Belajar dari Kompetisi SEO di Komunitas G+ IAPD bagian kedua - Mengelola Blog

Belajar dari Kompetisi SEO di Komunitas G+ IAPD bagian kedua

Kompetisi SEO, ternyata dapat memacu kita untuk lebih memahami apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan dalam mengoptimasi sebuah blog agar lebih SEO friendly.

Sebuah pengalaman berharga yang patut untuk dijadikan catatan, sebagai referensi dimasa mendatang untuk mengelola blog menjadi lebih baik lagi dan bisa sesuai dengan harapan yang kita inginkan dari blog tersebut.

Sekedar flash back dari pengalaman pada artikel sebelumnya, artikel kompetisi tentang potensi blog untuk generasi muda diblog ini  berada di posisi kelima setelah 7 jam bertengger di posisi puncak Google SERPs.

Page one masih ramai dengan artikel artikel yang baru terbit dari peserta yang mengikuti ataupun tidak mengikuti kompetisi namun tetap ingin berpartisipasi.

Belajar dari Kompetisi SEO di Komunitas G+ IAPD bagian kedua


Dominasi Artikel di 5 Besar posisi SERPS


4 Mei 2016
Melihat posisi artikel yang berada di posisi kelima saat itu, saya mencoba untuk memperbaiki peringkat dengan melakukan beberapa optimasi pada artikel diantaranya :
  1. Memperbaiki struktur heading tag pada bagian artikel dan footer agar halaman artikel tersebut memiliki susunan heading tag yang benar dan berurutan.
  2. Memperbaiki alt dan title pada gambar artikel.
  3. Menghapus script js untuk cookie consent
  4. Menghapus unit iklan di bawah judul untuk menambah kecepatan loading.
  5. Memindahkan script js iklan adsense ke atas kode </head>
Selain itu, perbaikan juga dilakukan pada meta tag deskripsi artikel hingga relevansi deskripsi dengan judul dan isi artikel menjadi sempurna serta sesuai.

Setelah melakukan perbaikan tersebut, tidak lupa saya submit kembali artikel di Search console untuk indeks perbaikan yang sudah saya lakukan. Hasil sementara yang terjadi, beberapa jam kemudian posisi merangkak naik dan berada di posisi ke dua.

Tepat jam 10 siang, seorang member IAPD bernama Wahyu IWe berkomentar di artikel tersebut, komentarpun saya balas.  3 jam berselang, posisi kembali jatuh ke urutan 4.  Wah saya baru menyadari kalau ternyata gambar yang ada di kolom komentar ternyata mempengaruhi juga. Hal ini saya ketahui ketika saya cek gambar tersebut, ternyata ia tidak menggunakan kode ALT untuk gambar.

Awalnya saya mencoba untuk memperbaiki gambar tersebut, namun karena tidak ketemu caranya, akhirnya saya tutup kolom komentar tersebut untuk sementara sampai kompetisi selesai.

Berikut adalah tampilan posisi artikel tanggal 4 mei 2016 dilihat melalui search console

tampilan posisi artikel tanggal 4 mei 2016


5 Mei 2016
Posisi artikel di tanggal ini sedang berada di urutan ke dua, namun tentunya saya ingin mencoba untuk menjadi posisi pertama. Di tanggal ini  saya menambahkan beberapa optimasi SEO on page yang berkaitan dengan template lainnya, yaitu
  1. Menghapus meta keyword di template
  2. Mengubah H2. post title entry dari judul blog menjadi judul postingan.
  3. Menambah jumlah kata kunci dalam artikel menjadi 8
  4. Mengurangi jumlah artikel yang tampil di homepage dari 5 menjadi 4.
  5. Kembali me re-submit artikel ke search console
Untuk SEO off Page ( karena saya belum terlalu berpengalaman ) maka saya hanya menambahkan internal link pada beberapa artikel terkuat yang banyak di kunjungi orang di blog ini. Selain itu saya mencoba untuk share beberapa kali ke media sosial untuk mengetahui sejauh mana efektifitasnya.

Tepat di tanggal inilah posisi terbaik SEO on page di blog ini terlihat sehingga artikel bisa bertahan dan kembali di posisi pertama,  meski terkadang masih terjadi pergeseran posisi  dengan 2 blog kuat lainnya (sayangnya saya tidak ingat untuk mengambil screenshoot posisi SERPS sebagai dokumentasi), namun bisa Anda perhatikan grafik posisi blog di serps pada gambar dibawah berikut.

tampilan posisi artikel tanggal 5 mei 2016

Data diatas merupakan posisi paling tinggi selama blog ini dipublikasikan, dengan rata2 posisi artikel keseluruhan yang ada di serps berada di posisi 4,3 .  Artinya, sebagian besar artikel yang ada di blog ini memiliki peringkat yang cukup baik untuk bersaing di SERPs.

Disini bisa kita ambil kesimpulan bahwa optimasi yang dilakukan pada sebuah artikel yang baru terbit bisa membantu posisi artikel lainnya di blog yang sedang di optimasi. Sehingga memberikan efek yang cukup baik bagi performa blog secara keseluruhan.

Baca juga : Tips Mendesain template yang disukai pengunjung


6  -  9 Mei 2016
Tepat tanggal 6 mei,  aktifitas mengedit artikel wajib dihentikan atau akan di diskualifikasi, dan akhirnyapun  saya kembali ke rutinitas pekerjaan seperti biasa (dikejar2 deadline laporan !).  Sampai tanggal 9 Mei 2016, tidak banyak perombakan dan perbaikan yang saya lakukan pada artikel tersebut, khususnya optimasi SEO on page.


Catatan Optimasi SEO on Page yang dilakukan Tanggal 3 - 9 Mei
Secara rata rata dari pemantauan yang saya lihat setiap hari, artikel blog  yang  saya sertakan untuk mengikuti kompetisi sangat kuat bertengger di posisi ke 3 setelah melakukan optimasi yang sudah saya sebutkan diatas. Berikut Foto yang sempat saya ambil 4 hari setelah artikel terbit, yaitu tanggal 7 Mei 2016

Posisi artikel di SERPS

Jika dilihat melalui Search console (webmaster tools) untuk kueri /pencarian melalui kata kunci potensi blog untuk generasi muda, gambar berikut bisa menunjukkan posisi artikel tersebut ditanggal 7 mei 2016.

posisi artikel tanggal 7 mei 2016 dilihat melalui search console

Meskipun ada perubahan di SERPS khususnya blog-blog diposisi pertama  dan kedua bergeser silih berganti, namun artikel blog ini tidak banyak berubah posisinya dan bertahan di posisi 3. Saat itu saya berfikir bahwa inilah Teknik SEO maksimal yang bisa saya aplikasikan di blog ini.


10 Mei 2016
Saat itu terlintas di benak  saya "kalau kita tau bagaimana cara menaikkannya, lantas apa penyebab artikel tidak bisa naik bahkan cenderung turun di SERPS ?"

Gambar dibawah berikut adalah tampilan posisi artikel tanggal 10 mei 2016 dilihat melalui search console

posisi artikel tanggal 10 mei 2016 dilihat melalui search console

Pikir punya pikir, tanggal 20 masih tersisa 10 hari lagi, menurut pengalaman yang pernah saya alami, indeks ulang artikel sekitar 3 harian (hal ini hanya apa yang saya pikir saja saat itu, bisa jadi tidak benar adanya), jadi saya pikir ada 2 kali kesempatan untuk mengetahuinya.  yaitu tanggal 14 dan tanggal 17 nanti. Jadilah saya ber eksperimen untuk mengetahui apa penyebab artikel-artikel di blog ini tidak bisa bersaing di SERPs  ?


Runtuhnya Dominasi Artikel di 5 Besar SERPS


7  hari artikel yang dikompetisikan berada di 5 besar dan mendominasi SERPs membuat saya bosan, bosan karena  sejujurnya saya masih penasaran dengan SEO. Masih ingin tau apa yang menyebabkan Peringkat naik  dan bertahan  serta masih juga ingin tau kenapa peringkat artikel tidak naik di SERPs.

Hal yang menjadi pertimbangan saat itu adalah, salah satu artikel saya di blog ini yaitu 5 cara kalimat pembuka artikel disukai pembaca, hingga saat artikel ini di terbitkan, ia masih berada di posisi puncak dengan beberapa kata kunci yang berbeda dari judul artikel tersebut.  Inilah yang perlu saya ketahui dan saya gunakan sebagai pembanding antara artikel kompetisi dengan artikel yang sudah lama terbit itu

Oleh karena kompetisi ini memang saya niatkan untuk belajar SEO lebih dalam lagi, maka saya mencoba untuk tidak membuang kesempatan yang ada tentang bagaimana melakukan optimalisasi artikel agar blog kita memiliki peringkat yang baik di SERPs.

"Biarlah di diskualifikasi dari kompetisi, yang penting saya bisa lebih memahami teknik SEO lebih jauh" pikir saya saat itu.  Untuk Artikel tidak ada perubahan yang dilakukan, namun pada template blog, search preference dan Search console, banyak saya lakukan percobaan.


11 Mei 2016
Pada tanggal 8 mei 2016, status indeks artikel di Search Console berada di angka 94. Artinya artikel di blog ini terindeks sebanyak 94 artikel (mungkin termasuk home page, error page dan halaman page serta beberapa halaman lainnya yang tidak saya ketahui).

Setelah memastikan kondisi yang ada di search console, tanggal 11 mei, saya mulai ber-eksperimen dengan SEO off page, namun lagi-lagi, bukan back link dan sebar link artikel di tempat lain. Apa yang saya lakukan saat itu masih di seputaran template dan Search Console.

Banyak teknik SEO yang saya baca, salah satunya adalah berkaitan dengan Pengalaman pengguna ( user experience ).  Tujuan saya adalah untuk mengetahui apa perbedaan yang timbul pada posisi SERPS antara tampilan blog yang menarik dengan Pengalaman pengguna yang lebih mudah.

Beberapa hal yang saya lakukan di tanggal ini adalah sebagai berikut
  1. Memindahkan form berlangganan ke bawah artikel, tepat diatas tombol pagination.
  2. Menambahkan gambar header dengan dimensi besar
  3. Menambah Feed Count di bawah form berlangganan

12 Mei 2016
Melihat perubahan yang tidak begitu berarti dari tanggal 11 ( artikel masih berada di posisi 3 ). Percobaan berikutnya, saya memilih yang lebih ekstrim lagi yaitu
  1. Menghapus dan mengganti peta situs di Search Console
  2. Mengganti file robot txt custom default dengan file robot txt yang baru.
Sebenarnya, cara ini sudah dilakukan oleh beberapa member IAPD yang ikut kompetisi dan terbukti merugikan, namun rasa penasaran saya untuk mencoba juga sangat kuat.

Namanya eksperimen, benar atau salah yang saya lakukan saat itu tujuannya untuk mengetahui apa dampak yang terjadi dengan posisi artikel di serps. Jadilah eksperimen berikutnya seperti di bawah ini.

1. Mengganti Peta situs yang ada
Diawal kompetisi, saya menggunakan "/feeds/posts/default?redirect=false&start-index=1&max-results=500" dan "/feeds/posts/default?orderby=UPDATED" sebagai peta situs di search console.

Kemudian saya menggantinya dengan " /sitemap.xml " , "/atom.xml"  serta "/rss.xml ". Jumlah Peta situs menjadi 3 dengan data terkirim menjadi bertambah sedangkan data terindeks menjadi kosong.


2. Mengganti file robot txt di Search Preference dashboard Blogspot
Robot txt yang saya gunakan di awal kompetisi adalah

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://www.mengelolablog.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

kemudian saya menggantinya dengan

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://www.mengelolablog.com/sitemap.xml



Apa yang terjadi setelah perubahan tersebut ?

Satu hari setelah dilakukan perubahan, tepatnya tanggal 13 mei 2016, dampaknya langsung terasa.  Artikel tidak lagi nampak di SERPs, alias menghilang.  Ya, jika pada tanggal sebelumnya masih berada di posisi ke 3 SERPS, hari ini Artikel tersebut menghilang dari indeks.

Selain itu, setting pengaturan di search preference pun menjadi kembali kesettingan awal yaitu
  1. Meta tag deskripsi menjadi kosong kembali
  2. Custom Page Not found menjadi disabled
  3. Crawler dan indexing untuk custom robot txt serta custom robot header tags juga menjadi disabled.

Waduh , efek perubahanya dahsyat juga saya rasakan. Ternyata mengedit dan mengutak-atik data diatas dapat menyebabkan artikel hilang dari indeks.  Hingga pada akhirnya saya baru menemukan dan mengetahui bahwa sitemap.xml ternyata tidak cocok digunakan pada blogspot dengan custom domain, kecuali dilakukan redirect terlebih dahulu  XD.

Update 27 September 2016 :  Untuk keakuratan isi artikel, saya ingin menambahkan bahwa sitemap.xml saat ini sudah bisa bekerja dengan baik dan normal di blog blogspot yang menggunakan domain TLD.

Malam hari sekitar jam 9 malam, saya mulai kembali memperbaiki peta situs dan search preference (khususnya robot txt) ke mode awal sebelum dilakukan perubahan, kemudian mensubmit ulang blog di search console.


16 mei 2016 
Jika pada tanggal 8 mei status indeks berada di angka 94, maka masuk ke tanggal 15  pelan tapi pasti, indeks turun menjadi hanya 53 saja ( Mungkin jika tidak dilakukan perbaikan kembali, bisa  jadi status indeks menunjuk ke angka 0 yang artinya bencana buat blog ini :p ). berikut penampakannya
Posisi dan status indeks blog sebelum dan sesudah perubahan

18 Mei 2016
Karena pada tanggal 14 malam saya memperbaiki kembali data di search console serta search preference, secara berangsur-angsur artikel kembali muncul di SERPS, namun kali ini tidak lagi mendominasi 5 besar. Artikel saya terlempar di page 2 posisi paling bawah.


19 Mei 2016
Di tanggal ini, Artikel kembali merangkak naik,  tetap di page 2 SERPS namun  posisinya berubah menjadi di atas kembali dan bertahan di posisi tersebut hingga pengumuman pemenang kompetisi SEO di umumkan.


Pengumuman Pemenang Kompetisi


20 Mei 2016
Inilah tanggal pengumuman pemenang kompetisi SEO untuk kata kunci " Potensi blog untuk generasi muda " yang diselenggarakan di komunitas Indonesia Adsense Publisher Discussion dengan sponsor besarnya yaitu Dewaweb.

Jujur saja, perasaan saat itu saya sudah tidak ambil pusing . Melihat posisi artikel ada di page 2 SERPs, rasanya tidak mungkin masuk dalam kategori pemenang.

Ga nyangka juga, ternyata blog ini masih masuk didalam kategori 10 besar, dan berada di peringkat ke 7 dari seluruh jumlah peserta yang mengikuti kompetisi tersebut.


Apa yang saya rasakan........  ??
Cuma bisa cengar-cengir brow (sambil bergumam Alhamdulillaaah masih dapet hadiah. . . selain ilmu tentang SEO) ... secara posisi artikel kompetisi blog ini ada di page 2 SERPs, eh masih masuk kategori 10 besar pemenang.

Nah, berikut adalah nama lengkap blog yang keluar sebagai pemenang di Kompetisi tersebut.

1. Didin Ajidin, www.strukturkode.blogspot.com
2. Ujang Suhendar, www.tutorial89.com
3. Nobertus Marcell Prayogi, www.badubarco.com
4. Abdul Rahman, www.mobilkeren.com
5. Mukhamad Aristo, www.kabeka.net
6. Mukhlis Ahadi, www.wap.my.id
7. Teguh Cahyono, www.mengelolablog.com
8. Loker Lampung, www.creatwe.com
9. Alfi Satya, www.solusismart.com
10. M. Falikhin, www.tips.lintaskota.com


Rangkaian perjalanan dan posisi Artikel Kompetisi


Sebagai gambaran secara keseluruhan dari catatan Artikel kompetisi tentang potensi blog untuk generasi muda tersebut, berikut rekaman animasi setiap hari dari tanggal mulai diterbitkan tanggal 3 mei 2016 sampai tanggal pengumuman pemenang.

Gambar ini akan memperjelas peringkat dan posisi artikel kompetisi tersebut dari hari ke hari sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran lebih lengkap bagaimana perubahan yang dilakukan bisa berpengaruh terhadap posisi artikel di SERPs.

perjalanan artikel kompetisi

Rangkaian posisi artikel diatas  sudah saya filter berdasarkan kueri ( kata kunci pencarian ) "Potensi Blog Untuk Generasi Muda" hanya untuk negara Indonesia saja.

Untuk membantu perbandingan terhadap perubahan yang dilakukan pada tanggal 12 Mei 2016, berikut adalah data index artikel blog yang tercatat di Search Console pada saat kompetisi

Status Indeks Artikel blog di search Console

Lantas, bagaimana seluruh kesimpulan dari perjalanan kompetisi SEO yang sudah terjadi ? Simak kelanjutan dari kesimpulan yang saya dapatkan secara mendalam setelah mengikuti kompetisi SEO pada artikel berikutnya di hari dan jam terbit yang sama. . . . .

Bersambung. . .

Baca Juga : Kesimpulan Belajar SEO dari kompetisi SEO
Baca Juga : Belajar dari kompetisi SEO bagian 1

8 comments:

  1. Greget banget artikel nya. Saya baca tulisannya sampe kerasa di perasaan. Ini yg dibilang org tulisan yg memiliki nyawa. Tulisan yg ditulis oleh orang yg memahami isi tulisannya akan memberikan feel tersendiri di dalam artikel buatannya. Salam sukses mas. Asik tulisannya, kya baca cerita misteri gitu. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas nino bisa aja, btw terima kasih sanjungan dan kunjungannya mas. Saya cuma berusaha untuk selalu menjadi lebih baik lagi ketika menulis artikel, mungkin tulisan ini lagi semangat2nya nulis aja mas jadi kesannya bernyawa. XD

      Delete
    2. Hahaha.. Pastinya semangat. Soalnya udah berhasil ngegondol hadiah. Mantap!

      Delete
    3. Hehehe. . . lumayan mas buat nambah pengetahuan lebih jauh tentang hosting, domain dan pengaturannya, soalnya saya baru bisa ganti custom domain aja nih, masalah hosting file dll masih perlu banyak belajar lagi.

      Delete
  2. Terimakasih infonya, ada yang berpendapat kualitas konten lebih diutamakan daripada SEO, kalau menurut anda bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar gan. Untuk menjawab pertayaan agan nih sebenernya sudah masuk kedalam materi artikel yang akan saya terbitkan senin depan berkaitan dengan kesimpulan yang akan saya jabarkan dari kompetisi yang sudah berlalu. Kebetulan materinya sudah jadi tinggal menunggu jadwal terbitnya saja.

      Kalau pendapat saya pribadi, konten yang berkualitas adalah bagian dari SEO itu sendiri sehingga kurang sempurna jika dibuat parsial (terpisah), karena pada dasarnya kualitas konten juga penting bagi SEO dan sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO di blog itu sendiri.

      Masalah keutamaan tentang mana yang mau didahulukan itu adalah pendapat dan hak bagi si pengelola blog tersebut.

      Nah kira-kira itu pendapat saya aja gan, bisa jadi kurang tepat karena saya juga masih perlu banyak belajar lagi.




      Delete