Filter data pageviews dengan Google Analytics Opt-out - Mengelola Blog

Filter data pageviews dengan Google Analytics Opt-out

Google Analytics memang dikenal sebagai salah satu situs tracking yang cukup populer di kalangan blogger. Selain gratis, Google Analytics mampu menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web yang cukup lengkap termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Meskipun begitu, ternyata data yang ditampilkan Google Analytics ini terbilang cukup rancu untuk di ikuti, salah satunya adalah data pageviews.

Data pageviews ini menunjukkan tentang jumlah halaman yang dilihat, termasuk jumlah halaman disaat kita melihat halaman blog kita sendiri, nilai pageviews ini juga akan terhitung di dalam Google Analytics.

Untuk blog dengan traffik dan jumlah pageviews tinggi (ribuan atau puluhan ribu dalam sehari), bisa jadi artikel ini tidak terlalu berpengaruh karena nilai persentasenya yang akan terbilang kecil.

Namun jika blog anda adalah blog baru dan sedang dalam tahap pengembangan (pageviews puluhan atau ratusan dalam sehari), artikel ini mungkin bisa bermanfaat untuk Anda.

Ya, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pemasangan Ekstensi Chrome yang bernama Google Analytics Opt-out.

Ekstensi Google Analytics Opt-out


Apa sih Google Analytics Opt-out ?


Google Analytics Opt-out adalah ekstensi untuk browser Google Chrome yang berguna untuk mencegah hitungan jumlah data halaman yang kita lihat di dalam blog kita sendiri. Artinya, ketika kita melihat halaman blog kita sendiri, data terhadap jumlah halaman yang kita buka tidak akan dihitung oleh Google Analytics sebagai pageviews.

Dengan begitu, kita bisa menghindari "Euforia" peningkatan pageviews yang tinggi akibat terhitungnya data pageviews saat kita melihat halaman blog sendiri.

Selain itu, dengan ter-filternya data hitungan diri kita saat memeriksa / membuka halaman blog sendiri akan memperjelas jumlah pageviews yang dilihat oleh pengunjung sesungguhnya.

Efeknya, pengoptimalan terhadap halaman-halaman yang diminati pengunjung-pun bisa lebih jelas arahnya. Ikuti langkah dibawah berikut untuk memasang ekstensi Google Analytics Opt-out.

Langkah Pemasangan Google Analytics Opt-out

  1. Buka browser Google Chrome anda dan kunjungi Google Chrome Webstore untuk Google Analytics Opt-out 
  2. Setelah muncul pop up ekstensi, klik + Tambahkan ke chrome lalu klik lagi tambahkan ekstensi.
  3. Setelah terpasang maka akan muncul notifikasi di sudut kanan atas browser anda.

Perhatikan langkahnya pada gambar dibawah ini
Pemasangan Ekstensi Google Analytics Opt-out


Pemeriksaan pemasangan Ekstensi

Setelah pemasangan ekstensi, untuk memastikan bahwa ekstensi sudah terpasang dengan benar, ikuti langkah berikut

pemeriksaan Ekstensi Google Analytics Opt-out
  1. Klik pada menu dengan ikon titik tiga di sudut kanan atas
  2. Klik pada Fitur lainnya
  3. Klik pada Ekstensi
  4. Gambar di bawah menunjukkan bahwa ekstensi Google Analytics Opt-out sudah terpasang dengan benar.
  5. pemeriksaan Ekstensi Google Analytics Opt-out
Baca juga :

Pemeriksaan Fungsi Ekstensi Google Analytics Opt-out


Setelah pemasangan ekstensi Google Analytics Opt-out selesai, maka kini saatnya kita memeriksa fungsi kerja dari ekstensi ini. berikut adalah cara memeriksa fungsi kerja ekstensi Google Analytics Opt-out
  1. Masuk dan login ke akun Google Analytics Anda
  2. Kemudian pilih menu Real-time > Overview
  3. Buka kembali jendela baru di browser anda lalu buka blog anda, pilih salah satu halaman posting, contoh halaman "A"
  4. Perhatikan pada laporan Real-time, jika laporan halaman "A" tidak muncul, berarti ekstensi sudah berfungsi dengan baik.
Tes ekstensi Google Analytics Opt out


Kesimpulan


Pemasangan ekstensi Google Analytics Opt-out ini berfungsi untuk memfilter akun kita agar tidak terhitung didalam data Google Analytics disaat melihat halaman blog sendiri, baik itu disaat memperbaiki tampilan atau melakukan pengoptimalan halaman.

Tentu saja hal ini akan membuat data pageviews yang ada di Google Analytics menjadi lebih akurat dan bisa lebih memperlihatkan halaman-halaman yang sesungguhnya yang benar-benar di kunjungi oleh pengunjung blog kita.

Demikianlah artikel Filter data pageviews dengan Google Analytics Opt-out ini bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat

No comments:

Post a Comment