Belajar dari Kompetisi SEO Komunitas G+ IAPD - Mengelola Blog

Belajar dari Kompetisi SEO Komunitas G+ IAPD

Ada ungkapan yang pernah saya dengar dari pimpinan ditempat kerja saya bahwa " Untuk memahami apa yang ingin kita kuasai dan pelajari, kita harus terjun dibidang tersebut secara total".

Kalimat ini membuat saya yang notabene doyan ngeblog, pelan tapi pasti mulai menancap lebih dalam lagi, khususnya untuk kegiatan ngeblog ini.

Kebetulan, ada sebuah komunitas dan forum yang saya ikuti di Medsos G+ (Google Plus) yaitu Indonesia Adsense Publisher Discussion (bagi Anda yang ingin tau apa itu IAPD, kunjungi saja link ini ), pada tanggal 2 bulan mei 2016 mengadakan kompetisi SEO dengan kata kunci "Potensi Blog Untuk Generasi Muda".

Adanya kesempatan tersebut, membuat saya ingin mengetahui sejauh mana ilmu ngeblog yang saya pelajari selama ini dengan harapan bisa lebih meningkatkan ilmu tersebut sehingga bisa saya gunakan untuk memberikan informasi yang terbaik bagi pengunjung Mengelola Blog ini.

Belajar SEO dari sebuah kompetisi 1


Sekilas Tentang Kompetisi SEO di IAPD forum


Forum dan komunitas Indonesia Adsense Publisher Discussion (IAPD) adalah forum diskusi terbuka untuk siapa saja yang ingin mengenal dunia Adsense dan meningkatkan pendapatan melalui Adsense. Foundernya adalah Mbak Indri Lidiawati yang menggawangi blog terkenal bernama JuraganCipir. Beberapa moderator di group ini diantaranya adalah Gani sebastian, Must Teguh, Juan Feju, Fandi Guritno, dll.

Kompetisi ini digagas oleh seorang member bernama Nino Artikel dan di olah oleh para moderator di forum tersebut, sehingga akhirnya kompetisi tersebut bisa terselenggara. Adapun Hadiah yang bisa di terima oleh pemenang bisa Anda lihat di Banner berikut ini.

Banner Kompetisi SEO di forum IAPD

Kompetisi ini adalah kompetisi yang pertama kali saya ikuti, dan jujur saja sebenernya ga pede juga karena blog ini masih belum sesuai dengan hati, masih baru dan perlu banyak pengembangan.

Namun bagaimana caranya supaya kita bisa belajar dan mengetahui apa itu SEO dengan jelas dan lebih dalam lagi ? Saya pikir cara terbaik untuk mengetahui bagaimana teknik SEO yang tepat buat blog ini adalah dengan mengikuti kompetisi tersebut. Sekalian belajar syukur-syukur dapat hadiah.

Seperti sudah saya sebutkan pada paragraf kedua di artikel ini, kompetisi ini adalah kompetisi tentang SEO dengan kata kunci Potensi Blog Untuk Generasi Muda.

Tujuan utamanya adalah membuat artikel yang bisa menembus halaman pertama Google SERPS dan berada di posisi atau rangking pertama dengan kata kunci pencarian yang sudah ditetapkan tadi. Adapun ketentuan yang berlaku dalam kompetisi berikut adalah :

Kriteria penilaian Artikel :
  1. Artikel berisi teks yang ditulis dengan panjang minimal 350 kata.
  2. Sertakan minimal 1 gambar penunjang untuk artikel.
  3. Penggunaan kata kunci maksimal adalah 10 kali pengulangan di dalam artikel, termasuk untuk judul dan subjudul yang terlihat di area posting.
  4.  Artikel akan dinilai berdasarkan peringkat google,co,id di halaman 1-10.
  5. TIM Penilaian kriteria SEO adalah beberapa senior yang sudah ditunjuk oleh IAPD.


Berawal dari rasa Ingin tahu


Awalnya, saya masih belum yakin bisa masuk bagian dari 10 besar. Mengapa ? Karena memang belum ada pembuktian yang saya lakukan selama ngeblog bahwa SEO yang ada di blog mengelolablog.com ini bisa bersaing.

Selama ini saya mempelajari teknik SEO berdasarkan informasi-informasi yang saya baca di Internet, di blog-blog yang mengulas masalah SEO, serta forum-forum online, kemudian mempraktekkannya  di blog ini dilanjutkan dengan memperhatikan hasilnya secara pribadi, yaitu mengetikkan kata kunci yang ditarget dalam artikel tersebut.

Meskipun di beberapa artikel blog ini ada yang duduk di peringkat pertama pageone Google SERP, namun saya perlu meyakinkan diri, seperti apa sih proses yang perlu dilakukan untuk meningkatkan SEO sebuah Blog ? Atas dasar tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti Kompetisi SEO di IAPD. Ya tentunya dengan modal ilmu SEO yang masih pas-pas an.

Sebagai gambaran awal menurut apa yang saya yakini tentang SEO dan sudah saya terapkan di template blog ini diantaranya:

SEO on page
Untuk SEO on page sebagian besar tekniknya saya sudah memahami melalui panduan pengoptimalan mesin telusur meskipun masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki, data berikut adalah data-data Seo on page yang saya ketahui sebelum mengikuti kompetisi.

Nilai positif SEO pada template saat itu
  1. Heading Tag dinamis
  2. Minimalis template
  3. Struktur data Tanpa error
  4. Kecepatan loading halaman rata - rata diatas 85 ( warna hijau jika diukur dengan pagespeed insight )
  5. Panjang Artikel di kisaran 1000 - 1500 kata
  6. Pengukuran SEO melalui web seocentro dengan poin SEO 81, pagespeed 91
Nilai negatif pada template
  1. Template belum valid HTML 5
  2. Terlalu banyak Javascript
  3. Dimensi gambar sekitar 800px original size ( proses memuat gambar melambat )
  4. Susunan Heading tag tiap halaman belum sesuai (Tag H3 di judul mengelola blog bagian footer sebelah kiri layar)

SEO off page
Untuk SEO off Page ini saya masih merasa kurang paham dalam penerapannya, namun saya akan mencoba mengulasnya dari apa yang saya ketahui. Patokan utama saya adalah Search Console dan search preference Blog (untuk mencari backlink, blogwalking, Alexa rank, PA, DA, jujur aja saya masih BLANK alias ZONK)

1. Search Console (webmaster tool)
  • Status indeks artikel saat itu 98% (tersisa dua artikel yang menunggu jadwal terbit meskipun sudah di publish ).
  • Posisi rata2 artikel blog ini di kisaran 9.3 dilihat dari search console
  • Masih ada 2 tag judul bermasalah yaitu duplikat judul dan 1 judul tidak informatif.
  • Masih ada 3 kesalahan penelusuran yang belum saya perbaiki
  • Jumlah backlink yang masih sedikit

2. Search Preference Blog
  • Menggunakan meta deskripsi manual untuk setiap artikel
  • Menggunakan custom robot text
  • Menggunakan custom page eror 404
  • Menggunakan custom header tags


Data diatas hanyalah sebagian yang saya ketahui saat akan mengikuti kompetsi SEO di forum komunitas IAPD. Sangat dimungkinkan masih banyaknya data yang belum saya ketahui sehingga data tersebut saya anggap belumlah obyektif untuk digunakan sebagai acuan.


Proses pembuatan artikel


Setelah pengumuman kompetisi dimulai tanggal 2 mei 2016 oleh moderator di forum IAPD, saat itu saya masih belum memiliki kesempatan untuk memulai pembuatan artikel. Batas akhir yang diperbolehkan untuk menerbitkan artikel beserta modifikasinya adalah tanggal 6 mei 2016, selepas itu tidak diijinkan atau akan didiskualifikasi.

Awal bulan bagi kuli kantor seperti saya, tanggal-tanggal tersebut adalah tanggal yang paling menyibukkan, deadline laporan kerja tanggal 5, evaluasi kinerja tangal 10, dan hal-hal lain yang memang memerlukan konsentrasi untuk dilakukan (secara masih cari nafkah di kantor tercinta nih).

Baru pada tanggal 3 mei 2016 , saya bisa memulai membuat artikel dan mempublishnya hari itu juga. Ada 2 alasan utama yang saya pikirkan ketika akan membuat artikel dengan kata kunci yang diwajibkan:
  1. Artikel ini harus menjabarkan apa maksud yang tersirat didalam kata kunci potensi blog untuk generasi muda.
  2. Harus bisa bermanfaat untuk orang yang membaca artikel tersebut


Mencari sumber referensi dan menentukan judul

Sebenarnya, waktu diawal membaca kata kunci ketika pengumuman untuk kata kunci yang akan dikompetisikan sudah di publikasikan, saya merasa cukup bingung dengan apa isi yang akan disampaikan. Apakah berkaitan dengan manfaat ngeblog, atau kemampuan blog yang bisa digali lebih dalam lagi ?

Singkat kata, akhirnya saya memutuskan untuk memilih keduanya, dengan catatan kemampuan blog sebagai pikiran utamanya dan keduanya adalah manfaat blog.

Berdasarkan pengalaman pribadi dalam membuat artikel di blog, untuk judul artikel saya tetap menggunakan kata kunci Potensi Blog untuk generasi muda. Menurut yang saya pahami, kata kunci yang diberikan sudah cukup singkat, padat dan deskriptif, sehingga untuk memaksimalkan SEO, saya sengaja tidak menambahkan embel-embel apapun kedalam judul artikel tersebut.

Di ajang kompetisi ini, saya mempraktekkan apa yang sudah pernah saya posting diblog ini khusus untuk judul postingan yaitu artikel tentang bagaimana membuat judul postingan SEO friendly. Kemudian untuk isi artikelnya, saya juga mempraktekkan dari artikel tentang 4 Tahap membuat artikel yang baik dan menarik.

Akhirnya, artikel potensi blog untuk generasi muda inipun selesai berikut dengan sebuah gambar (standar isi artikel di blog ini ada 1 gambarnya, jika Anda menemukan 3 artikel di blog ini yang tidak menggunakan gambar, artikel tersebut dahulu saya gunakan untuk keperluan uji coba saja, khususnya uji coba tentang kecepatan loading halaman antara homepage dengan halaman postingan).

Sebelum mempublishnya, saya mencoba untuk membacanya berulang-ulang untuk menghindari kesalahan pengetikkan, dan setelah rampung proses editing, maka saya putuskan saat itu juga untuk di terbitkan.


The Battle's Just Begun


Untuk mempelajari SEO lebih jauh lagi, saya sengaja mempersiapkan catatan dan dokumentasi yang diperlukan agar aktifitas pembelajaran ini bisa berguna bagi saya pribadi maupun bagi siapa saja yang berkunjung dan membaca artikel ini.

Foto berikut adalah tampilan buku catatan dan perkembangan yang saya lakukan sebagai dokumentasi saat mengikuti kompetisi SEO di forum IAPD tersebut.

Catatan perkembangan selama mengikuti kompetisi SEO


3 Mei 2016 - 7 jam yang mendebarkan
Tepat jam 7.30 malam, artikelpun terbit. Tak lama kemudian saya segera memberikan informasi kepada moderator bahwa artikel sudah di publish.

Selesai publish artikel dan memberikan informasi kepada moderator IAPD, artikel langsung saya submit ke Search console dan Ping melalui beberapa tool pinger yang banyak tersedia di internet. Tujuan utamanya adalah agar artikel cepat terindeks oleh Google Search Engine.

30 menit pertama setelah Artikel tersebut di publish, akhirnya artikel saya pun terindeks dan muncul di SERPs. Halaman pertama langsung bisa ditembus ( maklum kalo baru di publish biasanya nangkring dulu di halaman pertama, say hello kayaknya :p ) habis itu bisa terlempar jauh deh ke halaman berikutnya.

Jam 9 malam . . . , satu setengah jam tepatnya setelah di terbitkan. Artikel sayapun nangkring di posisi pertama. Posisi ini sempat bertahan selama 7 jam saja, yaitu hingga pagi hari sekitar jam 8.

Menurut pengamatan saya, artikel tersebut masih bisa bertahan karena belum banyak perubahan yang terjadi di SERP. Hingga akhirnya, lewat jam 9 pagi, artikel pun jatuh juga, digeber oleh blog lain yang baru menerbitkan artikelnya.

Blog-blog yang mengikuti kompetisi ini mulai bermunculan berikut artikel dengan isi yang lebih baik lagi. Otomatis, hal tersebut menggoyang posisi dan peringkat di page one secara silih berganti.

Posisi artikel blog saya belum ada peningkatan setelah mulai di goyang jatuh. Wah, mulai grogi nih saya ceritanya, apalagi liat posisi sudah bergeser diurutan ke lima, namun saya masih ingin tetap bertahan dengan isi artikel default yang sudah ada di blog tersebut.

Niat hati ingin bertahan dengan artikel dan setting apa adanya, tapi  yang namanya belajar perlu terus bergerak dan mengamati dengan seksama apa yang terjadi setelah melakukan perubahan.

Karena dasarnya ingin belajar SEO lebih jauh, selepas pulang kerja dan melihat posisi belum juga berubah, mulailah saya mencoba untuk mempertajam dan mendalami apa yang saya tau tentang SEO on page . .

Apa saja yang saya lakukan untuk meningkatkan SEO ?
Simak kelanjutan langkah-langkah optimasi SEO yang saya lakukan Senin depan di jam dan waktu terbit yang sama. . . .

Bersambung. . .

Baca juga : Belajar dari kompetisi SEO bag 2


4 comments: