Cara mengetahui kata kunci organik sebuah postingan blog menggunakan Search Console - Mengelola Blog

Cara mengetahui kata kunci organik sebuah postingan blog menggunakan Search Console

Pernahkah kamu terpikir tentang apa saja kata kunci organik yang masuk kedalam postingan blog ? Jika tidak, kini saatnya kamu perlu mempelajari apa saja kata kunci organik yang bisa mengantarkan setiap pembaca masuk ke setiap postingan di blog kamu.

Sebagai pengelola blog, tentunya yang kita inginkan saat membuat blog adalah blog kita bisa berkembang naik dan naik setiap waktunya. Dan salah satu kunci untuk mengembangkan blog adalah dengan memperbanyak kunjungan pembaca ke dalam blog kita.

Nah, untuk memperbanyak jumlah kunjungan pembaca tentu kita juga perlu tau terlebih dahulu darimana asal pengunjung yang masuk ke blog kita. Ada yang langsung (direct) dengan mengetikkan alamat url posting blog, ada yang melalui media sosial (referral), ada juga yang melalui Search Engine (SEO) dan beragam jalur lainnya.

MENGETAHUI KATA KUNCI POSTINGAN MELALI SEARCH CONSOLE

Jalur direct dan melalui media sosial biasanya tidak mengandung kata kunci pencarian, sedangkan pengunjung yang masuk dari Search Engine biasanya mengandung kata kunci pencarian, yaitu kata kunci yang diketikkan dan digunakan pengunjung melalui search engine.

Pada artikel kali ini, saya akan menginformasikan tentang bagaimana cara kita mengetahui apa saja kata kunci yang digunakan oleh pengunjung untuk masuk ke salah satu postingan blog kita.

Namun sebelum kita melanjutkan, saya harap blog Anda sudah dikaitkan dengan search console. Jika belum maka Anda perlu mengkaitkannya terlebih dahulu, silahkan baca artikel cara agar blog terindeks di Google terlebih dahulu terutama pada poin #2 untuk mendaftarkan blog ke Search Console

Cara mengetahui kata kunci sebuah postingan menggunakan search console


Ikuti langkah dibawah ini untuk mengetahui kata kunci yang digunakan oleh pengunjung untuk masuk ke salah satu postingan di blog kita melalui search Console,
  1. Log in kedalam search console
  2. Pilih Blog yang akan di cek
  3. Lihat sisi kiri, kemudian pilih menu Lalu Lintas Penelusuran
  4. Kemudian pilih Telusuri Analytics
    Menu lalu lintas penelusuran di search console
  5. Lanjutkan dengan memilih Laman
    Pilih laman
  6. Urutkan nilai klik dengan mengklik tulisan "klik" hingga didapat nilai paling besar.
    Urutkan nilai klik
  7. Klik pada link laman disisi kirinya

    Pilih laman
  8. Setelah masuk ke grafik baru, pilih Kueri

    Pilih kembali kueri
  9. Ya, disitulah semua kata kunci yang digunakan pengguna untuk sebuah halaman posting bisa Anda temukan
Setelah anda selesai pada langkah ke 9, maka disitu Anda dapat melihat apa saja kata kunci yang digunakan oleh pengunjung blog Anda pada satu laman postingan.

Tips :

1. Urutkan kembali nilai klik untuk mengetahui kata kunci apa yang paling banyak digunakan pengunjung untuk masuk ke postingan tersebut.
2. Klik pada Tayangan, RKT, Posisi untuk melanjutkan analisa kata kunci yang ingin Anda optimalkan pada postingan tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah mengetahui kata kunci pencarian sebuah postingan melalui Search Console
  1. Sumber ide untuk membuat artikel selanjutnya
  2. Sumber ide untuk mengembangkan artikel yang sudah ada berdasarkan target kata kunci yang ingin Anda targetkan.
  3. Mengetahui mana saja postingan yang naik ataupun turun pengunjungnya sehingga lebih mudah untuk memperbaikinya.


Kesimpulan

Kata kunci yang digunakan dalam sebuah postingan sangat menentukan jumlah pengunjung organik yang masuk dari Search Engine. Adakalanya postingan kita bisa menempati rangking #1 SERP Google namun pengunjungnya sedikit karena kita salah menargetkan kata kunci yang digunakan dalam postingan tersebut.

Dengan mempelajari dan mengetahui kata kunci apa saja yang paling banyak diklik dan digunakan pengunjung pada sebuah laman postingan, maka kita bisa mencoba untuk mengubah pola dalam meningkatkan kekuatan artikel terhadap kata kunci yang digunakan pengunjung tersebut guna meningkatkan pageviews.

Demikianlah artikel tentang Cara mengetahui kata kunci organik sebuah postingan blog menggunakan Search Console bisa saya sampaikan, terima kasih.

8 comments:

  1. Bagus mas artikelnya jadi tambahan ilmu ngeblog saya buat pembelajaran kedepan dalam meningkatkan pengunjung organik, terimakasi sallam buat temen blogger semuanya..

    ReplyDelete
  2. Thank infonya,bermanfaat sekali, memang dalam webmaster tool itu banyak kata kunci yg sering menjadi target pengunjung mencari sebuah pencarian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal memanfaatkannya aja ya supaya bisa nambah ngiket di page one :D, btw Terima kasih mbak kunjungannya . .

      Delete
  3. Tulisannya mantap.. saya bisa dapat ilmu

    ReplyDelete
  4. Nambah ilmu baru , alhamdulillah.
    Oiya, maksudnya mengubah pola dalam meningkatkan kekuatan artikel terhadap kata kunci itu gimana om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misalnya terdapat kara kunci yg belum ada didalam artikel kita namun pengunjung masuk dari kata kunci tersebut. Apalagi jumlahnya cukup banyak . . . Nah tentu utu salah satu pertimbangan mata kunci yg bisa kita masukkan dalam artikel sehungga pola dan susunan kata kunci sebelumnya akan berubah guna menambah kekuatan artikel berdasarkan kata kunci tambahan tadi. . .

      Delete