Cara moderasi komentar di Blogspot - Mengelola Blog

Cara moderasi komentar di Blogspot

Saling berkomentar diantara blogger dalam sebuah postingan menjadi hal yang sebenarnya sangat bermanfaat. Bisa mengisi kekurangan yang ada, bertukar informasi dan pengetahuan terkait artikel yang disajikan, serta menjalin keakraban antara satu blogger dengan blogger lainnya.

Namun tak jarang, penyediaan kotak komentar di blog menjadi dilema bagi pemilik blog itu sendiri.

Disatu sisi ia ingin menyediakan wadah untuk pembaca yang ingin mengomentari tulisannya, namun disisi lain ia tidak ingin tempat berkomentarnya menjadi sasaran spa-mming oknum blogger yang kurang bertanggung jawab.

Jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan me-moderasi komentar yang masuk sebelum diterbitkan. Cara ini cukup ampuh untuk menangkal komentar yang sifatnya spa-mming sekaligus menghargai setiap pengunjung yang sudah bersedia untuk bertanya ataupun memberikan komentarnya pada artikel yang kita terbitkan.

Kabar baiknya, untuk Blogspot sendiri sebagai salah satu platform blog yang cukup populer ini sudah menyediakan fasilitas pengaturan komentar.

Moderasi komentar Blog

Disini pemilik blog dapat mengatur komentar yang masuk, apakah ingin ditampilkan atau tidak, ditandai sebagai spa-m atau tidak, atau bahkan menghapus komentar yang memang tidak disukai.

Nah, pada artikel berikut, saya akan menginformasikan bagaimana cara moderasi komentar di Blogspot.


#1. Mengaktifkan moderasi komentar blog 


Sebelum kita bisa memoderasi komentar di Blogspot, tentunya kita perlu melakukan penyetelan pada komentar di blog Anda. Untuk membuat moderasi komentar di blog ikuti langkahnya seperti dibawah berikut.
  1. Login ke Blogspot 
  2. Pilih Blog yang komentarnya akan di moderasi
  3. Lihat menu disisi kiri, klik pada menu Settings
  4. Kemudian pilih Posts, comments and sharing
  5. Pada menu Comments perhatikan pada Comment Moderation
  6. Pilih Always untuk mengaktifkan moderasi komentar
  7. Klik Save setting disudut kanan atas untuk menyimpan perubahan
Sampai dilangkah ke-7 berarti Anda sudah mengaktifkan moderasi komentar di blog Anda.

mengaktifkan moderasi komentar blog
Menu untuk mengaktifkan sistem moderasi komentar di blog

Untuk informasi tambahan terkait pengaturan Komentar di Blogspot di menu Settings Anda bisa membacanya di artikel Mengenal menu Posts, comments and sharing  yang sudah pernah saya terbitkan sebelumnya.


#2. Melakukan Moderasi pada komentar


Setelah moderasi komentar kita aktifkan, maka saat itu juga kita sudah bisa memoderasi komentar apabila ada komentar yang masuk.

Berikut adalah ilustrasi / gambaran yang bisa saya sampaikan ketika ada komentar yang masuk.

1. Pengunjung berkomentar pada salah satu artikel Anda
2. Pengunjung tidak dapat melihat langsung komentar yang sudah diberikan karena menunggu persetujuan Anda. Berikut contoh informasi untuk pengunjung yang berkomentar saat moderasi komentar aktif.

informasi saat moderasi komentar aktif

3. Untuk menampilkan komentar tersebut, maka Anda perlu menerbitkan komentar melalui akun Blogspot Anda dengan cara:
  • Login ke Blogspot
  • Masuk ke menu Comments
  • Pilih Awaiting moderation
  • Pilih komentar yang akan di terbitkan, klik publish

Menu comment yang dimoderasi

Setelah Anda mengklik publish, maka saat itu juga komentar pengunjung di blog Anda akan tampil.

Jika Anda tidak ingin menampilkan komentar tersebut, karena komentarnya bersifat Spa-mming atau tidak pantas, silahkan pilih Delete untuk menghapus atau pilih Spam untuk mengkategorikan komentar sebagai spa-m

Baca Juga : Cara menambahkan pesan komentar di Blog


Kesimpulan

Moderasi komentar merupakan cara yang lebih baik untuk dilakukan meskipun ada beberapa kekurangan terkait kepuasan pengunjung saat berkomentar, hal ini disebabkan karena mereka tidak secara langsung melihat komentar yang disampaikan.

Akan tetapi, moderasi komentar sangat berguna untuk menghindari komentar-komentar negatif yang tidak sesuai topik ataupun komentar yang sifatnya spa-m. Dengan begitu maka kredibilitas blog Anda akan tetap terjaga, lebih baik dan terlihat lebih terurus.

Demikianlah artikel Cara memoderasi komentar di Blogspot ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

2 comments:

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.