Google Keep : Kumpulkan ide menjadi lebih mudah - Mengelola Blog

Google Keep : Kumpulkan ide menjadi lebih mudah

Menemukan ide untuk secara langsung dituangkan kedalam tulisan dan menjadi sebuah postingan menjadi hal yang cukup membebani buat saya secara pribadi. Kesan terburu-buru hingga banyaknya typo didalam tulisan, mengurangi "rasa" yang akan didapatkan pembaca ketika membaca artikel tersebut.

Oleh karena itu, pencarian dan penggunaan aplikasi yang bisa berfungsi sebagai tempat untuk menampung, mencatat dan mengorganisir ide-ide bahan postingan silih berganti saya lakukan.

Dari sekian banyak aplikasi smartphone yang pernah saya coba, hingga saat ini hanya ada satu aplikasi yang masih menjadi andalan saya untuk digunakan sebagai tempat menampung ide ataupun referensi-referensi guna membuat artikel di blog.

Google Keep, ya aplikasi besutan Google yang sudah lama muncul di Playstore ini kerap saya gunakan untuk menyimpan materi-materi yang menurut saya berguna sebagai referensi pembuatan artikel blog.

Google Keep kumpulkan ide menjadi lebih mudah
Penggunaannya yang mudah, simple serta cukup lengkap ini menjadikannya sebagai salah satu aplikasi yang menurut saya penting untuk dimiliki apalagi bagi seorang blogger.

Pada artikel kali ini, kita akan mengupas apa saja sih kemudahan dan kelebihan yang ada pada Google keep sehingga menjadi aplikasi yang selalu ada di smartphone saya.


I. Fitur lengkap untuk mengorganisir ide


Hal pertama yang saya sukai dari Google Keep adalah fitur yang mudah dan lengkap guna menangkap, menyimpan dan mengorganisir ide-ide yang muncul di kepala. Berikut kemudahan yang saya temukan saat menggunakan Google Keep.

Organisir ide di Google Keep
  1. Menyimpan link halaman situs web
    Ngeblog itu butuh ide, dan cara yang paling mudah adalah dengan mencarinya di Internet. Saat blogwalking, browsing ataupun saat membaca, baik membaca di forum ataupun situs berita, terkadang suka muncul ide-ide yang bisa dijadikan bahan postingan.
    Saat itu juga, saya dapat dengan mudah menyimpan halaman tersebut kedalam Google Keep sehingga bisa saya baca kembali jika diperlukan kapanpun.
  2. Menyimpan ide dengan menggunakan foto
    Kemudahan lainnya menggunakan Google Keep adalah ia mudah untuk menyimpan foto kedalam note. Terkadang saya menemukan ide bahan postingan ketika membaca sebuah majalah, koran, atau tabloid.
    Daripada saya menulis dan mengetikkan ulang ide tersebut kedalam aplikasi, maka cara mudahnya, saya foto saja bagian yang memang menjadi sumber ide untuk kemudian disimpan ke dalam Goole Keep.
  3. Menyimpan ide melalui rekaman suara
    Sebenernya fitur inilah yang paling saya suka dari Google Keep. Menyimpan rekaman suara ke dalam note /lembar catatannya. Dan yang nggak tanggung-tanggung, suara yang sudah kita rekam itu langsung diterjemahkan kedalam bentuk teks.
    Jadi jika kamu yang mungkin sedang malas untuk mengetik artikel, bisa memanfaatkan fitur ini guna membuat artikel.
  4. Menyimpan ide dengan cara mengetiknya
    Ya, kalau yang satu ini sih fitur standard yang selalu ada pada aplikasi berbasis note, meskipun kurang efisien untuk digunakan namun masih bisa nyaman dipakai jika kondisinya memang terpaksa harus menggunakan fitur ini.
  5. Membuat To-Do list
    Fitur to do list ini memudahkan kontrol disaat kita memiliki banyak daftar tugas, pembelian barang, ataupun hal-hal lain yang bisa di input sebagai daftar.

II. Fitur Reminder


Fitur pelengkap lainnya yang ada di Google Keep adalah fitur Reminder. Yap fitur ini juga sangat berguna sebagai reminder untuk mengingatkan jadwal-jadwal penting yang sudah kita buat. Dan enaknya tinggal gunakan fitur perekam suara untuk mencatatkannya ke dalam note (namun untuk pengaturan waktu remindernya mesti dilakukan manual).


III. Fitur berbagi catatan


Tidak kalah pentingnya, fitur berbagi catatan ini juga tersedia di Google keep. Catatan yang ada dan sudah dibuat, bisa dibagikan pada rekan-rekan kita dengan sangat mudah. Bisa melalui email, Whatsapp, BBM, dan lainnya.


IV. Fitur Penyimpanan ke Google Doc


Fitur lainnya yang saya temukan dan bisa berguna bagi blogger adalah fitur penyimpanan ke Google Doc. Catatan-catatan yang penting dan sudah disimpan di Google keep bisa langsung kita simpan kedalam Google Docs.


V. Bisa dibuka melalui PC/Laptop


Nah ini fitur terakhir yang menurut saya menjadikan Google Keep nyaman digunakan, yaitu Google keep bisa diakses melalui PC/Laptop.

ekstensi google keep untuk chrome
Dengan menggunakan Google Chrome sebagai browser di PC/Laptop, kemudian menambahkan ekstensi Google Keep di Chrome, maka kita bisa mengaksesnya melalui https://keep.google.com dan menggunakan catatan serta daftar yang sudah kita buat sama seperti pada aplikasi di smartphonenya.

Artinya Ide-ide artikel, catatan, bahan referensi lainnya, bisa dengan mudah kita akses dan gunakan kembali disaat kita membutuhkannya baik ketika menggunakan smartphone atau saat kita berada di depan komputer.

Baca juga : 


Kesimpulan

Kemudahan yang ada di aplikasi Google Keep serta tersedianya ekstensi untuk membuka aplikasi tersebut didalam laptop menjadi salah satu alasan saya untuk tetap menggunakan aplikasi ini sebagai alat untuk mengorganisasikan ide-ide yang saya temukan sebagai bahan artikel. Nah bagaimana dengan Anda ? Apakah sudah pernah mencobanya ?

2 comments: