Begini ciri-ciri blog SEO friendly yang perlu Anda ketahui. - Mengelola Blog

Begini ciri-ciri blog SEO friendly yang perlu Anda ketahui.

Mengelolablog.com - Sebagai seorang blogger tentunya, sering kali kita mendengar istilah SEO friendly, entah itu digunakan pada kata-kata yang berkaitan dengan blog, template, artikel, maupun judul artikel, dll.

Tujuan utama dari SEO friendly ini tak lain adalah untuk mengusahakan artikel ataupun konten yang sudah kita buat diblog, menjadi lebih mudah ditemukan dan dibaca oleh pengunjung yang membutuhkan informasi ketika mereka menggunakan mesin telusur (berdasarkan penggunaan kata kunci).

Cara terbaik selain dengan praktik  promosi berbayar, untuk mempopulerkan artikel  didalam blog kita tersebut adalah dengan melakukan optimasi mesin pencari, atau dikenal dengan istilah SEO.

Namun, pada praktiknya, penerapan SEO pada blog yang sedang kita kelola tentu tidaklah semudah mengedipkan mata.

Bagi Anda yang ingin memulai penerapan SEO kedalam blog, ada baiknya kita perlu memperhatikan dan mencontoh dari blog-blog "papan atas" yang memang sudah teruji penerapan SEO-nya. Blog-blog tersebut tentu memiliki ciri-ciri yang bisa kita jadikan panduan dalam praktik penerapan SEO pada blog kita sendiri.

Apa saja ciri-ciri blog SEO friendly ? simak informasinya pada artikel berikut.

Ciri-ciri Blog SEO Friendly
Ciri-ciri Blog SEO Friendly 

#1. Konten maupun artikelnya original  dan berkualitas


Ciri pertama yang bisa Anda kenali sebagai ciri-ciri dari blog  SEO friendly adalah konten dan artikelnya yang original, berkualitas serta bermanfaat. Inilah syarat utama untuk sebuah blog apakah blog tersebut  SEO friendly atau tidak.

Konten yang original, berkualitas serta bermanfaat untuk penggunanya menjadi patokan dasar setiap search engine dalam memberikan peringkat di halaman hasil SERP.

Dari penjelasan diatas maka, kita dapat melihat bahwa ada  tiga kunci utama yang menjadi dasar mengapa konten dan artikel tersebut bisa masuk kategori SEO friendly.

1.1. Original

Original mengandung makna "asli", dan jika originalitas kita tempatkan pada konten blog, maka original bermakna bahwa konten tersebut merupakan hasil buah karya pemikiran dan ciptaan penulis blog tersebut, bukan hasil jiplakan (duplikasi) dari konten dan artikel pada blog orang lain.

Meskipun mengangkat topik masalah yang sama, konten dan artikel original akan memiliki keunikan tersendiri, baik itu dari sudut pandang, gaya bahasa, pemahaman serta informasi yang disampaikan didalam sebuah artikel blog.

1.2. Berkualitas

Konten atau artikel yang berkualitas merupakan salah satu indikator bahwa blog tersebut adalah blog SEO friendly.

Mengapa ?

Seperti kita ketahui, hingga saat ini, search engine selalu mengalami perubahan dalam meningkatkan kualitas algoritma mesin pencarinya.

Tujuan utama dari perubahan kualitas algoritma search engine adalah demi kenyamanan pengguna dalam menggunakan fasilitas search engine tersebut, baik untuk relevansi hasil penelusuran, keamanan masing-masing konten halaman yang ditampilkan, serta kemudahan dalam pengoperasian.

Ketika konten maupun artikel blog yang kita ciptakan memiliki tingkat kualitas yang baik, maka search engine akan dengan mudah memberikan peringkat yang baik pula kepada artikel ataupun konten blog kita.

Salah satu contoh situs web yang menurut saya pribadi, dianggap berkualitas oleh search engine hingga saat ini adalah wikipedia. Kita bisa melihat didalam halaman hasil pencarian (SERP), akan dengan mudah sebuah halaman dari situs wikipedia tersebut bertengger di halaman pertama hasil SERP untuk setiap kata kunci yang diketikkan pengguna.

Terlepas dari manfaat yang diberikan, situs web wikipedia memenuhi standard persyaratan kualitas yang dibutuhkan oleh search engine.

Beberapa diantaranya menyangkut penggunaan bahasa yang baik, kalimat yang terstruktur, navigasi yang jelas baik itu didalam konten ataupun navigasi situs, dll.

Baca juga : Artikel berkualitas tingkatkan level menulis Anda menjadi lebih baik

1.3. Bermanfaat

Artikel ataupun konten yang bermanfaat,  selain disukai oleh pembaca karena manfaatnya, juga menjadi salah satu ciri blog SEO friendly. Pengunjung yang menyukai artikel atau konten tersebut, dengan rela hati akan menshare artikel tersebut ke media sosial mereka.

Hal ini akan berdampak pada meningkatnya popularitas konten dan menyebabkan jumlah backlink bertambah banyak karena tersebar di situs media sosial akibat manfaat yang disajikan didalam konten.

Banyaknya backlink yang natural dan alami menjadi salah satu kriteria yang dibutuhkan oleh search engine dalam memberikan peringkat sebuah halaman di halaman hasil SERP.


#2. Menggunakan template blog SEO friendly


Selain artikel dan konten dengan kualifikasi seperti pada paragraf diatas, ciri berikutnya dari Blog  SEO friendly adalah turut digunakannya template blog SEO friendly.

Didalam sebuah template blog terdapat kumpulan struktur dan data-data yang bisa dibaca dan disimpan oleh search engine pada saat search engine melakukan crawling dan indexing.

Apabila struktur dan data dalam template tersebut memenuhi syarat yang dibutuhkan oleh search engine, maka search engine akan dengan mudah memberikan peringkat pada sebuah halaman dan menempatkannya pada posisi terdepan di halaman hasil pencarian.

Selain itu, template blog seo friendly juga sangat mengedepankan pengalaman pengguna yang lebih baik saat berada di sebuah halaman blog. Hal ini merupakan kebutuhan dasar yang harus bisa dipenuhi oleh sebuah template blog, supaya blog tersebut mudah untuk mendapatkan peringkat yang baik dari search engine.

Untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri template blog seo friendly, Anda dapat mengenalinya berdasarkan beberapa petunjuk di bawah ini.

2.1. Judul artikel menggunakan heading tag<h1>

Judul merupakan elemen terpenting dalam sebuah halaman blog/web. Didalam struktur html template blog, judul ditandai dengan heading tag<h1> sampai heading tag<h6>.

Untuk membantu search engine mengenali konten yang tersaji pada sebuah laman web/blog, search engine memanfaatkan heading tag judul (h1 sampai h6) berdasarkan urutan prioritas yang terdapat dalam tag-tag tersebut, dimana prioritas tertinggi selalu diberikan pada tag <h1> .

Salah satu ciri template blog SEO friendly adalah, desain dan struktur dalam template blognya akan  menempatkan judul artikel pada prioritas tertinggi, yaitu meletakkan judul artikel pada tag<h1>.

Untuk membantu Anda memahami peran dan posisi judul pada template blog, Anda dapat membacanya pada artikel membuat judul artikel berkualitas SEO yang sudah saya posting sebelumnya.

2.2. Memiliki panduan navigasi situs/blog

Navigasi blog menjadi unsur yang juga tak kalah penting bagi search engine. Navigasi akan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menjelajahi isi blog Anda, sehingga template blog dengan panduan navigasi yang baik untuk pembaca, akan lebih diprioritaskan oleh search engine dalam memberikan peringkat sebuah halaman blog.

Navigasi didalam template blog yang saya ketahui saat ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
  • Navigasi blog : merupakan navigasi yang membantu pengguna untuk menjelajahi keseluruhan isi konten dalam blog Anda, contohnya penggunaan peta situs (daftar isi blog).
  • Navigasi konten: merupakan navigasi untuk membantu pengguna dalam menjelajah isi sebuah konten (artikel/gambar/video). Contohnya disini adalah penggunaan breadcrumbs dan pengaturan heading tag yang tepat serta sesuai kaidah dalam struktur sebuah artikel/konten blog.

Template blog  yang menyediakan minimal kedua navigasi diatas yaitu navigasi blog dan navigasi konten dalam struktur templatenya, merupakan salah satu ciri blog SEO friendly.

2.3. Kecepatan loading halaman blog.

Faktor lainnya yang menjadi ciri template blog seo friendly adalah kecepatan loading blog. Kecepatan loading blog berarti kecepatan yang dimiliki blog tersebut dalam merender dan memuat sebuah halaman, dihitung dalam satuan waktu.

Semakin cepat proses untuk memuat dan merender sebuah halaman, maka waktu yang dibutuhkan oleh pengguna ketika membuka sebuah laman blog akan semakin singkat. Hal ini akan memberikan kemudahan dan pengalaman pengguna menjadi lebih baik saat berada di blog tersebut.

Artinya, pengalaman pengguna didalam mengakses blog tersebut akan meningkat lebih baik, dan tentu saja, pengalaman pengguna yang lebih baik tadi akan menjadi acuan bagi search engine dalam memberikan peringkat sebuah laman.

Template blog yang memberikan pengalaman pengguna dengan lebih baik,  merupakan salah satu indikator bahwa blog tersebut seo friendly.

Untuk membantu Anda dalam memeriksa kecepatan loading sebuah laman blog, Anda dapat menggunakan fasilitas pagespeed insight yang disediakan oleh Google untuk mengukur kecepatan loading sebuah laman blog.

2.4. Mudah diakses melalui perangkat mobile

Ciri selanjutnya yang bisa Anda kenali bahwa sebuah blog  bisa dikatakan seo friendly adalah blog tersebut mudah untuk diakses melalui perangkat mobile seperti smartphone ataupun perangkat tablet.

Hal ini terkait dengan adanya algoritma search engine Google yang belum lama dipublikasikan dengan nama algoritma Mobilegeddon.

Algoritma Mobilegeddon ini akan memprioritaskan blog-blog yang ramah dan mudah untuk di akses melalui perangkat mobile untuk bisa tampil dihalaman terdepan SERP..

Template blog yang seo friendly tentu akan mengaplikasikan penggunaan template responsive untuk menghindari hantaman algoritma mobilegeddon ini.

Anda dapat menggunakan alat penguji mobile-friendly tester untuk mengetahui apakah template blog tersebut mudah untuk diakses melalui perangkat mobile atau tidak.

2.5. Memiliki tag "rel=canonical" dalam template

Ciri berikutnya pada template blog seo friendly adalah template blog tersebut memiliki tag rel=canonical  (URL Kanonis) dalam struktur template blognya. Tag rel=canonical ini berfungsi untuk mencegah terjadinya duplikasi konten dalam halaman blog.

Duplikasi konten terkadang tidak disadari oleh si pemilik blog, duplikasi konten ini dapat terjadi diantara link bagian komentar dan link posting blog. Untuk penjelasan lebih detail, Anda dapat membaca artikel lengkapnya di panduan webmaster tentang URL Kanonis yang disediakan oleh Google.

2.6. Memiliki desain yang nyaman untuk pengguna.

Ciri-ciri terakhir template blog yang saya ketahui terindikasi seo friendly adalah desain yang nyaman bagi pengguna. Desain memang mengacu pada selera masing-masing pembuat dan pengguna template tersebut, namun ada beberapa hal penting yang perlu diketahui terkait masalah desain ini, seperti :
  • Penggunaan jenis font ; mudah untuk dibaca
  • Penggunaan warna ; tidak menyulitkan pengguna ketika membaca dan melihat isi dan konten halaman blog.
  • Penempatan widget, banner iklan dan aksesoris blog lainnya diatur secara tepat sehingga tidak mengganggu pengguna
Desain yang baik dapat diukur berdasarkan kemudahan dan pengalaman pengguna. Salah satu ciri indikator baiknya pengalaman pengguna jika dilihat melalui Google analytic adalah tingkat bounce rate yang rendah serta tingginya nilai average time on page.

Untuk mengukur nilai pengalaman pengguna yang lebih mudah, Anda dapat memanfaatkan tool yang sama dengan tool pengukur kecepatan loading blog.

Kemudian Anda dapat melihatnya pada bagian bawah halaman tepat pada bagian nilai pengalaman pengguna, usahakan nilai blog anda berada diatas nilai 85 dengan warna background hijau.


#3. Berada dihalaman terdepan hasil SERP


Berada di halaman terdepan hasil SERP merupakan ciri paling khas yang dimiliki oleh blog seo friendly. Cara paling sederhana adalah, kita hanya perlu menggunakan search engine dan mengetikkan bermacam-macam kata kunci yang menjadi topik/niche blog tersebut.

Jika pada setiap variasi kata kunci yang kita ketikkan pada mesin telusur, kemudian kita dapat menemukan blog tersebut tetap tampil di halaman pertama (walaupun peringkat masing-masing halaman blog yang tampil di SERP berbeda), bisa kita pastikan bahwa blog itu merupakan blog yang seo friendly.


Kesimpulan


Membuat dan mengelola blog menjadi blog seo friendly memang tidaklah mudah, karena seo itu sendiri bersifat dinamis dan tidak tetap. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan kualitas pelayanan yang harus dilakukan search engine itu sendiri terhadap pengalaman pengguna disebuah laman blog.

Ciri-ciri Blog SEO friendly diatas hanyalah berdasarkan apa yang sudah saya ketahui, masih banyak ciri-ciri lain yang bisa Anda temukan sejalan dengan pengalaman ngeblog yang Anda lakukan saat ini.

Dengan memahami ciri-ciri blog seo friendly, dan kemudian Anda mencoba menerapkannya pada blog semaksimal mungkin sesuai kemampuan yang Anda miliki, maka, kesempatan, motivasi dan harapan akibat peningkatan yang cukup besar terhadap jumlah pengunjung blog Anda, akan membukakan jalan bagi Anda untuk menjadi seorang blogger sukses.

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri blog seo friendly yang bisa saya informasikan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

8 comments:

  1. Artikel bagus om. 👍
    Saya juga pengen banget om,,,bisa punya blog yg SEO friendly. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bang izal atas komentarnya, SEO memang seperti misteri, tapi tetap masih bisa dipelajari . .

      Delete
  2. Salasatu cara ingin mempunyai blog SEO friendly diantaranya belajar dari situs populer atau situs berita lalu mempelajari konsep dan konten apa yang mereka munculkan (kata: Matthew Karsten)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah mantap nih mas warman... sudah mulai nyolek dari blogger luar yaa.. mantap.. lanjutkan mas :)

      Delete
  3. Wah, saya test blog saya untuk versi mobile baru 60-an % (Medium).

    Dan saya masih bingung bagaimana mengoptimalkannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Testnya tentang apa nih mas, kecepatan loading atau yang lainnya ? Jika memang tentang kecepatan, sebenarnya banyak sih tutorial meningkatkan kecepatan loading.

      Saya juga banyak belajar dari hasil googling mas.. cuma pastikan template sama setting lainnya di back up dulu biar aman sebelum melakukan perubahan..

      Delete