Awas ! Inilah 4 tanda yang perlu di waspadai sebelum Blog terbengkalai - Mengelola Blog

Awas ! Inilah 4 tanda yang perlu di waspadai sebelum Blog terbengkalai

Membuat sebuah blog sangatlah mudah caranya, namun untuk menjaga keberlangsungannya agar tetap eksis dan konsisten tidaklah semudah yang diucapkan. Dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas, serta disiplin yang tinggi agar blog yang dikelola bisa berhasil sesuai dengan keinginan.

Cukup banyak rintangan yang harus dihadapi oleh setiap pengelola blog, mulai dari rasa jenuh, merasa tidak berhasil, sampai pada tingkatan bahwa ngeblognya tidak membawa manfaat apa-apa sehingga ia perlu berhenti ngeblog untuk sekian lama waktu.

Jika sudah sampai ketahap tersebut, maka secara otomatis blog Anda akan terbengkalai dan tidak terurus. Sehingga akhir dari kenyataan bahwa mungkin blog Anda tidak membawa manfaat apa-apa akan sungguh terasa efeknya.

4 Tanda sebelum blog terbengkalai

Kondisi diatas sebenarnya bisa segera dihindari jika kita mewaspadai 4 tanda sebelum blog menjadi terbengkalai. Apa saja tanda-tandanya ? Artikel berikut akan menginformasikan 4 tanda yang perlu kita waspadai sebelum blog terbengkalai.


1. Merasakan bahwa Ngeblog adalah beban

Ngeblog itu dasarnya hobi, kalau bicara hobi artinya kan segala kegiatan yang disukai dan dilakukan secara berkala meskipun tidak rutin.

Nah, kalau Anda sudah berhadapan dengan rasa bahwa Anda harus ngeblog , atau Anda wajib ngeblog, trus kalau ngga ngeblog bakal bla.. bla.. bla.. . . . sebaiknya Anda perlu mewaspadai situasi seperti ini.

Perasaan bahwa ngeblog adalah beban akan menyeret kita pada situasi serba bingung dan malas. Apalagi ketika beban yang dirasakan semakin berat seiring dengan pertambahan waktu.

Hal umum yang dilakukan adalah keluar dengan segera dari beban tersebut, hingga akhirnya, kita merasa kehilangan arah dan melupakan tujuan awal sewaktu kita memutuskan untuk memulai ngeblog. Ingat hobi bukanlah beban, melainkan pelampiasan kesenangan akan sesuatu.


2. Jarang Update Artikel atau konten terbaru


Tanda-tanda berikutnya yang perlu diwaspadai sebelum blog Anda terbengkalai adalah jarang mengupdate konten ataupun artikel.

Opini saya, jika blog tidak ada konten terbaru selama lebih dari dua minggu, ini sudah menjadi tanda-tanda bahwa blog akan terbengkalai.

Mungkin saja Anda beralasan bahwa minggu ketiga akan di update karena saat ini sangat sibuk, namun faktanya, blog terbengkalai sekitar 3 minggu (2 minggu berjalan + rencana 1 minggu tanpa pembaruan, itupun dengan catatan kalau JADI di update).

Baca Juga : Cara menjaga ide menulis agar selalu ada


3. Lebih sering membuang waktu


Alih-alih untuk meningkatkan SEO serta pengunjung, ternyata banyak juga loh kegiatan didepan komputer yang bisa dikategorikan membuang-buang waktu, contohnya :
  • Sering memperhatikan trafik pengunjung tanpa tahu tujuan selanjutnya apa.
  • Lebih sering melihat pendapatan Adsense
  • Lebih sering masuk ke media sosial walaupun niat awalnya cari ide
  • Utak-atik template tanpa tujuan yang jelas mau diapakan itu template dan seperti apa hasil yang di inginkan dari perubahan template tersebut.
Kegiatan tersebut diatas umumnya memiliki niat dan tujuan yang baik di awalnya, namun seiring dengan keasyikan yang dirasa, sering kali berubah menjadi kegiatan yang membuang waktu.


4. Merasa terkena syndrome Writers Block


Ada kalanya memang kita akan merasakan sindrom writers block. Sebuah kondisi yang menyebabkan penulis merasa kehilangan kemampuan untuk menulis akibat ide ataupun hasratnya untuk menulis terasa kosong dan menemui jalan buntu.

Merasa terkena sindrom writers block adalah salah satu dari sekian banyak keluhan yang terjadi dan dirasakan oleh penulis, namun jika terus dibiarkan, lambat laun akan menjadikan blog kita terbengkalai.

Oleh karena itu, jika kita mulai merasakan hal seperti ini, sebaiknya segeralah keluar dari situasi ini dan berusahalah untuk segera bisa mengatasinya. Anda bisa membaca tipsnya di artikel tips mengatasi writers block yang sudah pernah saya terbitkan sebelumnya.


Kesimpulan

Mengenali tanda-tanda yang bisa mengakibatkan blog menjadi terbengkalai dan tidak terurus bisa meminimalisir perasaan bahwa ngeblog adalah aktifitas yang sia-sia. Dengan begitu kita bisa segera mengantisipasinya dengan berbagai cara yang menurut kita baik untuk dilakukan.

Demikianlah artikel 4 tanda yang perlu Anda waspadai sebelum Blog terbengkalai ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat

4 comments:

  1. Replies
    1. Ok mas, terima kasih sudah di ingatkan kemarin :)

      Delete
  2. Kalo saya lebih sering kena sindrom writers block.. Mungkin karena isi kepala dangkal kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu tambah lagi keknya mas baca bacanya 😁

      Delete