5 hal penting sebelum mengelola blog - Mengelola Blog

5 hal penting sebelum mengelola blog

Blog ini saya bentuk karena rasa penasaran saya terhadap sebuah pertanyaan, bagaimana sebuah blog berinteraksi baik secara visual dan non visual serta pengaruhnya terhadap kinerja blog itu sendiri ?

Setiap blogger tentu menginginkan blog yang di buatnya memiliki kinerja yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, baik dari segi kualitas penulisan konten (isi blog) maupun dari jumlah pengunjung yang membaca blog mereka.

Atas rasa penasaran saya terhadap hal tersebut diatas, maka blog ini saya bangun untuk memperdalam pengetahuan tentang bagaimana sebuah blog itu dapat di kelola sehingga bisa memberikan manfaat untuk pengelola maupun pembaca blog tersebut.

Sebelum memulai untuk mengelola blog, sudah pasti anda wajib memiliki sebuah blog yang akan anda kelola. Untuk membuat sebuah blog tidaklah terlalu sulit, banyak penyedia jasa blog gratis yang dapat anda gunakan untuk membuat blog, diantaranya melalui Blogspot atau Wordpress .

Lebih dari 172 juta blog beredar di internet saat ini dan hampir setiap setengah detik, sebuah blog diciptakan di manapun tempat di dunia ini

Namun, langkah-langkah untuk membuat blog untuk saat ini tidak saya bahas, anda tinggal masuk ke artikel saya disini untuk mendapatkan ebook tutorial membuat blog di blogspot secara gratis atau mendaftar langsung di akhir artikel ini . Di ebook tersebut,  anda akan menemukan tutorial yang dapat membantu anda untuk membuat sebuah blog.

Baca juga : Potensi blog untuk generasi muda

Pada artikel kali ini , saya akan memberikan informasi tentang apa saja langkah-langkah yang diperlukan sebelum membangun sebuah blog yang berkualitas. Sebelum lanjut membaca dipersilahkan untuk menikmati  secangkir kopi hangat yang sudah anda buat :) .

5 hal penting sebelum mengelola blog

#1. Niat dan Motivasi membuat Blog


Niat dan motivasi merupakan hal yang paling dasar dalam membuat atau mengelola sebuah blog. Tanyakan kepada diri anda sendiri, Apa niat yang mendasari anda perlu membuat sebuah blog ? Apakah anda ingin memberikan informasi, atau sekedar menulis seperti jurnal harian atau bahkan anda ingin menambah penghasilan melalui blog ?

Menjadi seorang penulis blog ( blogger ) bisa dikatakan mudah namun sulit dalam prakteknya. Kegiatan blogging ini sangat membutuhkan konsistensi dan kreatifitas untuk masa yang tidak terbatas, sehingga suatu saat anda menemukan titik jenuh, anda bisa merujuk kembali pada niat dan motivasi untuk menghidupkan sebuah blog.

Baca juga Tips menjadi blogger produktif

#2. Menentukan Tema dan Topik Blog 


Sebelum membuat blog, tentunya kita sudah berpikir dan membayangkan tentang apa yang akan kita tulis didalam blog tersebut. Didalam menentukan tema blog, pada dasarnya adalah bebas-bebas saja dan boleh sesuka anda, namun sangat di anjurkan untuk menggunakan tema-tema yang menyangkut hobi atau pun kegiatan yang anda sukai. Selain memudahkan anda untuk fokus saat membuat artikel yang akan anda terbitkan nanti, juga akan menambah kesan profesional terhadap blog anda tersebut.

Sebagai contoh tema, anda dapat membuat travel blog sebagai tema jika anda senang untuk menuliskan pengalaman anda selama berwisata , atau anda yang memiliki hobi foto bisa memasukkan hasil karya foto anda dan menuliskan pengalaman anda selama melakukan kegiatan fotografi tersebut.

Baca jugaTips menentukan topik blog sebelum di kelola

“Menceritakan hobi dan pengalaman anda, membuat anda akan lebih mudah dalam menjaga konsistensi penerbitan artikel didalam sebuah blog”

#3. Pastikan kembali tujuan blog yang akan di buat


Setelah anda menemukan tema yang cocok untuk blog anda , pastikan kembali apa tujuan anda membuat blog tersebut. Apakah anda ingin menjadi seorang blogger profesional ? atau sekedar iseng-iseng saja, atau untuk mencari penghasilan dari blog ? Ketika anda sudah menetapkan tujuan blog anda, maka diperlukan perencanaan yang bisa membantu anda untuk mencapai tujuan dari blog yang anda buat.

Mengabaikan tujuan blog yang akan di bangun, dapat membawa pengaruh yang cukup besar terhadap hasil blog anda dimasa yang akan datang (meskipun dengan berjalannya waktu dan pengetahuan yang bertambah, anda dapat merubah tujuan dari aktivitas ngeblog anda).

#4. Kumpulkan ide-ide tulisan anda 


Untuk mempermudah fokus anda selama membangun blog dan menulis sebuah artikel , anda dapat mengumpulkan ide-ide tulisan anda, catat dan simpan ide artikel anda sebanyak mungkin. Semakin banyak ide yang anda dapat, semakin banyak pula cadangan bahan artikel yang dapat anda gunakan di kemudian hari.

Hal ini mungkin sepertinya hal yang sepele, namun catatan ide tersebut cukup membantu ketika anda benar-benar kehabisan ide dan bahan untuk menulis artikel. Disinilah peran catatan tersebut dalam membantu untuk menjaga konsistensi jadwal terbit sebuah artikel dalam blog yang akan anda bangun.

Baca jugaCara mudah menjaga ide menulis tetap tersedia

#5. Mulailah untuk menulis 


Untuk membuat tulisan yang bisa membuat orang tertarik untuk membaca, tidaklah semudah yang kita bayangkan, diperlukan latihan yang terus menerus sehingga anda benar-benar dapat menemukan karakter tulisan anda.

Mulailah untuk segera menulis, lupakan masalah desain template blog dan widget-widget pada blog yang mungkin akan mengganggu konsentrasi anda. Semakin sering anda menulis, lambat laun anda akan menemukan jalan untuk mengatur seperti apa dan bagaimana setiap bahasa yang harus anda gunakan untuk membentuk sebuah tulisan yang menarik.

Baca juga  :
 “Niat dan perencanaan yang paling matang sekalipun tidak akan pernah memberi hasil tanpa ada tindakan nyata ” 

Langkah-langkah diatas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saya selama mengelola dan membuat sebuah blog, sangat dimungkinkan bahwa masih banyak langkah-langkah yang perlu dipersiapkan sebelum membangun sebuah blog yang berkualitas yang belum saya ketahui. Demikianlah 5 hal penting sebelum mengelola blog saya informasikan, Bagaimana dengan anda ?

16 comments:

  1. sama-sama gan :), terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  2. Infonya membuat gairah ngeblog menggebu kembali. Meski sampai saat ini tulisan blog saya masih dibilang minim, namun rasa ingin tahu dan terus belajar sy tidak minim. Terimakasih telah menginspirasi. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih jika artikel ini bisa membangkitkan semangat agan ngeblog kembali. Sayapun juga masih terus perlu belajar, yang penting tetap semangat. Salam kembali gan :)

      Delete
  3. makasih tipsnya bang.. alhamdulillah lebih semangat buat ngeblog ane...

    ReplyDelete
  4. tq gan dah bisa membuat sya semngat untuk membngun sbuah blog,apalgi bgi sya yg pemula...

    ReplyDelete
  5. Yups sama-sama gan semoga sukses ya.

    ReplyDelete
  6. Kadang membangun sebuah blog terasa gampang,tetapi pas dijalani punyeng juga, apa lagi jika kita mengambil niche yang saingannya buuuanyak, saya sendiri pun mengalami jenuhnya ngeblog, alhasil pendapatan turun hihi.... Blog juga jarang update, artikel yang tadinya pejwan juga hilang ditelan google hihi...
    Mari semangat ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, membangun memang butuh kesabaran serta keuletan, saya juga pernah ngalamin hal yang sama meskipun pada waktu itu nichenya belum sebanyak sekarang. Bagaimananpun motivasi harus tetap dijaga, tetep semangat mas bro, berbagi untuk kebaikan.

      Delete
  7. postingan yang memotivasi bagi saya ygbaru mulai belajar nge blog (lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip gan. . Semoga tetap semangat selalu. Terima kasih kunjungannya

      Delete
  8. Terimakasih infonya mas ,saya newbie masih perlu banyak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas badri, kitapun masih perlu banyak belajar, semoga bisa bermanfaat artikelnya

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.