7 Keluhan yang sering dirasakan blogger pemula - Mengelola Blog

7 Keluhan yang sering dirasakan blogger pemula

Ngeblog menurut saya pribadi sejatinya adalah hobi, namun terkadang banyak kita dengar bahwa ngeblog bisa menjadi ladang penghasilan bagi sebagian orang. Ya, faktanya banyak sudah blogger-blogger yang memang bisa memiliki penghasilan tetap setiap bulan melalui kegiatan blogging ini.

Hal tersebut tentu menarik minat sebagian generasi muda saat ini. Selain karena senang dengan hal yang berbau internet dan teknologi, bisa menghasilkan uang dari blog merupakan alasan lain mengapa mereka tertarik untuk mencoba untuk berkecimpung di dunia blogging ini.

Namun begitu, mengelola dan membangun blog yang bisa menghasilkan tentu perlu kerja keras dan juga disiplin, terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Keluhan demi keluhan sering terlontar pada komentar ataupun thread-thread di berbagai forum blog.

Nah dari sekian banyak keluhan yang terjadi, berikut saya rangkumkan 7 keluhan yang sering dialami oleh blogger-blogger pemula, apa saja keluhannya ? simak infonya lebih lanjut pada artikel berikut ini.

7 Keluhan Blogger pemula


1. Traffik pengunjung sedikit


Perihal traffik pengunjung sedikit ini kerap menjadi keluhan blogger pemula yang seringkali saya temui di beberapa forum blogger.

Untuk mendatangkan traffik pengunjung memang tidaklah semudah membalik telapak tangan.

Dimulai dari pemilihan topik blog, kualitas konten, jumlah dan variasi kata kunci serta konten, optimasi SEO, cara pemasaran konten, dan yang lain-lainnya, tentu sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung yang datang.

Nah, untuk blog yang baru dibuat, apalagi dikelola oleh pemula yang masih minim pengalaman dalam mengoptimasi blog, tentu dibutuhkan banyak usaha, doa, kesabaran, waktu, disiplin serta konsistensi untuk terus mengoptimalkan blog serta selalu mengupdate konten guna mendatangkan banyak pengunjung.

Dengan cara seperti itu, maka perlahan tapi pasti pengunjung blog pun lambat laun akan bertambah dan bertambah seiring berjalannya waktu.

Baca juga : 3 Tips ini bisa meningkatkan pengunjung medsos ke blog kamu 


2. Sulit menentukan template


Keluhan berikutnya yang juga sering dialami oleh blogger pemula adalah mereka kesulitan untuk memilih template blog.

Keluhan yang terjadi umumnya diantara desain dan struktur template yang SEO friendly. Seperti misalnya, desainnya bagus tapi tidak SEO friendly, begitu juga sebaliknya.

Ya, secara garis besar template blog juga cukup berpengaruh terhadap jumlah traffik pengunjung blog. Sebuah riset yang dilakukan oleh engagingnewsproject.org menunjukkan bahwa desain bisa mempengaruhi jumlah kunjungan yang terjadi (sumber: engagingnewsproject.org).

Untuk menentukan template yang cocok digunakan, cara paling cepat dan mudah dilakukan adalah dengan bertanya pada blogger-blogger lain yang sudah lebih pengalaman dalam menggunakan beragam template yang ada.

Bisa melalui forum-forum tentang blogging, melalui kolom komentar, atau melalui sumber-sumber referensi lainnya yang dapat dipercaya, selebihnya tinggal disesuaikan dengan selera kita.


3. Artikel dicopas (copy paste)


Keluhan lain yang juga paling sering muncul adalah artikel di copas (baca: copy paste) oleh orang-orang yang kurang beretika.

Artikel yang di copas, baik secara langsung ataupun menggunakan teknik autoblog/AGC (Auto Generated Content) bisa membunuh semangat blogger-blogger pemula sehingga mereka menjadi malas untuk ngeblog.

Apalagi ketika mereka menemukan bahwa artikel hasil copas menempati peringkat yang lebih baik posisinya di Search Engine Results Pages dibandingkan dengan artikel originalnya.

Meskipun begitu, tentu saja ada donk cara untuk mengantisipasi atau menghindarinya, salah satu solusi yang umum dilakukan adalah dengan melaporkan konten yang dicopas ke Google DMCA kemudian memasang script Anti copas lalu mengalihkan feed blog ke feedburner.

Baca juga : Cara mencegah pencurian artikel oleh autoblog


4. Artikel blog susah masuk Page one


Masuk di halaman #1 SERPs dengan kata kunci yang tingkat persaingannya kecil namun ber jumlah pencarian sangat banyak adalah dambaan setiap blogger yang memang mengandalkan SEO untuk meraih pengunjung sebanyak-banyaknya.

Sengitnya persaingan kata kunci dan domain authority dari mastah SEO, membuat artikel-artikel yang dibuat oleh blogger pemula menjadi terlempar ke ujung halaman nomor sekian.

Untuk memahami SEO lebih jauh tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, perlu yang namanya "trial and error", kalau perlu coba ikutan kontes-kontes SEO skala kecil untuk mengetahui bagaimana persaingan kata kunci dan teknik teknik-SEO yang digunakan.

Dengan begitu setidaknya kita mempunyai gambaran bagaimana cara untuk mengoptimalkan blog agar bisa masuk Page one.


5. Banyaknya komentar spam


Karena belum memahami lebih jauh dampak komentar spam dan membiarkan pengaturan komentar pada posisi default. Banyak blog baru yang akhirnya menjadi sasaran para spammer.

Berjenis-jenis link penjualan obat, ataupun link-link yang sifatnya gambling dapat merusak reputasi dari konten itu sendiri.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi blog baru untuk langsung mengaktifkan sistem moderasi komentar agar setiap komentar yang masuk bisa kita filter terlebih dahulu sebelum komentar tersebut di publikasikan kedalam postingan blog kita.


6. Tidak fokus buat artikel


Ngga fokus buat artikel memang sering terjadi dan sering dialami, bahkan bagi profesional blogger sekalipun.

Baru dapat ide dan mulai mengetikkan beberapa kalimat tiba-tiba pesan dari medsos masuk, ada email baru, sms, chat, yang silih berganti masuk dan berdering di handphone sehingga kita gagal untuk kembali fokus ketika membuat artikel.

Ada beberapa cara yang cukup efektif digunakan diantaranya dengan membuat silent hp-nya atau ubah waktu menulis artikelnya.


7. Kehabisan Ide postingan


Kehabisan ide postingan juga menjadi salah satu keluhan yang cukup sering saya temukan di forum-forum blogger. Bahkan ada yang lebih dari seminggu masih juga merasa kehabisan ide postingan.

Menurut apa yang saya alami, ide-ide untuk dijadikan artikel dan postingan sebenarnya sangatlah banyak, cuma terkadang kita sering terpaku pada satu topik bahasan saja sehingga terasa cukup mengekang.

Ditambah lagi dengan seringnya kita mengacuhkan ataupun malas untuk mencatat ide-ide postingan yang sering kali muncul secara tiba-tiba.

Alhasil disaat kita membutuhkan ide-ide segar, kita seakan tidak memiliki ide dan bahkan serasa kehabisan ide lagi untuk membuat postingan.

Baca juga : Google Keep : Kumpulkan ide menjadi lebih mudah


Kesimpulan


Semua kegiatan pasti ada masanya kita mengalami kejenuhan, capek dan rasa bosan lainnya. Namun jika kita baru memulainya maka, hal yang paling penting untuk ditekuni adalah mempelajari dan juga mempraktekkannya dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, selalu berusaha untuk mempersiapkan apa yang akan dilakukan dengan merencanakan kegiatan terlebih dahulu, tentu akan mengurangi hambatan-hambatan yang ada sekaligus meminimalisir keluhan yang malah sering membawa kita pada keinginan untuk segera menyerah.

Demikianlah artikel tentang 7 Keluhan yang sering dialami blogger pemula ini bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

18 comments:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat..klo permasalahan saya ada di no 1 trafik masih terlalu sedikit karna memang masih baru membuat blog dan belum terlalu fokus untuk mengurusnya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal gan, yang udah ribuan viewer aja masih berasa di masalah no 1 :), tentu yang baru perlu cari tau lagi biar makin banyak ya viewernya btw thanks kunjungannya ya

      Delete
  2. Berguru sama mas teguh.
    Met mlem mas,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam juga mas sainangun. Kita sama sama belajar mas 🙏

      Delete
  3. mas teguh, berdasarkan keluhan nomor 3.
    Saya mau tanya, cara biar isi postingan blog tidak bisa diseleksi.

    Namun, pada bagian2 tertentu, seperti link tetap bisa diklik/ diseleksi bagaimana ya mas?

    Seperti blog mas teguh ini. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kode template beda-beda saya cuma kasih guide saja ya

      Cari kode css yang digunakan untuk body postingan contoh : .post

      Tambahkan css dibawah ini

      khtml-user-select: none;
      -webkit-user-select: none;
      -moz-user-select: none;
      -ms-user-select: none;
      -o-user-select: none;
      user-select: none;
      unselectable: on;

      lalu simpan dan liat hasilnya.
      Selamat mencoba :)

      Delete
  4. Kalo saya keluhanya no 1 sama 4 gan.. bikin gak semangat ngeblog..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, belajarnya perlu ditambah kali mas 😁 lambat laun berkurang deh keluhannya 😊

      Delete
  5. Mas, boleh dong share cara membuat tampilan menu seperti yg ada di blog mas teguh ini,!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas Sinangun, kebetulan cara buat menu sepeti yang saat ini saya gunakan sudah pernah saya share di artikel berikut

      http://www.mengelolablog.com/2017/07/membuat-menu-horizontal-responsive-dengan-css.html

      Silahkan dicoba dahulu, semoga bisa membantu :)

      Delete
  6. keluhan nomer satu yang terasa..makanya saya malu kalau masang histads di blog hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting mah konsisten dulu aja mas, apalagi kalau sudah urusan update konten, urusan traffik mah akan mengikuti nantinya :)

      Delete
  7. Dari satu sampai tujuh ada pada diri saya, hemm.. Kayanya bener karena masih baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi sebagian besar blogger saya yakin pasti ngalamin hal diatas mas 😁. . . Yg penting tetep semangat

      Delete
  8. namanya juga manusia om, apa lagi banyak remaja atau blogger muda yg maunya instan2.
    seperti perlu layanan online ngeblog. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah, mungkin pola pikir dan tujuannya berbeda ya :)

      Delete