Tantangan Seorang Blogger Yang Perlu Kamu Ketahui - Mengelola Blog

Tantangan Seorang Blogger Yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak salah memang jika para penggiat blog menyarankan bahwa ngeblog itu harus didasari "passion", hasrat , keinginan yang kuat untuk menjadi blogger. Disamping itu, hobi dan kesukaan tentang apa yang ingin dilakukan di blog juga sangat kental karena akan mempengaruhi motivasi dan semangat untuk ngeblog itu sendiri.

Sepengetahuan saya... ngeblog merupakan aktivitas marathon, aktivitas yang tidak sekali dikerjakan sekali selesai. Waktunya pun bisa lebih dari setahun, tiga tahun, lima tahun, bahkan bisa lebih dari itu.

Anda perlu selalu menjaga motivasi dan semangat, selalu mengisinya kembali dengan materi-materi segar agar kreativitas ngeblog tetap jalan, tetap bisa menyajikan konten-konten terbaru pada pengunjung blog anda.

Ya.. bukannya mau menakut-nakuti atau ingin mematahkan semangat ngeblog anda, namun memang seperti itulah faktanya yang akan anda alami saat mulai bergelut di dunia blogging ini. Berikut adalah tantangan-tantangan yang akan dihadapi ketika ngeblog.

Tantangan seorang blogger

1. Ide

Tantangan pertama yang akan anda temui pertama kali ketika terjun ke dunia blogging ini adalah ide. Cobalah anda ketikan apa-apa saja yang ada dipikiran anda saat ini kedalam mesin pencari...

Bisa dipastikan bahwa semua ide yang anda ketikkan hampir 99,99% akan ada dan bisa dijawab oleh mesin pencari (meskipun tidak semua jawaban bisa terpenuhi).

Dari situ, kita bisa melihat bahwa hampir semua ide sudah ada dan sudah pernah dituangkan kedalam sebuah blog atau situs. Meskipun begitu, ide akan selalu tetap ada, tetap dapat berkembang dan bisa di kembangkan.

Nah, tantangan untuk selalu menelurkan ide bagi konten-konten blog anda kelak akan menjadi tantangan nyata yang harus dihadapi.


2. Konten

Urusan konten memang bukan perkara sepele, apalagi jika sudah bicaranya kualitas dan kuantitas. Untuk membuat konten blog yang menarik memang tidak semudah yang dibayangkan, semua itu butuh proses, butuh waktu.

Ketidaksabaran pada proses untuk membuat konten yang menarik, bagus, SEO Friendly dengan kuantitas yang tinggi, menjadi tantangan terberat yang akan dihadapi oleh seorang blogger.

Bahkan, oleh karena hal ini pulalah banyak teknik-teknik blogging yang kurang terpuji bermunculan dan tanpa mempedulikan apakah cara itu baik atau tidak. Sebut saja teknik AGC, Scrapping, Spinner, Copas, baik manual ataupun otomatis, dan masih banyak lagi model teknik blogging dengan cara-cara kurang terpuji lainnya.

Selain kualitas dan kuantitas, topik blogpun juga bisa menjadi tantangan pada konten yang akan anda hadapi.

Tak peduli apakah blognya ber topik tertentu atau campuran (istilahnya gado-gado), topik ini bisa menjadi tantangan yang berat untuk dihadapi, terutama jika anda memang kurang menguasai bahasan dalam topik tersebut.


3. Pemrograman dan bahasa web

Tantangan berikutnya selain ide dan konten yang pasti akan dihadapi oleh seorang blogger adalah permrograman dan bahasa web seperti contohnya HTML, CSS, ataupun javascript.

Meskipun anda tidak perlu menguasai secara keseluruhan, namun mempelajari pemrograman dan bahasa web sangat diperlukan guna mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia blogging.

Paling minim adalah mengetahui cara-cara mengedit template seperti menggantinya atau merubah warna-warna pada template blog.

Baca juga:


4. Pengelolaan Blog

Terkait dengan pemrograman dan bahasa web, pengelolaan blog juga menjadi tantangan yang akan dihadapi. Untuk pengelolaan blog sifatnya terbagi menjadi dua internal dan eksternal.

Internal merupakan pengelolaan yang sifatnya didalam, mulai dari riset keyword, update konten, mendaftarkan blog ke mesin pencari, memastikan konten terindeks dengan benar, mengimplementasikan penggunaan tool analitics, hingga menganalisa terjadinya kesalahan-kesalahan akibat faktor eksternal.

Sedangkan untuk eksternal adalah perubahan yang terkait dengan adanya update algoritma mesin pencari, perubahan-perubahan seperti http ke https, melakukan pemasaran dengan cara sharing ke berbagai direktori dan media sosial, hingga memantau dan memeriksa backlink yang sudah ditanamkan.

Selain itu, tantangan pada pengelolaan blog ini banyak sedikitnya akan muncul ketika setelah sekian lama waktu berjalan namun hasil yang anda harapkan tidak sesuai, pengunjung tidak banyak, daftar menjadi pengiklan tak kunjung diterima, hingga traffik pengunjung yang semakin lama semakin merosot turun.



5. Diri Sendiri

Nah, tantangan terakhir ini merupakan tantangan terberat yang akan dihadapi.. diri sendiri.. Ya, menaklukan diri sendiri dari rasa malas ngeblog, kurang konsisten, melawan rasa kehabisan ide, kurang berusaha, kurang memperbarui keahlian di diri sendiri dan segudang tantangan-tantangan lainnya akan menghampiri anda setelah sekian lama waktu berjalan.

Bahkan, tantangan yang muncul dari diri sendiri inilah yang sering mengalahkan semua tantangan di atas sehingga anda memilih untuk meninggalkan aktivitas ngeblog. Hingga akhirnya segala usaha ngeblog yang sudah dimulai jauh-jauh hari harus ditinggalkan.


Kesimpulan

Secara garis besar, tantangan yang ada bagi seorang blogger bermuara pada diri sendiri. Mau nggak kita melewati semua tantangan-tantangan tersebut ? Mau nggak kita menghadapi rasa malas, bosan bahkan rasa kesal ketika melihat kunjungan merosot tajam ?

Intinya, apapun kegiatan dan aktivitas yang anda lakukan, akan selalu bermuara dari diri sendiri. Tinggal bagaimana kita menyikapi tantangan yang ada dan muncul selama proses berlangsung.

Demikianlah artikel tentang Tantangan Seorang Blogger Yang Perlu Anda Ketahui ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 comments:

  1. Udah lama saya gak berkunjung ke blog nya mas teguh....apa kabarnya mas?
    Memang poin poin diatas merupakan kendala setiap blogger individu,makanya banyak yang bergabung dalam 1 wadah blog dan mengelolanya bersama sama....
    Bahkan hal ini malah menambah khasanah dan pemikiran serta ide ide baru yang muncul secara spontanitas dan berujung pada terciptanya sebuah karya tulisan yang saya sendiri terkadang tak percaya bahwa saya pernah mengguratkan kata kata tersebut didalam sebuah artikel blog....memang benar,kebersamaan merubah pandangan mampu menghasilkan ide ide fresh yang dapat dijadikan sebagai bahan tulisan....seperti kata pepatah,ide akan muncul dari banyak kepala....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas mike.. waaah makasih ya masih inget dan berkunjung ke mari..

      Jadi inget kalo ini blog udah lama ga di update .. wkwkwk... kalau ide tulisan sebenarnya banyak aja mas, cuma memang sedang jenuh nulis materi blogging.

      Selain banyak perubahan di Google, artikel lama yang sudah pernah terbit terkait tutorial juga banyak yang perlu di update, dan ini yang buat saya berpikir "sayang waktunya ah mending buat artikel baru.."

      Disinilah saya menilai untuk vakum sementara di blog ini, namun saya tetep nulis di blog lainnya yang sesuai dengan ilmu dan kemampuan saya sebelumnya.

      Oiya gimana perkembangan blognya ? semakin mantaplah ya traffiknya :)

      Delete