Cara menangani error 404 di Search Console - Mengelola Blog

Cara menangani error 404 di Search Console

Disaat kita membuka Search Console pada menu perayapan >> kesalahan perayapan, terkadang kita akan menemukan pesan error dengan kode 404. Munculnya pesan error 404 di Search Console bisa menjadi indikasi bahwa ada halaman atau link didalam blog Anda yang tidak dapat di temukan oleh bot spider dan atau oleh pengunjung, istilahnya dikenal dengan broken link (ada link/tautannya tapi tidak ada halamannya).

Kode error 404 yang muncul di Search Console bisa saja mengganggu kenyamanan pengunjung blog Anda jika kode error 404 ini merujuk pada link URL halaman yang seharusnya memang ada dan bisa dilihat di blog Anda namun dinyatakan tidak ada atau dianggap error.

Jika berlaku hal yang demikian, maka Anda akan menemukan tingkat bounce rate yang tinggi di laporan statistik blog disertai penurunan jumlah traffik pengunjung blog Anda.

Ini artinya, Anda perlu segera mengatasi permasalahan tersebut agar kinerja blog Anda kembali normal dan dapat memenuhi kebutuhan pembaca blog Anda.

Cara menangani error 404 di Search Console


Mengenali penyebab munculnya Error 404


Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi Error 404 di Search Console, tentu kita perlu tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kode error 404 ini bisa muncul kedalam laporan kesalahan perayapan.

Berikut adalah beberapa hal yang saya ketahui menjadi penyebab munculnya kode error 404 di search console :
  1. Halaman yang dituju memang telah dihapus
  2. Konfigurasi situs / blog yang salah
  3. Salah ketik alamat URL (typos)
  4. Upaya Google untuk mengenali link dan konten yang tertanam didalam file javascript atau flash.
Kondisi-kondisi diatas bisa menyebabkan munculnya kode error 404 di laporan kesalahan perayapan, namun perlu diketahui, tidak semua error 404 yang muncul di search console ini bisa berakibat buruk, karena menurut Google sendiri error 404 yang muncul di laporan tidak mempengaruhi peringkat situs dan index blog Anda.

Meskipun begitu, penanganan yang tidak tepat terhadap error 404 ini bisa menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk bagi setiap pengunjung yang kebetulan menemukan halaman error 404 tersebut.


Apa yang perlu dilakukan jika error 404 muncul ?


#1. Putuskan bahwa error 404 ini perlu diperbaiki.

Ya memutuskan tindakan untuk memperbaiki atau tidak perlu diperbaiki setelah memastikan penyebab error 404 adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Mengapa demikian?  Pesan error 404 yang muncul di laporan kesalahan perayapan ini tidak selamanya memiliki dampak buruk bagi kesehatan blog Anda, berikut adalah beberapa contoh kondisi yang terjadi :

a. Jika pesan error 404 ini muncul karena halaman yang di hapus secara permanen dan tidak memiliki halaman pengganti yang serupa, maka pengarahan ke halaman error 404 adalah hal yang benar untuk dilakukan.

b. Jika pesan error 404 ini muncul akibat penggunaan script yang meng-generate 'bad URL' dengan sendirinya, maka Anda dapat mengabaikan pesan error 404 tersebut meskipun Anda akan merasa terganggu dengan adanya pesan error yang tampil dilaporan tersebut.

Namun, jika pesan error 404 yang muncul karena adanya kesalahan ketik pada alamat URL link di blog Anda atau dari blog yang lain yang menuju URL link blog Anda (backlink), maka inilah yang wajib untuk Anda perbaiki segera.


#2. Memperbaiki error 404 di search console

Ketika Anda sudah merasa pasti dan yakin bahwa kode error 404 tersebut perlu dilakukan perbaikan, maka Anda perlu memperhatikan dan melihat kembali dari mana asal link bermasalah tadi muncul.

Disini saya anggap Anda sudah membuka search Console masing-masing dan berada di menu perayapan >> kesalahan perayapan.

Klik pada URL yang tampil dan ingin Anda perbaiki, kemudian perhatikanlah pada pop up yang muncul, apakah link tersebut berasal dari blog Anda sendiri, atau link tersebut adalah backlink yang tertanam di blog orang lain.

Jika error 404 berasal dari blog sendiri ;
  1. Untuk link URL pada konten yang sudah dipindah atau dialihkan kehalaman lain, maka metode yang tepat adalah menggunakan redirect url.

    Cara melakukan redirect url di blogspot bisa Anda baca pada artikel manfaat dan cara penggunaan custom redirect.

    Setelah Anda melakukan redirect url pada link yang bermasalah, langkah selanjutnya adalah buka kembali menu perayapan >> kesalahan perayapan di Search Console.
    Cara menangani error 404 di Search Console
    Berikan centang pada kotak disebelah kiri pada link yang diperbaiki, kemudian tekan tombol Tandai sebagai telah diperbaiki. Selanjutnya Anda tinggal menunggu hasil setelah Googlebot merayapi kembali blog Anda.
  2. Untuk link URL pada konten yang sudah dihapus secara permanen tanpa pengalihan kehalaman yang serupa ataupun dialihkan ke halaman yang baru (redirect url seperti contoh diatas), maka URL yang lama akan lebih baik tetap diarahkan ke halaman error 404.

    Mengarahkan pengguna ke halaman lain seperti homepage atau sitemap secara langsung tanpa melalui halaman error 404 terlebih dahulu, akan menimbulkan problem dan masalah yang baru akibat ketidak jelasan tujuan link URL tersebut, terutama untuk pengguna maupun untuk bot spider.

    Oleh karena itu maka sangat disarankan untuk Anda menciptakan halaman custom error page 404 yang didalamnya minimal tersedia satu link yang mengarah ke homepage blog Anda (akan lebih bagus lagi jika Anda menambahkan kotak penelusuran).

    Dengan begitu, struktur blog Anda mudah dipahami oleh Googlebot sehingga perayapan dan proses lainnya bisa dilakukan dengan benar dan wajar.

    Untuk memastikan bahwa konten blog Anda sudah terhapus secara permanen dan sudah tidak ada lagi didalam index Google SERP silahkan baca artikel cara menghapus artikel di blog yang sudah saya terbitkan beberapa waktu lalu
  3. Untuk kondisi URL link yang tidak diketahui. Sebagian blogger yang menggunakan template dengan desain modifikasi acapkali menemukan error 404 untuk URL yang sebenarnya memang tidak ada di blog.

    Contohnya : Kode tanggapan 404; URL errornya adalah -, w, s, -/ dan lain sebagainya.

    URL yang tidak diharapkan ini kemungkinan timbul akibat upaya Google untuk mengikuti link yang ditemukan dalam kode javascript, file flash, atau konten yang disematkan lainnya.

    Ketika Googlebot melihat kode URL seperti contoh berikut ini  http://www.bloganda.blogspot.com/s maka Googlebot akan mencoba merayapi link URL tersebut meskipun link tersebut bukanlah link yang memang ada untuk sebuah halaman diblog Anda.

    Ketika ini yang terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir tentang error 404 tersebut, abaikan dan cukup mengatisipasinya dengan membuat halaman custom error page 404 seperti pada contoh kasus link URL untuk konten yang sudah dihapus secara permanen.


Jika error 404 berasal dari URL yang tertanam diblog orang lain (backlink);

Error 404 bisa muncul dari pemasangan link URL diblog orang lain yang tidak benar, bisa salah ketik atau kurang tanda bacanya.

Misalnya, penulisan URL yang benar dan seharusnya adalah www.contoh.com/laptop ditulis oleh pengelola blog tersebut seperti ini www.contoh.com/laptok.

Hal ini akan mengakibatkan pengunjung yang masuk melalui link dari blog orang lain tadi akan menemukan error 404 di halaman blog kita dan kemungkinan bisa memunculkan error 404 di Search Console.

Meskipun ada metode pengalihan melalui redirect 301, untuk Blogspot rasanya sulit untuk diterapkan sehingga cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan menghubungi pengelola blog tersebut dan memintanya untuk memperbaiki atau menghapus link yang rusak tadi.


#3. Abaikan sisa error 404 yang lainnya

Pada beberapa kasus, Anda akan menemukan kode error 404 yang timbul akibat digenerate oleh script atau ketika ada upaya Googlebot merayapi URL yang memang tidak ada di blog kita, sehingga hal tersebut memunculkan error 404 yang sama secara berulang.

Meskipun Anda telah mengklik 'tandai sebagai telah diperbaiki' ketika menemukan error 404 ini, cara seperti ini hanya akan menyembunyikan untuk sementara waktu pesan error 404 yang ada.

Kemudian, disaat Googlebot kembali merayapi blog Anda, maka error 404 yang sama akan kembali muncul.

Oleh karena itu, langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengabaikannya kode error 404 tersebut.

Mengapa perlu diabaikan ?
Error 404 yang tercipta sesungguhnya bukan mewakili sebuah halaman real yang memang ada di blog Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa halaman tersebut diakses oleh pengguna. (lihat pada #2 memperbaiki error 404 di Search Console, poin no 3)

Bagaimana jika kita alihkan kehalaman lain ?
Melakukan pengalihan ke homepage pada link error, menciptakan konten lainnya yang tidak sesuai tujuan link URL atau memanfaatkan file robots.txt untuk memblock semua URL yang error tersebut sangat tidak disukai oleh Googlebot.

Jika Anda benar-benar mengalihkan halaman error tersebut kehalaman valid, maka kondisi yang terjadi seperti ini dikenal oleh Google sebagai soft 404 errors.

Soft 404 errors terjadi ketika server Anda mengembalikan halaman nyata untuk URL yang tidak benar-benar ada di situs Anda. Hal ini biasanya terjadi ketika server Anda menangani URL yang rusak atau tidak ada sebagai "OK", dan mengarahkan pengguna ke halaman yang valid seperti homepage.

Apa efeknya ?
Semua tindakan tersebut (mengalihkan url dengan menggunakan metode yang sudah disampaikan) akan menyulitkan Googlebot dalam mengenali struktur blog Anda secara utuh dan menyeluruh, sehingga dapat menyulitkan proses perayapan yang benar dan wajar.



Kesimpulan

Error 404 yang muncul dilaporan kesalahan perayapan Search Console memang membuat was-was kita sebagai pengelola blog. Pertanyaannya jelas, berpengaruh atau tidak kondisi error ini terhadap performa blog kita di SERP.

Dari paparan yang sudah saya sampaikan, kita bisa melihat bahwa error 404 tidak berpengaruh terhadap peringkat blog namun tetap perlu diperiksa dan diperbaiki (jika diperlukan) agar kenyamanan pengguna tetap terjaga.

Perbaikan yang perlu Anda lakukan utamanya adalah pada pesan error 404 yang mengindikasikan bahwa halaman real (halaman yang sebenarnya ada di blog kita) dinyatakan tidak ada didalam laporan kesalahan perayapan dan menyebabkan pengunjung diarahkan masuk ke halaman error 404.

Oleh karena itu, dengan penanganan error 404 yang tepat dan benar, bisa menjadikan blog Anda memiliki struktur yang baik, mudah dirayapi serta jelas bagi pengguna sehingga bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi. Demikianlah cara menangani error 404 di Search Console ini bisa saya informasikan, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. cara menghilangkan iklan adsense di halaman error 404 gimana caranya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tag kondisional aja gan lebih mudah, pasang ditiap kode adsensenya.

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.