Penyebab artikel "Bagaimana Cara" bertraffik rendah - Mengelola Blog

Penyebab artikel "Bagaimana Cara" bertraffik rendah

Salah satu jenis artikel blog yang sampai saat ini masih menjadi andalan bagi setiap blogger untuk meningkatkan traffik pengunjung blognya adalah artikel tentang "Bagaimana cara . . . . . . . . .".

Ya saya rasa sebagian besar rekan akan sepaham bahwa jenis artikel tentang "Bagaimana cara . . ." ini, akan menunjukkan kepada pengunjung tentang langkah - langkah dan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi.

Contohnya, bagaimana cara agar artikel baru cepat terindeks google, atau bagaimana cara mudah membuat blog di blogspot, Bagaimana cara membuat ini, Bagaimana cara mendesain itu, Bagaimana cara . . . . dan seterusnya dan seterusnya, tentu masih banyak lagi contoh lainnya yang mudah untuk anda temukan di mesin pencari.

Jenis artikel "Bagaimana cara" ini ide dasarnya sangatlah mudah. Pengunjung ingin mengetahui bagaimana memperbaiki, membuat atau melakukan akan suatu hal, dan jika Anda mengajarkan "Bagaimana caranya", biasanya traffik dan kunjungan bisa meningkat lebih dari biasanya.

Beberapa tahun yang lalu, (dimana era internet masih belum seramai sekarang ini) Mencari tahu tentang "Bagaimana cara mengerjakan suatu hal" secara online, merupakan suatu hal yang relatif baru.

Sebagian besar pengguna cukup kaget dengan kemudahan yang ditawarkan internet melalui artikel berjenis "Bagaimana cara" ini. Mereka tidak perlu pergi ke toko buku untuk membeli sebuah buku tutorial, melainkan hanya tinggal duduk manis di depan komputer dan menelusuri pencariannya melalui mesin pencari, kemudian tinggal mencetak dan mempraktekkannya secara nyata.

Hal inilah yang menyebabkan blog-blog dengan jenis artikel "bagaimana caranya" bisa dengan mudah meningkatkan traffik pengunjung ke blog mereka.

Namun bagaimana dengan kondisi saat ini ? Pada dasarnya tidak terlalu jauh berbeda jika diperhatikan dari sisi pengunjung dan pengguna, namun untuk konten publisher (blogger) persaingan artikel jenis ini sangatlah ketat.

Jutaan lebih artikel jenis ini sudah banyak bertebaran di internet, mulai dari yang sederhana sampai yang versi komplit, bahkan sudah merambah pada konten multimedia seperti video.

Meskipun sampai saat ini jenis artikel tersebut masih masuk kategori artikel yang banyak berkontribusi terhadap peningkatan traffik pengunjung blog, namun tidak sedikit pula jenis artikel ini harus terpuruk dan "sakit-sakitan" dalam menambah jumlah kunjungan di blog kita.

Ada beberapa penyebab yang mungkin kurang kita sadari dalam menyajikan konten artikel jenis "Bagaimana cara" ini, sehingga kurang membantu dalam meningkatkan jumlah kunjungan ke blog kita. Apa saja penyebabnya ?

Penyebab artikel tentang bagaimana cara bertraffik rendah


1. Banyaknya persaingan artikel sejenis.


Cobalah Anda googling "cara membuat blog" , setidaknya Anda akan menemukan sekitar 6.170.000 hasil pencarian (17 Juli 2016) yang sudah di indeks oleh mesin pencari.

Jumlah ini tentulah bukan jumlah yang sedikit mengingat artikel Anda juga akan bersaing dengan artikel yang sudah terbit lebih dahulu. Belum lagi jika ditambah dengan variasi berbeda dari kata kunci pencarian yang digunakan, maka jumlahnya bisa melewati angka tersebut.


2. Isi materi yang disampaikan sama persis.


Inilah salah satu tantangan terbesar blogger ketika membuat konten jenis artikel seperti ini. Banyaknya artikel dari blog lain yang serupa dan sama persis sudah terindeks di mesin pencari menyebabkan setiap artikel memiliki beberapa kesamaan, baik urutannya maupun struktur penyampaian yang digunakan meskipun artikel yang sudah Anda buat bukan artikel copas.


3. Topik artikel sudah tidak booming


Artikel berjenis "Bagaimana cara" terkait dengan suatu hal yang sedang booming bisa mendongkrak jumlah kunjungan ke blog Anda.

Booming menandakan sebuah topik sedang ramai dibicarakan oleh banyak orang. Seperti contohnya saat ini, hampir diseluruh belahan dunia sedang booming permainan Pokemon Go, artinya banyak orang yang sedang mencari cara - cara yang berkaitan dengan permainan tersebut.

Apabila topik Artikel yang akan Anda terbitkan sudah tidak booming, bukannya tidak mungkin untuk mendapatkan kunjungan berlimpah, namun peningkatan jumlah kunjungan melalui artikel tersebut akan terasa sangat lambat.


4. Kurang menarik dalam penyampaian


Karena begitu banyaknya artikel di blog lain yang menyajikan topik yang sama, maka perbedaan yang signifikan perlu ditambahkan kedalam artikel Anda.

Salah satunya adalah dengan membuat semenarik mungkin artikel yang dibuat, bisa gaya bahasa yang santai namun fokus, penambahan gambar yang unik ataupun dengan menambahkan video yang sesuai dengan topik artikel yang Anda sampaikan. Intinya buatlah perbedaan yang lebih baik dari artikel-artikel yang sudah ada.

Baca juga : 4 Tahap menulis artikel yang baik dan menarik


5. Tidak melibatkan SEO


Salah satu contoh mudahnya dalam menerapkan SEO adalah dengan membuat relevansi (kesesuaian) artikel dengan judul yang diberikan ataupun dengan memberikan tag meta deskripsi yang sesuai dengan konten tersebut.

Proses untuk melibatkan SEO dalam artikel memang tidak mudah dalam pelaksanaannya , namun penerapan SEO meskipun sedikit dapat memberikan perbedaan yang berarti bagi artikel Anda untuk bisa bersaing di mesin pencari.

Baca juga : kesimpulan belajar SEO saat kompetisi SEO di sebuah forum


6. Kurang promosi


Faktor penting lainnya yang menyebabkan artikel jenis "Bagaimana cara " ini bertraffik rendah adalah kurangnya promosi.

Promosi seperti kita ketahui adalah upaya untuk memperkenalkan sesuatu kepada khalayak ramai dengan tujuan menarik calon pengunjung untuk datang dan mengenal sesuatu tersebut. Promosi bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya berbayar dan gratis.

Jika cara berbayar, saya rasa kita perlu mempertimbangkan untung rugi dari investasi yang sudah dilakukan di blog. Untuk cara gratisnya ada banyak cara, misalnya share ke media sosial secara rutin, blog walking atau Anda dapat membagikannya pada forum-forum yang mengijinkan sharing link artikel tersebut.


Kesimpulan

Jenis artikel "bagaimana cara" ini adalah jenis artikel yang flexible namun cukup ampuh untuk membantu peningkatan jumlah kunjungan ke blog Anda. Anda bisa menciptakannnya sebagai artikel musiman ataupun evergreen content.

Penyebab diatas hanyalah sebagian kecil yang menjadikan artikel jenis "bagaimana cara" ini manjadi kurang greget untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Ketika Anda bisa memberikan penerapan yang tepat terhadap artikel jenis ini, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan jumlah kunjungan yang luar biasa hanya melalui satu artikel saja.

Demikianlah Penyebab artikel "Bagaimana Cara" tidak greget dalam meningkatkan traffik kunjungan ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Kayanya ciri-ciri blog saya banget ya bray..
    Sering mampir di blog saya y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh kebetulan aja kali mas kalau mirip 😁

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.