5 Fakta mengapa desain blog responsive perlu digunakan - Mengelola Blog

5 Fakta mengapa desain blog responsive perlu digunakan

Desain blog responsive hingga saat ini menjadi tipe desain yang paling direkomendasikan untuk diterapkan pada template blog ataupun situs web.

Hal ini cukup beralasan karena desain blog responsive, mampu menjangkau seluruh lebar layar perangkat yang digunakan oleh pengguna, namun tetap menyediakan konten yang nyaman dibaca pada ukuran layar yang kecil.

Seperti yang telah kita ketahui bersama,  sebagian besar pencarian informasi melalui internet saat ini dilakukan oleh pengguna yang menggunakan perangkat mobile.

Informasi yang cepat, lengkap serta mudah di baca menjadi prioritas yang akan dipilih oleh pengguna untuk memenuhi kebutuhan informasinya tersebut.

Coba bayangkan sejenak, saat Anda menggunakan Google Search untuk mencari informasi.

Kemudian Anda mengklik salah satu link yang tampil pada halaman pencarian dan mendapatkan kenyataan kalau Anda perlu menggeser layar ke kanan dan ke kiri, memperbesar tulisan dan mencari-cari urutan kalimat selanjutnya di smartphone kesayangan Anda. Sungguh menyebalkan bukan ?

Jika sudah seperti itu kondisinya, apakah Anda akan melanjutkan dan membaca kembali informasi yang ditampilkan di halaman tersebut ?

Besar kemungkinan Anda tidak akan lagi berkunjung ke blog itu, lagian jumlah artikel serupa di internet dengan desain halaman blog yang sudah responsive ditambah  nyaman saat dibaca melalui smartphone juga sudah banyak tersebar, jadi kenapa mesti repot ?

Siapapun yang mengelola blog tanpa memikirkan kenyamanan pengunjung, lambat laun blog tersebut akan di tinggalkan sehingga sepi pengunjungnya.

Tentu bukan hal seperti ini yang diharapkan pada blog Anda bukan ?

Berikut akan saya informasikan beberapa fakta tentang mengapa desain blog responsive itu perlu diterapkan pada blog yang sedang Anda kelola

desain responsive


1. Kenyamanan pengguna di blog Anda adalah prioritas utama


Apa yang dirasakan oleh  pengunjung ketika mengakses dan menjelajahi konten blog Anda adalah prioritas utama yang digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan jumlah kunjungan.

Seperti apa yang sudah saya uraikan di paragraf sebelumnya, pengalaman pengguna yang buruk bisa menyebabkan blog Anda menjadi sepi pengunjung.

Tulisan yang sulit dibaca, tidak mampu menyesuaikan ukuran layar secara otomatis, serta lambatnya proses rendering blog saat di load ke browser, akan membuat pengunjung pergi lebih cepat meninggalkan blog Anda.

Desain blog responsive bisa meminimalisir ketidak-nyamanan pengunjung saat menjelajahi konten blog, khususnya untuk setiap pengguna yang menggunakan perangkat mobile.

Kenyamanan yang dirasakan pengunjung, membuat mereka merasa betah sehingga muncul keinginan untuk kembali menjelajahi konten-konten selanjutnya. Semakin banyak konten yang dijelajahi, maka jumlah pageviews blog Anda akan meningkat dengan sendirinya.


2. Penjualan perangkat Mobile yang terus meningkat


Berdasarkan informasi dari situs Businessinsider yang mempresentasikan tentang masa depan penjualan perangkat mobile, memperkirakan bahwa penjualan smartphone akan terus dan semakin meningkat di tahun 2016 ini.

Pada grafik dibawah kita bisa melihat besaran penjualan perangkat Smartphone jika di bandingkan dengan tablet dan personal komputer. Grafik smartphone tampak lebih besar dibandingkan dengan grafik penjualan dari kedua perangkat lainnya. (perhatikan area berwarna biru)

Hal ini menunjukkan bahwa pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile akan semakin berkembang dan terus bertambah.

Prediksi penjualan perangkat internet global
Sumber gambar : Businessinsider.com
Sebagai blogger yang menyediakan konten blog dengan berbagai tujuan, maka peluang ini adalah peluang emas untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda. Namun,  peluang tersebut  akan semakin kecil jika blog Anda tidak menerapkan desain blog responsive ataupun desain mobile friendly.


3. Aktivitas Sosial Media lebih banyak dilakukan via perangkat mobile


Facebook, Twitter, G+, dan beragam media sosial yang ada saat ini, cenderung lebih banyak digunakan sebagai tempat berbagi link-link dari konten blog /situs yang dianggap mewakili perasaan dan pikiran pengguna saat itu (selain dari personal konten yang diunggah oleh pemilik akun media sosial tersebut).

Aktivitas - aktivitas pengguna media sosial seperti hal diatas tersebut, saat ini cenderung lebih banyak dilakukan oleh pengguna yang menggunakan perangkat mobile.

Kemudahan pengguna untuk masuk ke media sosial di mana saja dan kapan saja menjadi faktor pemicu tumbuh dan berkembangnya perangkat mobile internet saat ini.

Hal ini sejalan dengan tingginya data jumlah pengguna yang dirilis dari wearesocial.com. Dipaparkan bahwa sekitar 1.97 miliar pengguna mengakses akun sosial media mereka melalui perangkat mobile.

Jumlah pengguna media sosial Jan 2016
Jumlah penggunaan media sosial jan 2016 (sumber : wearesocial.com ) 

Sebagai gambaran saja, sampai dengan januari 2016, jumlah pengguna Facebook sudah menyentuh di angka 1.5 milyar pengguna, sedangkan Instagram berada diangka 400 juta.

Untuk Twitter dirilis sebanyak 320 juta belum lagi ditambah dengan beberapa platform sosial media lainnya yang jumlah juga  tidak kurang dari 100 juta pengguna.

Untuk detail laporannya, Anda dapat membaca secara lengkap dari wearesocial.com pada artikel Digital In 2016 . Berikut tampilan data statistik pengguna sosial media yang bersumber dari situs yang sama

Jumlah pengguna media sosial jan 2016
Jumlah pengguna aktif media sosial jan2016 (sumber : wearesocial.com)


4.  Google Search Engine lebih menyukai desain responsive


Google developers pernah menerbitkan artikel yang menjelaskan tentang beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk memilih konfigurasi desain mobile.

Artikel dengan judul Memilih konfigurasi mobile Anda, menerangkan dengan singkat bahwa desain situs / blog yang menjadi rekomendasi Google adalah desain responsive. Coba Anda perhatikan pada  kalimat no 01 dengan tulisan bercetak tebal yang ada didalam artikel tersebut.

"Desain responsif adalah pola desain yang disarankan oleh Google."

Disitu kita bisa membaca secara jelas bahwa Google lebih menyarankan penggunaan desain blog responsive karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya; alasan utama menurut saya (berdasarkan artikel mereka) adalah alamat URL dan HTML pada template blog Anda akan tetap sama.

Hal ini tentu akan berbeda jika Anda menerapkan desain situs / blog tipe mobile site ataupun dengan menggunakan dynamic serving yang memiliki struktur HTML maupun URL yang terpisah untuk satu domain blog Anda.

Oleh karena desain blog responsive masuk kedalam desain blog yang mobile friendly. Maka ketika Anda menerapkan desain responsive pada blog Anda, secara langsung akan berpengaruh terhadap SEO dan peringkat blog Anda di SERP (tentunya ditambah dengan 200 faktor penentu peringkat blog di SERP lainnya yang memang dirahasiakan oleh Google).

Anda bisa memastikannya pada artikel yang telah dirilis oleh Google webmasters blog tentang Finding more mobile-friendly search results.

"we will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results."

Terjemahan :  kami akan memperluas penggunaan mobile-friendly sebagai sinyal peringkat. Perubahan ini akan mempengaruhi penelusuran seluler dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki dampak yang signifikan dalam hasil pencarian kami.

Blog dengan desain responsive yang notabene masuk kedalam kategori mobile friendly, akan mendapatkan prioritas utama terhadap peringkat blog di halaman hasil penelusuran (mobile SERP)


5. Desain Blog Responsive sanggup melayani segala macam ukuran layar yang digunakan


Tidak seperti desain blog yang menggunakan pola mobile site, desain blog responsive sanggup untuk melayani segala macam ukuran layar yang digunakan oleh pengunjung blog Anda.

Mulai dari ukuran lebar layar 320px yang diaplikasikan oleh Iphone 4, kemudian  lebar layar 360px pada perangkat sejenis Galaxy X5 dan blackberry z30, serta berbagai macam ukuran layar lainnya yang sudah digunakan pada perangkat mobile saat ini.

Bisa dikatakan bahwa tidak ada batasan ukuran yang membatasi desain responsive ini untuk bisa tampil maksimal dalam meningkatkan kenyamanan pengunjung blog Anda, yang terpenting adalah, Anda telah men-set ukuran-ukuran lebar layar sesuai dengan lebar layar perangkat yang sudah banyak beredar dipasaran.

Untuk membuat desain blog Blogspot Anda menjadi responsive, caranya cukuplah mudah. Silahkan unduh ebook gratis cara membuat template blogspot responsive yang sudah pernah saya bagikan. Kemudian ikutilah seluruh panduan-panduan yang sudah saya sertakan dalam ebook tersebut.


Kesimpulan

Ukuran keberhasilan sebuah blog dalam meningkatkan pengunjung dari waktu ke waktu,  sangat bergantung pada kenyamanan pengguna saat mereka menjelajah konten blog tersebut.

Semakin nyaman pengunjung ketika berinteraksi dan menelusuri berbagai konten di blog Anda, bisa berdampak pada peningkatan jumlah halaman atau pun jumlah kunjungan akibat kemudahan yang Anda berikan melalui desain responsive ini.

Demikianlah artikel tentang 5 Fakta mengapa desain blog responsive perlu digunakan ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Dulu saya sempat berharap agar template bawaan blogspot ada template responsive dan saya sempat membuat artikelnya. Dan kini terkabulkan walau tempilannya masih sangatlah sederhana.
    Sekarang jamannya mobile, template responsive menjadi kebutuhan wajib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, sekarang memang wajib untuk menggunakan template responsive kalau tidak mau blignya ditinggalkan pembaca karena susah diakses lewat smartphone. Btw terima kasih kunjungannya

      Delete
  2. Mas teguh saya sangat suka template yg mas pakai ini simple dan responsive...klo boleh bisa minta link downloadnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf mas, template ini bukan hasil donload. Saya modifikasi sendiri dari template bawaan blogspot yang picture window itu. .

      Delete