Tips mendesain template blog yang disukai pengunjung - Mengelola Blog

Tips mendesain template blog yang disukai pengunjung

Mengelolablog.com - Bagus atau tidaknya sebuah tampilan desain template blog sangat tergantung dari siapa yang melihat. Mungkin saja si A mengatakan bahwa desain template blognya bagus, namun belum tentu menurut si B.

Hal ini menandakan bahwa indahnya sebuah desain template blog bersifat relatif, tidak ada ukuran pasti kecuali banyaknya pengakuan dari setiap pembaca yang mengunjungi blog tersebut.

Meskipun bagus atau tidaknya desain template blog itu bersifat relatif, namun ada beberapa kriteria yang perlu Anda ketahui saat mendesain template blog, sehingga tampilan blog Anda secara keseluruhan bisa membuat nyaman dan memudahkan pengunjung saat berinteraksi di blog Anda.

Suatu hal yang memudahkan biasanya membuat orang menjadi senang, iya kan? Misalnya Anda berbelanja sendirian di sebuah toserba, secara kebetulan, Anda tidak memiliki uang cash yang cukup untuk membayar belanjaan, namun Anda memiliki kartu ATM yang bisa digunakan untuk bertransaksi.

Apa yang akan Anda lakukan ?

Logika saya adalah, Anda akan menanyakan kepada pelayan toserba tersebut, apakah pembayaran bisa dilakukan dengan kartu ATM?

Saat pelayan toserba menjawab bahwa transaksi bisa dilakukan dengan kartu ATM, Anda akan merasa bahwa Anda mendapatkan kemudahan ketika berbelanja di toserba tersebut.

Coba bayangkan jika saat itu si pelayan toserba menyatakan bahwa transaksi tidak bisa dilakukan dengan kartu ATM ? betapa rumitnya langkah yang harus anda lakukan selanjutnya.

Berkaitan dengan ilustrasi diatas yang menggambarkan bagaimana sebuah kemudahan bisa membuat orang merasa terbantu. Maka, ketika Anda berniat untuk melakukan desain ulang template blog Anda, poin terpenting yang baik untuk Anda pertimbangkan adalah kemudahan pengunjung saat berinteraksi diblog Anda.

Kemudahan saat berinteraksi, akan memberikan jalan bagi blog Anda untuk meningkatkan jumlah pageviews ataupun jumlah kunjungan balik dari orang-orang yang pernah mengunjungi blog Anda.

Dari pengalaman yang saya alami selama blogwalking (mengunjungi blog-blog tetangga), ada 5 kriteria yang menurut saya sangat memberikan kemudahan berkaitan dengan desain blog ketika kita sedang berinteraksi di dalam blog tersebut.

Apa saja kemudahan yang bisa diberikan berkaitan dengan desain template untuk pengunjung sehingga mereka betah saat membaca dan tak segan untuk kembali lagi ?

Tips mendesain blog

1. Desain yang mengutamakan kecepatan loading.


Yep, buat saya kecepatan loading sebuah halaman blog, sangat menentukan kemudahan saat berinteraksi diblog yang sedang kita kunjungi.

Apa yang akan Anda lakukan ketika Anda mengunjungi sebuah blog jika halaman tersebut baru terbuka setelah lebih dari 2 menit ?  2 menit lho??

Google saja menyarankan pemuatan halaman yang bagus maksimal 2 detik, lebih cepat lebih baik.

Proses loading blog dapat mempengaruhi emosi pengunjung blog. Dalam sekejap, bisa saja pengunjung batal untuk mengunjungi blog Anda, pun bisa juga sebaliknya, jumlah pageview blog Anda meningkat karena loading yang cepat membuat proses pemuatan halaman tidak menjadi penghalang bagi pengunjung ketika ingin membaca artikel lainnya.

Baca juga : Tips ampuh membuat loading blog yang cepat dan ringan


2. Pemasangan navigasi blog yang jelas dan mudah ditemukan


Kategori berikutnya yang dapat memberikan kemudahan adalah Navigasi blog yang jelas dan mudah ditemukan. Jelas disini maksudnya adalah pengunjung dapat membedakan apakah link yang ditampilkan bagian dari navigasi situs atau bukan.

Seiring dengan perkembangan blog yang bisa dimonetisasi melalui program periklanan, tak jarang publisher (penayang iklan) menyamarkan navigasi situs dengan link unit iklan yang digunakan untuk monetisasi.

Kesalahan yang dialami pengunjung ketika mereka mengklik link tersebut (karena dikira sebagai bagian dari navigasi situs) berujung pada kekecewaan karena link tujuan yang dibutuhkan pengunjung ternyata berbeda dengan apa yang ia dapatkan.

Hal ini tentu akan berdampak kepada pengalaman pengguna yang buruk saat mengunjungi blog Anda.

Selain itu, navigasi blog haruslah mudah untuk ditemukan. Syarat supaya navigasi blog Anda mudah untuk ditemukan sebenarnya cukup mudah, ikuti pola dan kebiasaan pada desain layout template blog atau web kebanyakan yang sudah beredar di internet.

Anda bisa bayangkan bahwa jumlah web/blog yang beredar di Internet jumlahnya sudah melampaui ratusan juta halaman, dan rata-rata mereka memiliki posisi layout navigasi yang  relatif sama.

Misalnya, letak navigasi blog yang standard di pakai dalam sebuah template, rata-rata berada tepat dibawah header, atau berada disisi samping kiri atau kanan postingan (baik berupa hamburger menu atau sliding menu).

Karena seringnya pengunjung  mengunjungi halaman web/blog , pengalaman apa yang akan mereka dapatkan saat berinteraksi dengan kesemuanya itu  ?

Pengalaman dan perilaku yang sama  akibat banyaknya desain layout yang relatif sama.

Disadari atau tidak, ketika pengunjung  berinteraksi dalam blog Anda,  mereka akan memiliki cara dan perilaku yang sama seperti ketika mereka mengakses web/blog sebelumnya.

Oleh karena itu, ketika Anda meletakkan menu navigasi pada posisi yang berbeda (misalnya dibawah artikel atau didalam artikel), hal ini bisa membingungkan pengunjung blog yang baru pertama kali mengunjungi blog Anda.

Untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung, saran terbaik adalah Anda perlu meletakkan menu navigasi di tempat yang memang pengunjung telah terbiasa ketika berinteraksi pada sebuah halaman web/ blog.


3. Desain yang mengutamakan konten utama untuk tampil lebih dahulu.


Dalam mendesain template blog yang tujuannya untuk memudahkan pengunjung selama berada di dalam blog, Anda perlu memilih dan memilah, mana konten utama dan mana konten tambahan yang bisa digunakan untuk memudahkan serta bermanfaat bagi pengunjung.

Bukankah setiap pengunjung yang datang ke blog Anda  membutuhkan konten yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan bagi mereka?

Ketika Anda mendesain template blog, sepintas mungkin Anda berfikir untuk memasukkan widget-widget yang Anda butuhkan, seperti contohnya widget statistic, widget alexa rank, widget slideshow, dan banyak widget lainnya yang tersedia dan menarik bagi Anda.

Namun, dari kesemua widget yang tersedia, apakah pengunjung benar-benar membutuhkan semua informasi dari widget tersebut ?

Apakah pengunjung blog Anda benar-benar membutuhkan informasi tentang berapa ranking alexa atau score SEO blog Anda?

Saya rasa tidak.

Bisa jadi, widget-widget tambahan seperti itu memang sangat membantu Anda saat memantau dan mengelola blog, namun apakah widget tersebut bisa membantu pengunjung ketika mengunjungi blog Anda ?

Memprioritaskan konten utama untuk tampil lebih dahulu dibanding dengan konten yang lainnya, selain berdampak kepada SEO, hal tersebut juga memudahkan pengunjung untuk segera menemukan konten yang mereka cari.

Selain itu, menghapus  widget-widget yang tidak dibutuhkan akan berdampak kepada kecepatan loading blog, yang tentunya akan menambah score SEO blog Anda dengan sendirinya.


4. Manjakan pengunjung dengan format konten yang bersih


Dari keseluruhan tampilan design layout template blog, menurut saya pribadi, format konten memegang peranan paling penting dalam meningkatkan kenyamanan pengunjung blog Anda. Bentuk dan besarnya huruf, jarak antar kata, spasi, maupun jarak antar paragraf merupakan bagian dari format konten.

Pengalaman pengguna yang lebih baik bisa didapat dengan mengatur format konten yang Anda tampilkan di dalam blog. Format konten yang terlalu rapat, terlalu kecil dan terkesan tidak rapi dapat menyebabkan blog Anda di tinggalkan pengunjung.

Coba Anda bandingkan format konten pada kedua gambar dibawah ini

perbandingan format konten yang baik dan buruk
perbandingan format konten yang baik dan buruk

Bayangkan jika Anda sedang membutuhkan dan perlu membaca keseluruhan konten yang disajikan, namun format kontennya terlalu rapat dan kecil sehingga  membuat Anda merasa tidak nyaman untuk membacanya, kira-kira apakah Anda akan meneruskan membaca konten tersebut ?

Format konten yang baik tentulah harus rapi, mudah dibaca dan jelas tanda bacanya. Lalu, apa saja format konten yang perlu diketahui dan diatur supaya pengunjung  mudah dan nyaman saat membaca artikel blog Anda?
  • 1. Penggunaan font
    Gunakanlah font yang biasa digunakan oleh media-media besar yang sudah terkenal, contohnya font jenis open-sans, roboto, sans-serif, arial, georgia, verdana dan trebuchet.

    Hindarilah menggunakan font-font khusus yang memiliki bentuk rumit dan sulit untuk dibaca.
  • 2. Ukuran font dan line height
    Ukuran font normal yang mudah untuk dibaca berkisar di rentang  antara 12 px sampai 16px , lalu berikan line height yang seimbang di kisaran 1.5em sampai  2em.

    Untuk blog ini, saya menggunakan ukuran font 15px (perbesaran 110%) dengan line height 1.6em.
  • 3. Penggunaan kontras warna
    Format konten selanjutnya adalah pemberian warna pada tulisan dan backgroundnya.

    Umumnya format konten yang baik menggunakan warna tulisan lebih kehitam-hitaman (gelap) dengan background/ latar berwarna terang, atau bisa juga sebaliknya.

    Hindari menggunakan warna dengan kontras yang terlalu mencolok  atau berwarna sama antara tulisan dengan background.
  • 4. Berikan sedikit ruang kosong dalam artikel
    Sisipkanlah ruang kosong pada artikel Anda untuk memberikan kelonggaran fokus bagi mata pengunjung saat membaca artikel.

    Ruang kosong dalam artikel ini bisa anda berikan dengan memanfaatkan jarak lebih untuk setiap paragraf serta pada sub judul artikel.

    Bisa juga dengan memberikan jarak padding dan margin yang sedikit lebih besar dalam artikel sehingga konten artikel terlihat lebih lapang dan lega saat dibaca.

    Hal ini bisa membantu pengunjung untuk mengurangi lelah pada mata  ketika membaca, sehingga mereka dapat bertahan lebih lama saat membaca artikel Anda.
  • 5. Sisipkan gambar yang menarik dan sesuai artikel
    Membaca melalui layar handphone ataupun komputer tidaklah sama  dengan saat kita membaca buku.

    Radiasi sinar dari layar,cepat membuat mata menjadi lelah. Berikan variasi dengan menyisipkan  gambar yang menarik dan sesuai dengan artikel anda untuk mengurangi rasa bosan dan lelah akibat bentuk yang monoton dari teks dalam artikel.
Baca juga : Cara optimasi gambar postingan yang SEO friendly


5. Jadikan desain Blog yang mobile friendly


Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya saat mendesain sebuah template blog adalah desain tersebut mampu untuk melayani dan menjangkau pengguna yang menggunakan perangkat mobile dengan browser yang berbeda pula.

Seperti yang sudah sering Anda dengar sebelumnya bahwa pengguna internet melalui perangkat mobile teruslah meningkat seiring meningkatnya penjualan smartphone dan perangkat mobile lainnya.

Oleh karena itu, desain template yang mobile friendly menjadi sebuah kewajiban yang perlu untuk Anda terapkan pada desain baru yang sedang Anda kerjakan.  Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk membuat desain template menjadi mobile friendly.
  • 1. Mengaplikasikan desain responsive
    Desain template responsive adalah desain template yang mampu menyesuaikan layout  template dengan lebar layar yang digunakan tanpa menyulitkan pengunjung untuk melakukan zoom in dan zoom out saat mengakses blog Anda.

    Saat ini desain responsive paling direkomendasikan untuk diaplikasikan pada desain template baik web ataupun blog.
  • 2. Menambahkan format  blog versi mobile
    Jika Anda pengguna blog di blogspot, format blog khusus untuk versi mobile sebenarnya sudah di masukkan secara default pada template default blogger, Anda hanya tinggal mengaktifkannya saja di dashboard blogspot Anda melalui menu template >> pilih mobile (klik ikon roda gigi >> pilih show mobile version >> simpan perubahan.

    Ciri khusus dari format template versi mobile ini dapat Anda perhatikan dari URLnya, yaitu menggunakan huruf m didepannya, contoh https://m.facebook.com  .

    Meskipun Anda mengakses link tersebut melalui Desktop PC, maka yang tampil adalah halaman web versi mobile. Coba Anda bandingkan dengan tampilan facebook versi desktopnya di https://www.facebook.com.   Terlihat bedanya kan ?
  • 3. Menggunakan format AMP ( Accelerated Mobile Pages )
    Format ini adalah format terbaru yang baru diperkenalkan beberapa waktu yang lalu, tepatnya di Bulan Oktober 2015.

    Format ini pada dasarnya adalah format web/blog untuk mobile version yang dikembangkan untuk meningkatkan kecepatan loading saat dimuat menggunakan perangkat mobile.

    Untuk lebih jauh mengenai format AMP ini , Anda bisa mengunjungi webnya langsung di www.ampproject.org


Kesimpulan


Karena blog juga merupakan sebuah media yang bisa dikonsumsi oleh pembaca, maka desain yang simple dan memudahkan pengunjung menjadi sebuah keharusan jika blog yang sedang Anda kelola bisa bersaing dengan jutaan blog yang sudah beredar terlebih dahulu.

Kriteria yang diperlukan untuk mendesain sebuah template blog tersebut diatas hanyalah berdasarkan pengalaman yang saya ketahui saja, jika Anda mau menambahkan silahkan tambahkan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Wah bener banget tuh Mas. Dan tulisan di blog ini memang sangat nyaman untuk dibaca. Ngomong-ngomong, artikel yang ditulis sangat rapat dan sedikit space putih, itu bisa bikin mata sakit ya mas.

    Belum lagi kualitas konten yang abal-abal.

    Salam kenal Mas dari saya, Wahyu Kurniawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas wahyu.. iya kebetulan pernah BW nemu yang seperti itu jadi sekalian aja saya masukin kedalam artikel..

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.