judul blog yang pendek

Nama dan judul blog yang pendek, singkat, padat dan jelas, selain bagus untuk SEO, hal ini juga akan membuat siapa saja yang berkunjung menjadi lebih mudah untuk mengingatnya.

Selain itu, kelebihan dari judul yang pendek akan memudahkan pengetikkan didalam kotak pencarian mesin telusur. Tentu saja hal ini akan membuat orang yang pernah mengunjungi blog anda menjadi lebih mudah ketika ia ingin mengunjungi blog anda kembali.

#4. Buatlah nama judul blog yang sederhana dan simple

Sederhana dan simple dalam memilih nama dan judul blog juga dapat mempengaruhi perjalanan blog tersebut di masa mendatang. Penggunaan kata-kata atau bahasa yang terlalu rumit dapat menyebabkan salah tafsir disaat seseorang memberitahukan secara lisan nama blog anda kepada orang lain.

Berikut beberapa kriteria yang perlu anda hindari disaat akan memilih, menentukan nama dan judul blog anda nantinya.

4.1. Sebisa mungkin hindari penggunaan angka

Angka dapat membingungkan jika diletakkan sebagai nama dan judul blog. Katakanlah blog anda sudah mulai terkenal, kemudian ada pengunjung anda yang menceritakan kepada rekannya yang lain bahwa blog anda sangat bermanfaat. Dia menyebutkan nama dan judul blog anda yang menggunakan angka tersebut.

Dalam ucapan mungkin angka dapat dimengerti, namun jika angka tersebut harus diketikkan / dituliskan kedalam mesin telusur, penggunaan angka ini dapat membingungkan orang yang ingin mengunjungi blog anda.

Apakah mereka perlu menuliskannya dalam bentuk angka saja (contoh angka = 5) atau mereka harus menggunakan huruf (lima) ? Contohnya :
  • 5bersaudara.com atau limabersaudara.com ?
  • se7banget.com atau setujuhbanget.com ?
Menghindari penggunaan angka pada judul dapat mengurangi kesalahan dalam pengetikkan bagi orang yang ingin mengunjungi blog anda baik melalui mesin telusur ataupun dengan mengetikkan secara langsung alamat url blog anda.

4.2. Hindari penggunaan huruf atau kata bermakna bias

Penggunaan kata yang bias dalam nama dan judul blog anda, juga dapat membuat pengunjung salah tafsir dalam pengetikkan kata tersebut.

Kemungkinan pengunjung blog anda bisa berkurang karena mereka mengunjungi blog lain yang memiliki judul tak jauh berbeda dengan judul blog anda.

Contohnya, anda menggunakan judul blog dengan nama "Mekanixterampil" (huruf "x" dan "te" pada kata terampil, akan menjadi bias dalam pelafalan). Jika dilafalkan kata tersebut akan terdengar seperti "mekanikstrampil", tentu hal ini akan menyulitkan saat pengunjung mengartikan dan mengetikkan kata tersebut di mesin telusur.

4.3. Hindari pengunaan tanda strip (dashes) berulang

Penggunaan tanda strip yang berulang pada nama dan judul blog juga sedikit menyulitkan pengunjung yang ingin mengunjungi blog anda secara langsung.

Hanya sebagian kecil saja orang yang akan mengingat penggunaan tanda strip (dashes) pada nama blog anda Berikut contohnya:
  • Blog-super-keren
  • Tutorial-membuat-blog

#5. Hindari menggunakan nama dan judul blog dengan nama merek yang sudah terkenal dan terdaftar

Kita tidak mengetahui sejauh mana kesuksesan yang akan anda alami saat anda menjalankan blog anda dimasa yang akan datang. Bisa saja suatu saat nanti blog anda menjadi terkenal dan bahkan bisa menjadi sebuah trademark yang banyak menghasilkan dan menarik perhatian orang.

Penggunaan nama dan judul blog yang serupa dengan nama-nama merek terkenal dan sudah terdaftar, bukan tidak mungkin anda akan mengalami kesulitan dan tuntuan terhadap penggunaan nama tersebut. 

Tentu saja hal ini dapat menghancurkan segala usaha yang sudah anda lakukan untuk meraih kesuksesan.



Bagaimana cara memilih dan mendapatkan nama atau judul blog yang baik ?



1. Memastikan topik / tema blog anda

Pastikan terlebih dahulu topik blog yang paling dominan dalam isi konten blog anda. Dengan cara ini anda akan dapat menemukan nama dan judul blog yang lebih spesifik dan sesuai dengan isi konten blog anda.

2. Gunakan contoh dari blog lain dan buatlah nama yang unik

Pelajari dan kenali blog-blog yang setipe dengan blog yang akan anda buat. Cara ini akan membantu anda untuk membuka wawasan untuk memilih dan menentukan nama dan judul blog yang sesuai dengan topik dominan dalam konten blog anda.

3. Buat daftar dan catat sebanyak-banyaknya ide judul yang muncul

Buatlah list dan daftar nama-nama blog yang ingin anda gunakan sebanyak mungkin, catat dan kumpulkan menjadi satu. Cara ini akan membantu anda untuk lebih leluasa dalam memilih ketersediaan nama dan judul blog yang akan anda gunakan.

4. Sisihkan judul-judul yang tidak pas untuk anda

Sisihkan nama-nama judul yang menurut anda tidak cocok dan tidak pas untuk digunakan. Cara ini akan membantu anda ketika memilih serta untuk lebih spesifik dalam menentukan nama-nama yang  sesuai untuk blog anda.

5. Manfaatkan tool generator untuk memeriksa dan mendapatkan judul 

Gunakan tools generator, dan cobalah satu persatu nama-nama blog yang sudah anda kumpulkan tadi. Berikut ada beberapa tools generator yang mungkin bisa membantu anda menemukan nama yang cocok untuk judul ataupun nama domain blog anda.

6. Periksa dan cek ketersediaan nama dan judul blog anda

Periksakan satu persatu ketersediaan nama-nama judul yang sudah anda dapatkan  pada layanan pemeriksa ketersediaan nama domain ataupun judul blog. Jika nama dan judul blog tersebut masih tersedia dan cocok bagi anda, silahkan pakai nama tersebut.


Kesimpulan



Memilih dan menentukan sebuah nama dan judul blog bisa dikatakan mudah namun susah dalam pelaksanaannya, banyak faktor yang menjadi pertimbangan mengapa nama tersebut dipilih. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh terhadap hasil dan harapan terhadap kesuluruhan aktivitas ngeblog yang kita jalani dimasa mendatang.

Akhir kata saya ucapkan semoga berhasil dalam memilih nama dan judul blog anda, selamat membuat serta memulai aktivitas ngeblog! Demikianlah artikel cara memilih nama dan judul blog yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

34 comments:

  1. ada saran untuk nama sebuah blog perjalanan hutan gunung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka hiking and naik gunung ya mas ? Kalo itu mungkin nama yang berkaitan dengan ranger mungkin ? Misalnya jejak ranger atau green ranger ?

      Ini hanya saran atau ide saja loh. mungkin mas sendiri yang lebih paham dan lebih suka terhadap nama yg dipilih.

      Delete
    2. nama blognya? naik-naik kepuncak gunung, nyasar-nyasar di hutan.

      Delete
    3. nama blognya : hutan gunung sawah lautan

      Delete
  2. artikelnya sangat membantu dan menambah pencerahan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali gan dah berkunjung

      Delete
  3. Bahasa nya enak di baca & mudah di pahami, saya pemula benar-benar terinspirasi oleh tatanan bahasa artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan, semoga bisa bermanfaat

      Delete
    2. terima kasih mas artikelnya sangat membantu dan bermanfaat

      Delete
    3. Trmksh berkat membaca artikel i i saya dapat pencerahan mas 🖒🖒🖒 goodjob

      Delete
    4. sama-sama mbak, terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  4. Sangat bermanfaat artikel ini... terima kasih yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, terima kasih atas komentarnya

      Delete
  5. ada saran untuk membuat blok teknologi industri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dulu mba name tool generator yang ada dalam artikel ini, siapa tau ada yang nyantol dihati untuk nama blog :D

      Delete
  6. Wow...kerenn nihh..mkashbnyk infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas. Thanks juga kunjungannya :)

      Delete
  7. Mas dapat sumber22.a dr mna saja ? Buku pengalaman sndri atau bca22 d website juga .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir semuanya mbak, pengalaman sendiri iya, baca2 juga iya, blogwalking, baca di forum juga.

      Delete
  8. Matur kesuwun mas teguh cahyono atas info nya :)
    Tp masih binggung mau bikin blog tentang apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) . . . saran saya sih buat blog baiknya berdasarkan dari hal2 yang disuka dan dipahami aja biar mudah untuk mengurusnya.

      Delete
  9. sangat mengesankan bagi saya krn saya baru belajar menjadi blogger semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih mas kunjungannya, disini kita sama sama belajar juga mas :)

      Delete
  10. Kalo judul blog saya gimana om?
    Unik gak? 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau bang izal mah sudah unik bang, coba saja di search pasti blognya bang izal yang muncul

      Delete
  11. Masih betencana untuk upgrade ke tld, namun bingung namanya apaan , bisa bantu mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dulu tipsnya yg diatas mas 😊

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.